Harga Bitcoin Stabil di Kisaran Rp 1 Miliar di Tengah Sentimen Politik AS

Setelah insiden penembakan Donald Trump, harga Bitcoin (BTC) naik 4% mencapai USD 60.300, level tertinggi dalam 10 hari terakhir.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 18 Jul 2024, 16:00 WIB
Diterbitkan 18 Jul 2024, 16:00 WIB
Ilustrasi bitcoin (Foto: Unsplash/Aleksi Raisa)
Ilustrasi bitcoin (Foto: Unsplash/Aleksi Raisa)

Liputan6.com, Jakarta Harga Bitcoin masih stabil di kisaran USD 64.000 atau setara Rp 1,03 miliar (asumsi kurs Rp 16.151 per dolar AS) di tengah kondisi memanasnya sentimen politik AS menjelang pemilu AS pada November. 

Terkait hal ini, trader Tokocrypto, Fyqieh Fachrur, menjelaskan optimisme pasar dipicu oleh beberapa faktor, termasuk spekulasi seputar dugaan percobaan pembunuhan terhadap kandidat calon presiden Amerika Serikat yang pro-kripto, Donald Trump. Insiden ini meningkatkan peluang pemilihannya hingga 70%.

"Selain itu, selesainya penjualan Bitcoin oleh Jerman dan meningkatnya ekspektasi pemotongan suku bunga The Fed pada bulan September juga turut meningkatkan nilai BTC. Dengan membaiknya sentimen investor, kapitalisasi pasar kripto global naik menjadi USD 2,29 triliun, meningkat 3,80% dalam seminggu terakhir," kata Fyqieh dalam keterangan resmi, dikutip Kamis (18/7/2024).

Akhir pekan lalu, politik AS menjadi sorotan investor, terutama setelah upaya pembunuhan yang gagal terhadap kandidat presiden AS, Donald Trump. 

Insiden ini langsung memengaruhi pasar kripto, dengan Bitcoin mengalami lonjakan harga. Setelah insiden tersebut, harga Bitcoin (BTC) naik 4% mencapai USD 60.300, level tertinggi dalam 10 hari terakhir. Peningkatan mendadak ini membalikkan tren penurunan sebelumnya, mengejutkan banyak trader dan investor.

"Lonjakan harga ini didorong oleh sentimen positif terhadap Trump, yang baru-baru ini menyatakan pandangan positifnya terhadap industri kripto. Pasar menganggap upaya pembunuhan tersebut sebagai berita pro-Trump, dikombinasikan dengan dukungan vokalnya terhadap Bitcoin, yang memicu reaksi positif di kalangan investor," ungkap Fyqieh.

Kemenangan Trump Bisa Meningkatkan Permintaan Kripto

Fyqieh menuturkan banyak investor mungkin mulai memperhitungkan potensi kemenangan Trump dalam pemilihan presiden mendatang, yang dapat meningkatkan nilai Bitcoin lebih lanjut. Trump telah menargetkan suara kripto, yang bisa memengaruhi hasil pemilu.

Menurut Fyqieh, kemenangan Trump dapat mengakhiri masa jabatan Ketua SEC, Gary Gensler, lebih awal. Ketua SEC yang lebih pro-kripto dapat menggantikan Gensler dan mengakhiri regulasi yang ketat melalui penegakan hukum. 

Kemungkinan juga akan ada kemajuan dalam memperkenalkan kerangka regulasi kripto yang sangat dibutuhkan untuk mendorong inovasi sekaligus melindungi konsumen.

"Saat ini, pergerakan harga Bitcoin berada dalam keseimbangan antara bulls dan bears. Penembusan berkelanjutan di atas level resistance USD 64.602 sangat penting untuk mengonfirmasi tren bullish dan berpotensi memicu reli di pasar kripto yang lebih luas," jelas Fyqieh.

Bitcoin mempertahankan posisinya sebagai kripto terdepan, dengan kapitalisasi pasar sekitar USD 1,28 triliun. Pasokan yang tersedia mendekati 19,73 juta BTC dari jumlah maksimum 21 juta.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Harga Kripto Hari Ini Berapa?

Ilustrasi bitcoin dan ethereum (Foto: Unsplash/Thought Catalog)
Ilustrasi bitcoin dan ethereum (Foto: Unsplash/Thought Catalog)

Harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang beragam pada Kamis (18/7/2024). Mayoritas harga kripto hari ini jajaran teratas terpantau masih berada di zona hijau.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) kembali terkoreksi. Bitcoin turun 0,66 persen dalam 24 jam, tetapi masih menguat 11,42 persen sepekan.

Saat ini, harga Bitcoin berada di level USD 64.285 atau setara Rp 1,03 miliar (asumsi kurs Rp 16.151 per dolar AS). Ethereum (ETH) kembali melemah. ETH turun 1,07 persen sehari terakhir, tetapi masih menguat 9,53 persen sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level Rp 54,8 juta per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) kembali melemah. Dalam 24 jam terakhir BNB terkoreksi 0,61 persen, tetapi masih menguat 8,76 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga Rp 9,19 juta per koin. 

Kemudian Cardano (ADA) masih berada di zona hijau. ADA naik 0,49 persen dalam 24 jam terakhir dan 13,98 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level Rp 7.098 per koin.

Adapun Solana (SOL) kembali melemah. SOL merosot 2,52 persen dalam sehari, tetapi masih menguat 10,27 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level Rp 2,62 juta per koin. 

XRP terpantau kembali berada di zona hijau. XRP menguat 9,72 persen dalam 24 jam dan 44,34 persen sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga Rp 10.220 per koin. 

Koin kripto Meme Dogecoin (DOGE) kembali melemah. Dalam satu hari terakhir DOGE turun 1,79 persen, tetapi masih menguat 13,24 persen sepekan. Ini membuat DOGE diperdagangkan di level Rp 2.020 per token.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya