3 Trik Bikin Telur Dadar Tanpa Gunakan Tepung, Hanya Pakai 1 Bahan Ini

Cara mudah membuat telur dadar tebal menggunakan kentang untuk hidangan lebih memuaskan

oleh Agung Budi diperbarui 29 Jul 2024, 12:45 WIB
Diterbitkan 29 Jul 2024, 12:45 WIB
Telur dadar
Telur dadar gurih pedas/copyright freepik.com/azerbaijan_stockers

Liputan6.com, Jakarta Telur merupakan salah satu sumber protein yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, serta bisa menjadi pilihan lauk yang praktis untuk sehari-hari di rumah. Berdasarkan informasi dari WebMD, telur tidak hanya kaya akan protein, tetapi juga mengandung fosfor, selenium, vitamin B12, kolin, dan antioksidan yang penting untuk kesehatan jantung, mata, dan berbagai fungsi tubuh lainnya.

Beragam cara memasak telur dapat mencegah kebosanan dalam menu harian Anda. Mulai dari telur rebus, telur tim, telur ceplok, hingga telur dadar. Telur dadar, khususnya, sangat digemari karena kemudahannya dalam pembuatan dan fleksibilitas dalam penambahan bumbu seperti bawang, cabai, dan daun bawang.

Untuk membuat telur dadar yang lebih tebal dan memuaskan, Anda tidak perlu menggunakan banyak telur. Salah satu trik efektif untuk menghasilkan telur dadar tebal adalah dengan menambahkan bahan lain seperti tepung terigu, air, atau sayuran. Namun, ada metode menarik yang dibagikan oleh pengguna YouTube dengan akun alwaysgnia, yang mengungkapkan cara lain untuk membuat telur dadar tebal menggunakan kentang.

Berikut langkah-langkahnya yang dirangkum dari Briliofood.net, Senin (29/07/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Persiapan Kentang

Kentang
Ilustrasi Masakan Kentang Credit: pexels.com/pixabay

Ambil satu buah kentang, kupas kulitnya, lalu potong-potong menjadi bentuk memanjang seperti stik. Goreng potongan kentang tersebut hingga teksturnya menjadi lembut dan matang sempurna. Setelah itu, angkat dan tiriskan minyaknya, kemudian pindahkan ke dalam mangkuk saji.


Campurkan Kentang dengan Telur

Cara Goreng Telur Dadar Tebal dan Keriting seperti di Warteg
Cara Goreng Telur Dadar Tebal dan Keriting seperti di Warteg (Credit: YouTube/Lilis Rahma)

Gabungkan kentang goreng dengan 2 butir telur dan tambahkan bumbu sesuai selera Anda. Meskipun hanya menggunakan dua butir telur, tambahan kentang akan membuat telur dadar Anda menjadi lebih tebal dan lezat.


Proses Memasak

Cara Goreng Telur Dadar Tebal dan Keriting seperti di Warteg
Cara Goreng Telur Dadar Tebal dan Keriting seperti di Warteg (Credit: YouTube/Lilis Rahma)

Goreng campuran telur dan kentang dalam minyak panas hingga matang sempurna, pastikan untuk membaliknya agar matangnya merata.

Setelah matang, telur dadar yang dihasilkan akan memiliki tekstur tebal yang menggugah selera. Seperti yang ditunjukkan oleh alwaysgnia, potongan telur dadar ini tampak lebih tebal dan sangat menggiurkan. Anda bisa menikmatinya bersama nasi dan sayuran favorit untuk hidangan yang lengkap dan lezat.


Pertanyaan Seputar Telur Dadar


Mengapa disebut telur dadar?

Mengapa Disebut Telur Dadar? Asal-usul istilah 'dadar' konon berasal dari kata 'lebar' atau 'diperluas'. Dengan kata lain, telur dikocok terlebih dahulu sebelum digoreng hingga melebar.


Apa itu omelet?

Telur dadar, yang juga dikenal sebagai omelet, adalah sajian lezat yang terbuat dari telur yang digoreng dengan mentega atau minyak dalam wajan. Hidangan ini biasanya diperkaya dengan berbagai isian seperti daun bawang, sayuran segar, jamur, daging (seperti ham atau bacon), keju, bawang bombai, atau kombinasi dari bahan-bahan tersebut.


Apakah makan telur dadar sehat?

Mengonsumsi telur dadar maupun telur ceplok memberikan manfaat kesehatan yang serupa bagi tubuh. Kedua jenis olahan telur ini sama-sama menyehatkan. Terutama, bagian putih telur merupakan sumber protein yang sangat baik dan dapat memenuhi kebutuhan protein tubuh tanpa perlu tambahan sumber protein lainnya.


Ada berapa jenis telur dadar?

Beragam kreasi omelet yang bisa Anda coba antara lain: Omelet masala yang penuh rempah, Omelet keju yang meleleh di mulut, Omelet ayam yang lezat, Omelet masala udang yang menggugah selera, Omelet bawang yang harum, Omelet bawang keju yang kaya rasa, Omelet ala Perancis yang elegan, Omelet bayam yang sehat, dan Omelet jamur yang gurih. Pilih sesuai selera Anda dan nikmati kelezatannya!


Apa manfaat makan telur dadar?

Telur: Pahlawan dalam Menangkal Penyumbatan Pembuluh Darah Telur dikenal kaya akan omega-3, sebuah nutrisi penting yang berperan besar dalam mencegah penyumbatan pembuluh darah akibat penumpukan kolesterol. Dengan mengonsumsi telur, Anda tidak hanya menikmati kelezatannya tetapi juga mendapatkan manfaat kesehatan yang signifikan. Begitulah penjelasan mengenai kalori dalam telur dadar dan manfaatnya yang luar biasa bagi kesehatan tubuh kita.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya