Resep Jamu Beras Kencur yang Nikmat dan Segar, Efektif Menambah Nafsu Makan hingga Redakan Gejala Naiknya Asam Lambung

Sudah sejak lama dikonsumsi dan menjadi ramuan tradisional di Indonesia, beras kencur rupanya memiliki segudang khasiat kesehatan yang tak bisa disepelekan. Begini penjelasan lengkapnya.

oleh Eka Fadhila Kharisma Putri diperbarui 19 Apr 2024, 12:54 WIB
Diterbitkan 19 Apr 2024, 12:46 WIB
ilustrasi jamu beras kencur
Ilustrasi/Copyright shutterstock/Tantri Setyorini

Liputan6.com, Jakarta Dari sekian banyak ramuan tradisional masyarakat Indonesia, jamu beras kencur agaknya menjadi salah satu yang paling populer dan diminati karena rasanya yang lebih ringan dan tidak pahit. Berbahan dasar beras dan rimpang kencur, jamu satu ini ternyata memiliki segudang manfaat yang menyehatkan.

Dilansir dari Siloam Hospitals, jamu beras kencur mengandung berbagai kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti kalium, kalsium, fosfor, seng, magnesium, flavonoid, vitamin B1, vitamin C, vitamin E, mangan, dan zat besi.

Untuk mengetahui informasinya lebih lanjut, berikut penjelasan tentang khasiat jamu beras kencur dan bagaimana cara membuatnya. Informasi ini diambil dari berbagai sumber pada Jumat (19/4/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mencegah Kanker

Beras kencur dianggap mampu menurunkan risiko pertumbuhan sel kanker, seperti kanker lambung, usus besar, mulut, hingga multiple myeloma. Hal ini tentu tak lepas dari kandungan antioksidan dalam jamu ini yang mana berperan mencegah berbagai bentuk peradangan dan kerusakan sel akibat radikal bebas.


Sebagai Antibakteri

Berbahan dasar kencur, jamu yang satu ini secara ilmiah dikenal bermanfaat sebagai antibakteri. International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Science menyebutkan bahwa kencur terbukti bisa memperlambat dan mencegah pertumbuhan bakteri Lactobacillus acidophilus penyebab karies gigi. 

Tak hanya itu, melansir dari laman Alodokter, berbagai penelitian yang lain juga menyebutkan bahwa kandungan dalam kencur ampuh mencegah bakteri Pseudomonas aeruginosa, Escherichia coli, Staphylococcus aureus, Aspergillus niger, Bacillus subtilis, Salmonella typhi, dan Shigella flexneri. 


Meredakan Gejala Maag

Konsumsi jamu beras kencur efektif untuk membantu mengatasi berbagai masalah pencernaan, seperti maag. Khasiat ini didapat dari kandungan senyawa antispasmodik dan antiradang yang bermanfaat dalam mengurangi berbagai gejala maag, seperti perut kembung, mual, dan muntah.


Menambah Nafsu Makan

Jamu beras kencur juga dipercaya bisa mengatasi nafsu makan yang menurun, terutama pada anak-anak. Meski masih perlu penelitian lebih lanjut, menjadikan jamu beras kencur sebagai konsumsi rutin secara turun temurun diyakini bisa membantu meningkatkan nafsu makan.


Resep Jamu Beras Kencur

Jamu beras kencur cukup mudah dibuat sendiri di rumah. Berikut resepnya, mengutip dari Alodokter.

Bahan-Bahan:

  • 50 gr kencur
  • 100 gr beras
  • 3 daun pandan
  • 2 liter air
  • Gula aren sesuai selera

Cara Membuat:

  1. Sangrai terlebih dahulu berasnya
  2. Haluskan (bisa ditumbuk atau diblender) beras, kencur, dan gula aren
  3. Campurkan ke dalam air yang sudah disiapkan ditambah daun pandan
  4. Rebus sampai mendidih
  5. Setelah matang, saring jamu
  6. Jamu beras kencur siap dikonsumsi

Kapan Sebaiknya Minum Jamu Beras Kencur?

Sebelum makan, disarankan untuk mengonsumsi jamu beras kencur setiap hari. Namun, apabila mengalami nyeri lambung, lebih baik minum jamu beras kencur setelah makan daripada sebelumnya.


Apakah Jamu Beras Kencur Bisa Melancarkan BAB?

Beras kencur diketahui bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit berkat kandungan nutrisinya.


Apakah Beras Kencur Bisa Mengecilkan Perut Buncit?

Kencur dalam beras tak hanya diyakini bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, melainkan juga membantu mengurangi perut yang buncit.


Penyakit apa yang bisa disembuhkan dengan kencur?

Kencur dan daun dapat dimanfaatkan untuk mengurangi masalah ketombe serta gejala nyeri seperti migrain, sakit gigi, maupun gangguan pada perut.


Jamu Beras Kencur Rasanya seperti Apa?

Kencur merupakan bahan yang diminati karena kesegaran dan kelezatannya yang khas.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya