Cara Menanam Daun Insulin di Rumah, Kenali Aturan Mengonsumsinya untuk Mengatasi Diabetes

Menariknya, tidak hanya dapat digunakan untuk menangkal diabetes, tanaman insulin ini sendiri memiliki bentuk yang cantik. Bunganya berwarna oranye cerah yang membuatnya menawan bila ditanam di rumah.

oleh Sulung Lahitani diperbarui 20 Jul 2024, 14:31 WIB
Diterbitkan 20 Jul 2024, 14:31 WIB
Cara Menanam Daun Insulin di Rumah, Kenali Aturan Mengonsumsinya untuk Mengatasi Diabetes
Daun tanaman insulin (doc: Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda gelisah memikirkan dampak buruk diabetes? Ya, kondisi kesehatan yang mengancam tentu saja, diabetes memang menimbulkan dampak buruk dalam hidup. Sedikit yang Anda ketahui, namun kondisi seperti diabetes, jika tidak ditangani, dapat berdampak buruk pada berbagai organ lain di tubuh: ginjal, mata, saluran pencernaan, dan jantung, misalnya.

Diabetes, dalam kata awam, menyiratkan bahwa kadar gula Anda melonjak pesat. Sangat penting untuk menghentikan sejak awal dan mengendalikan gangguan ini sebelum berkembang menjadi lebih parah dan menimbulkan masalah lain yang lebih besar.

Sekarang, ini mungkin terdengar seperti pekerjaan yang berat, tetapi pengobatan, olahraga, dan sedikit kontrol terhadap pola makan dapat memberikan hasil yang luar biasa. Namun, mari kita pelajari trik menarik yang dapat mengurangi dampak buruk diabetes secara luas.

Nah, tahukah Anda tentang sesuatu yang dikenal dengan nama daun insulin. Memiliki nama latin Costus igneus, daun insulin bekerja dengan baik untuk mengatasi efek samping diabetes. Dihimpun dari Flower Aura, ini dia penjelasannya.

Daun Insulin - Bagaimana Cara Kerjanya?

Costus igneus terkenal karena dedaunan hijau suburnya. Sedikit yang Anda sadari, namun penelitian dan eksperimen ekstensif telah membuktikan bahwa daun tanaman ini kaya akan bahan kimia yang mengurangi ancaman diabetes.

Sering digunakan sebagai tanaman obat yang menjanjikan, bahan kimia dalam daun insulin mengurangi lonjakan kadar gula dalam darah. Tidak hanya itu, daun hijau yang berwana cerah ini memiliki manfaat kesehatan dengan segudang nutrisi yang berharga. Ingin tahu nutrisi apa saja yang terkandung dalam tanaman ini? Berikut daftarnya:

  • Protein
  • Terpenoid
  • Flavonoid
  • Antioksidan
  • Asam askorbat
  • Zat Besi
  • B Karoten
  • Asam Corosolic dan lain-lain.

 

Menariknya, tidak hanya dapat digunakan untuk menangkal diabetes, tanaman insulin ini sendiri memiliki bentuk yang cantik. Bunganya berwarna oranye cerah yang membuatnya menawan bila ditanam di rumah.

Jika Anda tertarik untuk menanam tanaman insulin di rumah, berikut ini beberapa hal yang harus Anda ketahui:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Terbaik yang Disarankan untuk Menanam Tanaman Insulin di Rumah:

1. Periksa Lokasi Ideal

Untuk mendapatkan dedaunan terbaik dan menjaga tanaman Anda tetap tumbuh subur dalam jangka waktu yang lama, penting untuk selalu memeriksa lokasi tanaman dalam pot. Pilihlah tempat yang mendapat sinar matahari tetapi juga memiliki tempat teduh parsial.

Anda mungkin terpesona saat mengetahui bahwa tanaman insulin adalah pengisap kelembapan di udara dan tanah. Oleh karena itu, menanamnya di dekat air tidak menjadi masalah.

2. Haruskah Menggali Lebih Dalam Saat Menanam Costus Igneus?

Nah, Anda bisa menghindari kesulitan menanam tanaman terlalu dalam. Ruangan dengan kedalaman 5-7 cm sudah cukup untuk memungkinkan tanaman ini tumbuh.

3. Meningkatkan Kualitas Tanah Tempat Tanaman Ditumbuhkan

Ada alasan mengapa tanaman ini dianggap sebagai ramuan yang mudah perawatannya, yakni karena tanaman ini dapat menyesuaikan dengan berbagai tekstur dan kualitas tanah. Dari tekstur tanah liat hingga asam, tanah liat, pasir, atau basa - tanaman tahan terhadap semuanya.

Namun, ramuan ini tumbuh subur di tanah yang subur dan memiliki drainase yang baik. Untuk memastikan dedaunan optimal, tambahkan kompos ke dalam tanah dan buatlah menjadi lebih baik. Anda dapat menambahkan pupuk untuk menggandakan potensi tanah.

4. Jangan terlalu banyak air

Anda dapat menahan diri untuk tidak menyiram tanaman ini secara berlebihan. Meskipun tanaman ini mendambakan kelembapan, penting untuk memastikan bahwa tanah tidak dipenuhi air.

 


Manfaat Tanaman Insulin

Manfaat kesehatan Tanaman Insulin sungguh menakjubkan! Berikut beberapa manfaat Tanaman Insulin.

1. Daun hijau yang kaya mengandung asam corosolic, di antara berbagai nutrisi lain yang memperkaya. Ketika tertelan, komponen ini bekerja seperti ajaib dengan meningkatkan sekresi insulin dari pankreas. Ini memicu kadar glukosa tinggi atau berkurang dalam aliran darah dan menyembuhkan kondisi tersebut.

2. Efek anti-diabetes dari tanaman ini sangat unggul. Tanam Costus igneus di rumah dan mengucapkan selamat tinggal pada efek tidak menyenangkan dari diabetes.

3. Tanaman insulin meninggalkan fruktosa dalam jumlah besar yang dapat meningkatkan kinerja sistem usus besar. Menelan daun ini dapat memperlancar proses ekskresi sehingga lebih mudah.

4. Daun dan rimpang tanaman insulin mempunyai khasiat sebagai diuretik. Mereka dapat membantu mengatur diuresis dengan mempengaruhi pembersihan kalium dan natrium.

5. Penumpukan lemak di hati dapat menyebabkan penyakit hati dan kondisi kronis lainnya. Namun, daun tanaman insulin mengandung komponen penting yang dapat membantu memecah penumpukan asam lemak di hati dan meningkatkan fungsi hati.

 


Bagaimana cara mengonsumsi daun insulin?

Daun tanaman insulin bekerja secara ajaib dalam menyembuhkan penyakit seperti diabetes. Komponen aktif dalam pabrik insulin adalah asam korsol. Sel pankreas cenderung mengalirkan insulin ketika seseorang mengonsumsi komponen ini.

Namun, para dokter menyarankan untuk mengunyah daun tanaman insulin bermanfaat ini setiap hari selama satu bulan untuk melihat hasil efektif dalam kadar gula. Ingatlah selalu untuk tidak mengunyah lebih dari yang ditentukan karena dapat menimbulkan risiko kesehatan lainnya.

Cara lain untuk mengonsumsi tanaman insulin adalah dengan mengeringkan daunnya. Anda bisa memetik daunnya dan membiarkannya mengering di tempat teduh. Giling daun kering setelahnya. Bentuk tanaman yang dihancurkan dan dijadikan bubuk sebaiknya dikonsumsi setiap hari. Konsumsilah hanya satu sendok makan obat ini setiap hari.

 


Di mana membeli tanaman Insulin?

Jika Anda ingin membeli tanaman insulin yang bermanfaat, Anda bisa mendapatkannya langsung dari pembibitan dan melihat beberapa portal pengiriman tanaman online. Anda bisa menemukan banyak penjual tanaman lokal yang tidak hanya menjual tanaman tetapi juga menyediakan bibit tanaman ini.

Banyak toko Ayurveda menyediakan tanaman Insulin untuk Anda. Namun, jika Anda tidak dapat menemukan penjual tersebut di sekitar, Anda dapat membeli tanaman ini dari toko online.

Infografis Daftar 10 Negara dengan Kasus Diabetes Tertinggi di Dunia
Daftar 10 Negara dengan Kasus Diabetes Tertinggi di Dunia (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya