Deretan Tokoh Pahlawan Super Penyandang Disabilitas, Daredevil hingga Marvel dan DC

Ada lebih banyak karakter dari alam semesta Marvel dan DC yang berhasil mengatasi disabilitas mereka dan dikenal sebagai legenda di dunia memerangi kejahatan.

oleh Fitri Syarifah diperbarui 30 Jul 2023, 15:00 WIB
Diterbitkan 30 Jul 2023, 15:00 WIB
Review Film Daredevil (2003)
Nonton film Daredevil (2003) di Vidio. (Dok. Vidio)

Liputan6.com, Jakarta Untuk menghormati bulan kepedulian Disabilitas, pecinta film pasti mengingat beberapa pahlawan super favorit yang memiliki disabilitas fisik, seperti Daredevil dan Profesor X. Namun, ada lebih banyak karakter dari alam semesta Marvel dan DC yang berhasil mengatasi disabilitas mereka dan dikenal sebagai legenda di dunia memerangi kejahatan.

Dilansir dari Cinemablend, berikut ini hanya 11 dari karakter ikonik tersebut, beberapa di antaranya mungkin sudah Anda kenali dari beberapa film superhero terbaik.

1. Daredevil

Ketika dia masih kecil, Matt Murdock mengalami kecelakaan kimia yang menghilangkan penglihatannya. Tetapi kecelakaan itu juga meningkatkan indranya yang tersisa ke tingkat manusia super.

Itu memberinya kesempatan untuk memberikan bentuk keadilannya yang brutal di Hell's Kitchen pada malam hari, sambil melayani hukum dalam pengertian yang lebih tradisional sebagai pengacara di siang hari.

Dibuat oleh Stan Lee dengan artis Bill Everett, Daredevil yang seorang tunanetra adalah salah satu karakter paling unik di seluruh Marvel Universe, dan akan diganti oleh Charlie Cox dalam acara Marvel TV mendatangnya yang sangat dinantikan, Daredevil: Born Again, di Disney+.

2. Profesor Charles Xavier

Sementara film X-Men akan menafsirkan kembali asal disabilitasnya sebagai tembakan ke belakang, menurut komik, Profesor Charles Xavier awalnya kehilangan penggunaan kakinya selama pertarungan dengan alien bernama Lucifer, yang menghancurkannya dengan batu besar.

Namun, pencapaian yang akan dicapai oleh sang pengguna telepati hoverchair sejak saat itu — mulai dari memperjuangkan persamaan hak mutan lain dan merekrut mereka ke salah satu tim pertahanan paling kuat di dunia — menjadikan pahlawan ini (diperankan oleh Patrick Stewart dan James McAvoy di layar lebar, sejauh ini) salah satu karakter paling inspiratif dalam sejarah Marvel.

3. Oracle

Awalnya, Barbara Gordon melawan kejahatan sebagai Batgirl, sampai - dalam novel grafis 1988 mani Alan Moore yang gelap, The Killing Joke - Joker menembaknya di tulang belakang. Namun, dia akan menemukan cara untuk terus membantu Batman melindungi Gotham City dari kursi rodanya sebagai operator Batcomputer, menggunakan alias, "Oracle."

Akhirnya, ketika DC Comics memperkenalkan The New 52, ​​Barbara kembali mengenakan jubah dan kerudungnya, tetapi tanpa mengabaikan peristiwa The Killing Joke dan memberinya kemampuan untuk berjalan lagi setelah operasi.

 

 


4. Hawkeye

Ketika pemanah utama Jeremy Renner, Clint Barton, mendapatkan acara TV Marvel-nya sendiri dengan Hawkeye tahun 2021, serial asli Disney+ menyebutkan bahwa sang Avenger mengalami Tuli sebagian dan mengharuskan penggunaan alat bantu dengar. Titik plot itu mencerminkan waktu dalam komik ketika — menurut Men's Health — Hawkeye kehilangan 80% pendengarannya setelah menggigit panah sonik selama pertarungan dengan penjahat super, Mockingbird.

5. Echo

Karakter buku komik Tuli lain yang muncul di Hawkeye dalam debut adalah Echo — alter ego dari Maya Lopez, yang aliasnya terinspirasi oleh kemampuannya untuk meniru tindakan orang lain (dari memainkan alat musik hingga gerakan akrobatik atau agresif) dengan presisi luar biasa.

Pemirsa menantikan untuk melihat lebih banyak bakat ini ketika Alaqua Cox - seorang aktor Tunarungu, Penduduk Asli Amerika yang mengenang Variety bahwa Hawkeye adalah pertunjukan akting pertamanya - mengulangi peran tersebut dalam seri spin-off-nya, Echo.


6. Doctor Strange

Dr. Stephen Strange pernah menjadi salah satu ahli bedah saraf yang paling terhormat, terampil, dan sombong pada masanya, sampai sebuah kecelakaan mobil menyebabkan kerusakan saraf yang parah pada tangannya. Namun, ini akan membuatnya mencari bantuan dari Master, yang mengajarinya cara-cara Mystic Arts, yang akan dia kuasai sampai diberi nama Sorcerer Supreme di Marvel Multiverse.

7. Hornet

Karakter yang belum diadaptasi ke layar adalah Hornet: alias yang telah digunakan oleh banyak karakter Marvel — dua di antaranya memiliki disabilitas fisik. Yang pertama, Scotty McDowell, adalah seorang kriminolog pengguna kursi roda dan sekutu Spider-Woman yang diberi kemampuan seperti serangga — kekuatan super dan sayap untuk terbang — oleh ilmuwan gila, Karl Malus, yang juga memberinya setelan yang memunculkan kecenderungan jahat.

Yang kedua - seorang penemu perguruan tinggi yang cerdas dengan kelumpuhan otak di lengan kanannya bernama Eddie McDonough - mengenakan kostum baru yang awalnya dirancang oleh Mary Jane Watson untuk digunakan Peter Parker, yang membuatnya menjadi pahlawan dengan meningkatkan kekuatannya dan membiarkannya terbang.

 


8. Misty Knight

Karakter Marvel yang juga mendapat manfaat dari peningkatan mekanis untuk membantunya melawan kejahatan adalah detektif polisi New York, Mercedes "Misty" Knight, yang kehilangan lengan kanannya saat mencoba menjinakkan bom, yang diganti dengan embel-embel bionik yang dirancang oleh Tony Stark yang sejak itu mengalami berbagai peningkatan.

Cederanya ditata ulang untuk MCU di Episode 7 The Defenders, di mana lengan Knight (Simone Missick) dipotong oleh anggota Hand, Bakuto, tetapi itu tidak akan menghentikannya dari memerangi kejahatan, bahkan sebelum menerima lengan barunya atas izin Rand Enterprises. Mudah-mudahan, kita melihat lebih banyak tentang dia di MCU dan, mungkin, memimpin "Heroes for Hire" bersama Colleen Wing.

9. Winter Soldier

Karakter Marvel lain yang terkenal menggunakan lengan mekanik adalah BFF Captain America, James Buchanon "Bucky" Barnes. Dalam komik dia kehilangan lengannya dalam ledakan pesawat yang membuatnya terjun ke perairan es sebelum ditemukan oleh pasukan Soviet, yang kemudian melengkapinya dengan lengan bionik dan membuatnya menjadi pembunuh mata-mata yang disebut Winter Soldier.

Untungnya — seperti rekan MCU-nya — Bucky direhabilitasi menjadi pahlawan dan bahkan mewarisi jubah Captain America dari Steve Rogers. Sementara film-film Marvel yang akan datang akan terus melihat Sam Wilson dari Anthony Mackie dalam peran itu, Sebastian Stan mengulangi Winter Soldier untuk film Thunderbolt yang akan datang, yang akan dirilis pada tahun 2024.

10. Cyborg

Karakter yang banyak pemirsa harapkan di film DC mendatang adalah Victor Stone, yang lebih dikenal sebagai Cyborg. Berbeda dari asalnya seperti yang digambarkan dalam Zack Snyder's Justice League (diperankan oleh Ray Fisher), dalam komik, atlet muda itu diserang oleh makhluk antar dimensi yang menyebabkan ibunya meninggal dan dia terluka parah, meyakinkan ayah ilmuwannya untuk mengganti bagian tubuhnya yang hilang dengan prostetik mekanik.

Victor kemudian akan menggunakan tubuh barunya yang sebagian besar cybernetic untuk melindungi mereka yang membutuhkan, bertarung bersama tim seperti Teen Titans dan Justice League yang disebutkan sebelumnya.

Infografis 4 Tren Kecantikan 2024
Infografis 4 Tren Kecantikan 2024.  (Liputan.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya