Perhatikan Kadar Kolesterol dan Penglihatanmu, Studi Ungkap Keduanya Faktor Utama Risiko Demensia

Laporan terbaru dari Lancet Commision menyoroti kolesterol tinggi dan kehilangan penglihatan yang tidak diobati sebagai risiko baru utama untuk demensia

oleh Sulung Lahitani diperbarui 05 Agu 2024, 09:03 WIB
Diterbitkan 05 Agu 2024, 09:03 WIB
ilustrasi demensia
ilustrasi demensia (sumber: freepik)

Liputan6.com, Jakarta Saatnya untuk memperhatikan kolesterol Anda! Laporan terbaru dari Lancet Commision menyoroti kolesterol tinggi dan kehilangan penglihatan yang tidak diobati sebagai risiko baru utama untuk demensia, yang memengaruhi daya ingat dan keterampilan berpikir.

Penyakit Alzheimer, jenis demensia yang paling umum, mencakup 60-70% kasus. Laporan tersebut menunjukkan bahwa masalah ini mencakup sembilan persen dari semua kasus demensia.

Tujuh persen kasus demensia dikaitkan dengan kadar kolesterol jahat (LDL) yang tinggi yang sering meningkat sekitar usia 40 tahun, sementara masalah penglihatan yang tidak diobati berkontribusi pada dua persen kasus. Jadi, jaga kadar kolesterol Anda dan periksakan mata Anda.

Memahami Hubungan Antara Kolesterol dan Demensia

Laporan yang ditulis oleh 27 pakar demensia terkemuka ini menggarisbawahi pentingnya mengelola kolesterol dan mengatasi masalah penglihatan untuk menurunkan risiko terkena demensia. Dengan demensia yang terdaftar sebagai penyebab kematian ketujuh di seluruh dunia oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penelitian baru ini sangat relevan untuk India.

Suvarna Alladi, seorang profesor neurologi di NIMHANS di Bengaluru dan penulis utama laporan tersebut, menunjukkan bahwa demensia memengaruhi 7,4% orang berusia di atas 60 tahun di India, dengan sekitar 8,8 juta orang hidup dengan kondisi tersebut.

"Usia tetap menjadi faktor risiko terkuat untuk demensia, tetapi bukti baru ini menyoroti mengapa kita perlu memprioritaskan skrining dan mengobati kehilangan penglihatan serta mengelola kadar kolesterol pada orang dewasa yang lebih tua untuk membantu mengurangi kasus demensia," katanya.

Pada tahun 2020, Lancet Commision mengidentifikasi 12 faktor risiko utama untuk demensia, termasuk tingkat pendidikan rendah, gangguan pendengaran, tekanan darah tinggi, merokok, obesitas, depresi, kurang aktivitas fisik, diabetes, konsumsi alkohol berlebihan, cedera otak traumatis (TBI), polusi udara, dan isolasi sosial.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Peran Kehilangan Penglihatan dan Kolesterol dalam Penurunan Kognitif

Kolesterol Tinggi dan Darah Tinggi
Ilustrasi Kolesterol Tinggi dan Darah Tinggi Credit: pexels.com/Photomix

Sebuah meta-analisis dari tiga penelitian di Inggris yang melibatkan lebih dari 1,1 juta orang di bawah usia 65 tahun menemukan bahwa setiap peningkatan kolesterol LDL sebesar 1 mmol/L meningkatkan risiko demensia hingga delapan persen. Penelitian lain dengan 1,2 juta peserta menunjukkan bahwa kadar kolesterol LDL lebih dari 3 mmol/L meningkatkan risiko demensia hingga 33 persen.

Selain itu, sebuah penelitian besar di Inggris yang melibatkan 1,8 juta orang yang dilacak selama 7,4 tahun menegaskan bahwa kadar kolesterol LDL yang lebih tinggi dikaitkan dengan risiko demensia yang lebih besar. Para peneliti mengatakan hubungan ini muncul karena kelebihan kolesterol meningkatkan risiko stroke dan menyebabkan penumpukan protein amiloid β dan tau, yang mengganggu fungsi sel otak.

 


Kadar kolesterol LDL yang tinggi dikaitkan dengan peningkatan penumpukan amiloid di otak

Kadar HDL Normal yang Disarankan dalam Tubuh
Ilustrasi hasil tes kolesterol (foto: Freepik/rawpixel.com)

"Beberapa faktor menjelaskan hubungan antara kolesterol LDL yang tinggi (kadar di atas 100 mg/dL) dan akumulasi amiloid di otak," kata Dr. Faheem Arshad, asisten profesor neurologi di NIMHANS.

Faktor-faktor tersebut meliputi peningkatan aktivitas enzim penghasil amiloid seperti sekretase, berkurangnya pembersihan amiloid dari otak, dampak negatif pada sel neuron, dan kerusakan pada sawar darah-otak akibat proses inflamasi.

Para peneliti menyoroti bahwa "konseling individual tentang diet dan olahraga memiliki efek terbatas dalam menurunkan kolesterol LDL. Obat Statin, yang sedang dipelajari karena potensi manfaatnya dalam Penyakit Alzheimer, menunjukkan hasil yang menjanjikan karena sifat anti-inflamasi dan antioksidannya, selain mengurangi kadar kolesterol."

 


Jadi, apa hubungan antara demensia dan kehilangan penglihatan yang tidak diobati?

Kesehatan Jantung
Ilustrasi jantung yang sehat karena kadar kolesterol dalam tubuh tidak berlebihan. Credits: pexels.com by Karolina Grabowska

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa kehilangan penglihatan mungkin terkait dengan kondisi seperti diabetes, yang merupakan faktor risiko demensia yang diketahui. Mungkin juga ada masalah mendasar yang memengaruhi retina dan otak.

Dr. Arshad mencatat bahwa mengoreksi masalah penglihatan, seperti kesalahan refraksi, dapat memperlambat penurunan kognitif dengan meningkatkan masukan sensorik.

“Ini adalah hubungan dua arah karena faktor kognitif juga memengaruhi pemrosesan visual. Area otak yang terlibat dalam memori dan bahasa memengaruhi cara kita memahami dan menginterpretasikan informasi visual. Dengan demikian, kekurangan sensorik dapat mempercepat penurunan kognitif. Gangguan sensorik terkait usia dipengaruhi oleh faktor biologis dan lingkungan,” jelasnya.

Dr Arshad menambahkan bahwa disfungsi kognitif dan sensorik dipicu oleh penuaan, faktor eksternal (seperti alkohol dan merokok), gangguan neurodegeneratif, dan faktor biologis.

“Gangguan sensorik dan kognitif saling terkait, dengan masing-masing memengaruhi yang lain dalam berbagai cara. Mengatasi masalah ini memerlukan pendekatan komprehensif yang mempertimbangkan interaksi kompleks keduanya,” simpulnya.

Infografis 4 Tren Kecantikan 2024
Infografis 4 Tren Kecantikan 2024.  (Liputan.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya