Rafa, Bocah Penderita Hidrosefalus Perlu Donasi Anda

Rafa Fratama Rahayu, warga Warga Kampung Jambansari, Kabupaten Garut ini menderita hidrosefalus dan membutuhkan uluran tangan dari dermawan

oleh Liputan6 diperbarui 02 Sep 2013, 11:20 WIB
Diterbitkan 02 Sep 2013, 11:20 WIB
130902rafa.jpg
Citizen6, Garut: Dari hari ke hari kondisi putra pertama Yuli (22), Rafa Fratama Rahayu (3) semakin memprihatinkan. Warga Kampung Jambansari RT 2 RW 11 Kelurahan Sukarya, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut ini menderita hidrosefalus, dengan kondisi kepala yang terus membesar. Selain itu tangan dan kakinya juga tidak bisa digerakkan.

Dari penuturan sang ibu, semasa Rafa masih berusia 3 bulan mulai muncul benjolan sebesar telor ayam di keningnya. Yuli mengaku pada 2011 lalu, ia telah membawa Rafa ke RS Hasan Sadikin Bandung dan telah di operasi selama 2 minggu menggunakan kartu Jamkesmas yang lama atas nama ibunya.  

Karena harus di kontrol lagi ke RS Hasan Sadikin Bandung, Rafa dibawanya ke Puskesmas Pembangunan Garut  pada Maret 2013 dengan meminta surat rujukan untuk kontrol ke RS Hasan Sadikin  Bandung menggunakan kartu Jamkesmas yang baru atas nama ibunya. Tapi pihak Puskesmas menolaknya dengan alasan kartu Jamkesmas atas nama ibunya tidak bisa dipakai oleh anaknya, dengan alasan Rafa sudah berumur 3 tahun.

Mengetahui hal ini, Yuli, orangtua Rafa tidak bisa berbuat apa-apa kecuali berpasrah kepada keajaiban kesembuhan anaknya. Jangankan untuk biaya berobat, untuk makan sehatri-hari dan beli susu formulanya pun susah.

"Untuk itu kepada para dermawan di mana pun berada, dapat memberikan bantuan kepada anak kami untuk menyembuhkan penyakit Hidrosefalus nya," harap Yuli.

"Setiap malamnya, Rafa menangis terus dan tidak bisa tidur karena harus menahan rasa sakit di kepalanya. Ini terjadi karena sudah 3 tahun tidak di kontrol lagi ke RS Hasan Sadikin Bandung. Kami berharap anak pertama kami ini bisa hidup normal dan sehat seperti layakya anak-anak yang lain," tambah Yuli.

Dijelaskan oleh Uyun, salah satu pegawai Kelurahan Sukarya, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, pihaknya sudah berusaha meminta bantuan ke salah satu lembaga di Kabupaten Garut. Namun hingga saat ini belum ada tanda-tanda akan memberi sumbangan.

Bagi para donatur yang ingin menyalurkan bantuan, bisa langsung datang ke rumahnya di Kampung Jambansari RT 4 RW 11 Kelurahan Sukarya, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut. (Nadia Kus/Mar)

Nadia Kus adalah pewarta warga.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, Ramadan atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Saat ini Citizen6 mengadakan program yang kali ini bertema "Tempat Wisata di Kotaku". Ada merchandise eksklusif bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya