Ladies, Ini 6 Alasan Kamu Harus Menghapus Make Up Setelah Beraktivitas

Make up dapat menjadi masalah bagi kulit wajah jika Anda tidak membersihkannya setelah seharian beraktivitas dan membiarkan semalaman. Hal ini menyebabkan masalah kulit wajah seperti berjerawat, kulit kusam, dan kulit kering.

oleh Cicilia Afrilia Damayanti Simbolon diperbarui 28 Sep 2024, 19:08 WIB
Diterbitkan 28 Sep 2024, 19:08 WIB
Make Up - Vania
Ilustrasi Make Up/https://unsplash.com/Freestocks

Liputan6.com, Jakarta - Make up menjadi kebutuhan bagi banyak perempuan. Make up membuat wajah tampak lebih cantik. Selain itu, banyak Perempuan menggunakan make up untuk menutupi masalah pada kulit wajah seperti kulit berjerawat, kulit kering, kulit berminyak, dan masalah kulit lainnya.

Selain itu, dengan menggunakan make up perempuan akan tampak lebih percaya diri dan siap untuk tampil di depan orang banyak. Dahulu hanya beberapa pekerjaan yang menuntut perempuan untuk tampil dengan riasan make up. Namun, saat ini make up sudah menjadi bagian dari kebutuhan perempuan dari berbagai kalangan pekerja.

Make up tidak hanya membawa keuntungan bagi perempuan, tetapi juga dapat membawa kerugian jika Anda tidak menggunakan dengan baik. Salah satu yang menjadi masalah adalah ketika Anda tidak menghapus make up dengan baik dan membiarkan semalaman. Hal ini menimbulkan masalah kulit wajah Anda. Dilansir dari Dermalogica, Jumat (27/09/2024), ada beberapa alasan mengapa Anda harus menghapus make up sampai bersih dan tidak membiarkan make up menempel semalaman.

1. Masalah Jerawat, Komedo, dan Pori-Pori Tersumbat

Agar terlihat lebih percaya diri, perempuan akan memoles dirinya dengan menggunakan make up. Perempuan akan memaksimalkan penampilannya saat beraktivitas di luar. Make up membantu menahan kotoran, polusi, dan minyak yang menjadi permasalahan di kulit wajah. Setelah selesai beraktivitas mereka akan menghapus make up dengan menggunakan pembersih.

Jika Anda tidak pernah membersihkan make up setelah selesai beraktivitas yang akan terjadi adalah Anda mengalami masalah pada kulit wajah. Masalah kulit seperti munculnya jerawat, pori-pori tersumbat, hingga komedo. Membiarkan make up menempel di wajah semalaman juga membuat pro-pori membesar dan lebih tampak terlihat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Kulit Kusam

kulit kusam
Ilustrasi kulit kusam. (Foto: Unsplash/Velizar Ivanov)

Tidak menghapus make up saat seharian beraktivitas menyebabkan kuit wajah menjadi kusam. Hal ini terjadi karena make up menganggu proses pengelupasan kulit secara alami. Sehingga, membuat kotoran dan debu menahan sel-sel kulit mati di wajah semalaman.

Tidak hanya menimbulkan kulit kusam, membiarkan make up semalaman juga dapat menyebabkan masalah kulit seperti kulit kasar dan menjadi gelap. Masalah semacam ini yang membuat diri Anda terus-menerus menutupinya dengan make up untuk keesokan harinya. Secara tidak sadar Anda telah menahan dan menumpuk  sel-sel kulit mati pada wajah Anda.


3. Kulit Tambah Tua

Contoh ilustrasi perubahan pada kulit akibat menua
Kulit menua akan memunculkan berbagai macam tanda yang mudah terlihat (Foto: Unsplash.com/freestocks)

Pada malam hari kulit wajah kita akan mengalami pemulihan secara alami. Sehingga, membuat kulit tampak lebih sehat dan membaik. Namun, hal ini akan berbanding terbalik jika Anda memiliki kebiasaannya tidak menghapus make up setelah beraktivitas dan membiarkannya semalaman.

Hal ini terjadi karena kotoran dan polusi lebih banyak menumpuk di wajah Anda. Ini dapat menghambat pemulihan alami yang dilakukan oleh kulit pada malam hari. Masalah semacam ini yang menjadi penyebab kulit anda lebih cepat terlihat tua atau mengalami penuaan dini karena kolagen di kulit Anda mengalami kerusakan. Saat kolagen tidak dapat diproduksi dengan baik, kulit Anda akan kehilangan kekencangan dan menyebabkan penuaan lebih cepat.


4. Kulit Menjadi Kering

ilustrasi kulit kering/unsplash
ilustrasi kulit kering/unsplash

Kulit kering juga dapat disebabkan oleh make up yang tidak dihapus dengan bersih. Hal ini membuat permukaan kulit menghambat pemulihan secara alami. Meskipun Anda telah menggunakan pelembab wajah untuk meringankan wajah di malam hari.

Hal tersebut tidak membantu memberikan kesehatan kulit. Sebab pelembab yang Anda gunakan tidak dapat meresap dengan baik ke permukaan kulit akibat hambatan dari sisa-sisa make up yang masih menempel di wajah. Kebiasaan semacam ini hanya akan membuang setetes demi setetes produk pelembab yang Anda miliki.


5. Iritasi Kulit

3 Hal yang Harus Dilakukan Saat Kulit Meradang
Ilustrasi inflamasi. (Foto: unsplash.com)

Masalah yang paling berbahaya ketika Anda membiarkan make up di  wajah Anda semalaman adalah iritasi pada kulit. Hal ini terjadi karena make up mengandung bahan-bahan pewarna dan parfum yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit wajah. Sehingga menyebabkan penyakit peradangan yang dapat menimbulkan kemerahan pada wajah.

Peradangan ini menyebabkan kulit Anda menjadi gatal, panas, bengkak, dan bahkan menjadi sensitif. Untuk menutupi hal tersebut Anda mencoba untuk mengaplikasikan make up ke kulit wajah. Ini akan menjadi masalah karena Anda telah menghambat proses pemulihan kulit secara alami dan menyebabkan penumpukan make up di pori-pori.

Infografis perawatan kecantikan
Infografis Macam-Macam Perawatan Kecantikan Terkini. (Dok: Liputan6.com/abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya