Investor Ini Percaya Harga Bitcoin Sentuh Rp 15,6 Miliar dalam 5 Tahun

Runtuhnya mata uang fiat akan menjadi katalisator utama yang mendorong Bitcoin.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 19 Des 2022, 08:16 WIB
Diterbitkan 19 Des 2022, 08:16 WIB
Crypto Bitcoin
Bitcoin adalah salah satu dari implementasi pertama dari yang disebut cryptocurrency atau mata uang kripto.

Liputan6.com, Jakarta - Terlepas dari bear market atau pasar yang koreksi yang sedang berlangsung, CEO Jan3 serta pendukung dan investor Bitcoin, Samson Mow, percaya kripto terkemuka ini dapat mencapai harga USD 1 juta (Rp 15,6 miliar) dalam 5 hingga 10 tahun ke depan. 

Menurut Mow, runtuhnya mata uang fiat akan menjadi katalisator utama yang dapat terjadi dengan sangat cepat dan tidak bisa diantisipasi.

“Itu terjadi begitu saja dalam semalam, dan kemudian Anda memasukkan uang ke dalam gerobak dorong,” katanya dalam sebuah wawancara, dikutip dari Cointelegraph, Senin (19/12/2022). 

Komentari Langkah El Salvador

Mow membuat prediksinya saat mengomentari keadaan adopsi Bitcoin saat ini di El Salvador, sekitar setahun setelah diadopsi sebagai alat pembayaran yang sah. Mow mengatakan dia melihat langkah El Salvador sebagai keberhasilan secara keseluruhan, meskipun tingkat penggunaan yang relatif rendah dan ketersediaan infrastruktur pembayaran Bitcoin yang tidak merata di negara tersebut.

“Anda pada dasarnya menciptakan kembali infrastruktur perbankan tradisional di negara ini. Jadi, itu pasti akan memakan waktu, dan penyebarannya pasti tidak merata,” jelas Mow.

Menurut Mow, volatilitas Bitcoin yang tinggi adalah salah satu alasan mengapa warga El Salvador masih mengandalkan uang tunai untuk bertahan hidup dalam kehidupan sehari-hari mereka alih-alih mata uang kripto. Mow melihatnya sebagai masalah sementara, karena volatilitas akan menurun saat Bitcoin mendekati tolok ukur USD 1 juta.

Bahkan sekarang, Mow percaya El Salvador dapat berperan dalam menginspirasi negara lain untuk mengikuti teladannya. Secara khusus, dia melihat komunitas Bitcoin lokal akar rumput El Salvador yang dinamis memainkan peran penting dalam mendorong adopsi.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perusahaan Investasi Ini Prediksi Harga Bitcoin Sentuh Rp 155,8 Juta pada Awal 2023

Ilustrasi bitcoin dan ethereum (Foto: Unsplash/Thought Catalog)
Ilustrasi bitcoin dan ethereum (Foto: Unsplash/Thought Catalog)

Sebelumnya, Perusahaan investasi VanEck baru-baru ini mengeluarkan prediksinya untuk kripto terbesar di dunia, Bitcoin pada 2023. Menurut VanEck, Bitcoin akan menguji level USD 10.000 (Rp 155,9 juta) hingga USD 12.000 (Rp 187,1 juta). 

Kepala penelitian aset digital di VanEck, Matthew Sigel mengatakan, gelombang kebangkrutan penambang dapat membuat bitcoin di bawah tekanan pada kuartal pertama 2023.

"Bitcoin akan menguji USD 10.000 hingga USD 12.000 di Q1 di tengah gelombang kebangkrutan penambang, yang akan menandai titik terendah musim dingin kripto," kata Sigel dikutip dari CoinDesk, Sabtu (17/12/2022).

Sigel menambahkan, profitabilitas penambang terkait erat dengan harga bitcoin, mengingat mereka menerima cryptocurrency sebagai hadiah untuk memecahkan teka-teki matematika yang rumit untuk memverifikasi transaksi di blockchain. Imbalan yang diterima seringkali dicairkan untuk mendanai biaya operasional.

Jadi, ketika harga jatuh, seperti yang terjadi tahun ini sebesar 61 persen, itu mengarah pada kapitulasi penambang situasi di mana penambang yang lemah keluar dari pasar, menjual cadangan mereka dan menyebabkan harga turun lebih jauh. Dalam skenario terburuk, kapitulasi dapat menyebabkan spiral kematian.

Penambang telah kehabisan simpanan koin mereka untuk mengatasi kondisi pasar yang merugikan. Data yang dilacak oleh perusahaan analitik blockchain Glassnode menunjukkan saldo yang disimpan di dompet penambang telah menurun lebih dari 25.000 BTC (USD 444 juta) sejak Juli, mencapai level terendah 14 bulan sebesar 1,818 juta BTC.

 


Tren Penurunan Harga Bakal Berlanjut

Bitcoin - Image by mohamed Hassan from Pixabay
Bitcoin - Image by mohamed Hassan from Pixabay

“Tren ini bisa berlanjut karena sebagian besar perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan mengalami kas sekarat,” ujar Sigel.

Penurunan ke USD 12.000 berarti penarikan 82 persen dari rekor tertinggi USD 69.000 yang tercatat pada November 2021. Dua bear market sebelumnya kehabisan tenaga dengan penarikan sekitar 85 persen dari rekor tertinggi saat itu.

Sigel mengharapkan bitcoin untuk bangkit kembali ke USD 30.000 pada paruh kedua 2023.

"Inflasi yang lebih rendah, meredakan kekhawatiran energi, kemungkinan gencatan senjata di Ukraina, dan perputaran pasokan M2 akan menggerakkan dimulainya pasar bullish baru," pungkas Sigel. 


Senator AS Tegaskan Bitcoin Adalah Komoditas Bukan Mata Uang

Bitcoin
Ilustrasi Bitcoin (iStockPhoto)

Sebelumnya, Senator AS John Boozman mengungkapkan, meskipun disebut mata uang kripto, Bitcoin tetap dianggap sebuah komoditas bukan mata uang. Dia menekankan, pertukaran di mana komoditas diperdagangkan, termasuk bitcoin, harus diatur oleh Commodity Futures Trading Commission (CFTC).

“Bitcoin, meskipun mata uang kripto, itu tetap adalah komoditas. Ini adalah komoditas di mata pengadilan federal dan pendapat ketua Securities and Exchange Commission (SEC). Tidak ada perselisihan tentang ini,” kata Boozman dalam sebuah sidang, dikutip dari Bitcoin.com, Selasa (6/12/2022).

Menyebut keruntuhan FTX mengejutkan, sang senator berkata laporan publik menunjukkan kurangnya manajemen risiko, konflik kepentingan, dan penyalahgunaan dana pelanggan. 

Senator Boozman melanjutkan untuk berbicara tentang regulasi kripto dan memberdayakan Commodity Futures Trading Commission (CFTC) sebagai pengatur utama pasar spot kripto. 

“CFTC secara konsisten menunjukkan kesediaannya untuk melindungi konsumen melalui tindakan penegakan hukum terhadap aktor jahat,” lanjut Senator Boozman.

Boozman yakin CFTC adalah agensi yang tepat untuk peran regulasi yang diperluas di pasar spot komoditas digital.

Pada Agustus 2022, Boozman dan beberapa senator memperkenalkan Undang-Undang Perlindungan Konsumen Komoditas Digital (DCCPA) untuk memberdayakan CFTC dengan yurisdiksi eksklusif atas pasar spot komoditas digital. 

Dua RUU lainnya telah diperkenalkan di Kongres tahun ini untuk menjadikan regulator derivatif sebagai pengawas utama untuk sektor kripto.

Sementara bitcoin adalah komoditas, Ketua SEC Gary Gensler berulang kali mengatakan sebagian besar token kripto lainnya adalah sekuritas.

 

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya