Sambut HUT Sidoarjo, Y-AMI Dirikan Rumah Quran untuk ABK

Dalam merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur ke-163 pada 31 Januari 2022, Yayasan Ananda Mutiara Indonesia (Y-AMI) berupaya mendirikan rumah Quran bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

oleh Ade Nasihudin Al Ansori diperbarui 02 Feb 2022, 18:00 WIB
Diterbitkan 02 Feb 2022, 18:00 WIB
Wisata inklusif di Sidoarjo
Wisata inklusif di Sidoarjo. Foto: Y-AMI.

Liputan6.com, Jakarta Dalam merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur ke-163 pada 31 Januari 2022, Yayasan Ananda Mutiara Indonesia (Y-AMI) berupaya mendirikan rumah Quran bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

Menurut Ketua Umum Y-AMI, Yenni Darmawanti, SE, pendirian rumah Quran bagi anak-anak disabilitas bertujuan memfasilitasi mereka untuk belajar agama. Pasalnya, selama ini anak-anak istimewa tersebut cenderung terabaikan.

Di sisi lain, jika pembelajaran langsung dilakukan di masjid, maka kendalanya adalah belum banyak pengajar yang siap menerima ABK untuk belajar bersama dengan anak lainnya.

“Dengan mengucap rasa syukur yang tak terkira, kami menambahkan shelter kegiatan Rumah Qur'an AN NABIL Y-AMI Indonesia tepat di hari jadi Kabupaten Sidoarjo di mana sekretariat pusat Y-AMI berdiri juga di wilayah tersebut,” kata Yenni dalam keterangan pers, Senin (31/1/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Berikut Ini


Rumah Hibah

Yenni menambahkan, Y-AMI mencoba memberikan wadah rumah Quran di daerah sidoarjo di mana rumah ini semula adalah hibah dari orangtua anggota Y-AMI.

Anggota tersebut terdampak COVID-19 sehingga suaminya meninggal, sementara putrinya yang menyandang autisme kini diasuh di Pondok Pesantren Al Amin dampingan Y-AMI Ponorogo yang berada di Gandu Mlarak. 

“Semoga kegiatan Rumah Qur'an An Nabil di Perumahan Pesona Permata Ungu blok Z nomor 17 bisa semakin berkembang meskipun selama ini kegiatan Y-AMI tanpa pernah ada turun tangan dari Pemkab Sidoarjo.”


Harapan Y-AMI

Yenni berharap agar Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dapat ikut membantu melancarkan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan pemberdayaan disabilitas.

Kabupaten ini disebut sebagai kabupaten ramah disabilitas. Namun, peran pemerintahnya tidak terlalu dirasakan oleh Y-AMI yang sering kali berjalan sendiri.

“Semoga kabupaten Sidoarjo menuju kabupaten inklusi yang sebenar-benarnya dan tidak hanya slogan peduli dari yang paling peduli tapi di lapangan sama sekali tidak ada perhatian pemkab.”

 


Infografis Tunjangan Khusus Penyandang Disabilitas di Jakarta

Infografis Tunjangan Khusus Penyandang Disabilitas di Jakarta
Infografis Tunjangan Khusus Penyandang Disabilitas di Jakarta. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya