Zodiak Apa yang Cocok Gunakan Batu Akik?

Berikut ini adalah batu cincin berdasarkan zodiak.

oleh Bio In God Bless diperbarui 06 Feb 2015, 16:03 WIB
Diterbitkan 06 Feb 2015, 16:03 WIB
Gemstone Indonesia - Intan 0914

Liputan6.com, Jakarta Sudah beberapa waktu kebelakang, kegemeran batu akik menjamur di masyarakat Indonesia dan menjadi sebuah fenomena tersendiri. Selain di Pasar Rawa Bening yang menjadi pusat perdagangan batu cincin, Anda juga bisa dengan mudahnya menjumpai penjual batu indah itu di tempat-tempat lain, termasuk di emperan jalan. Mulai dari sekadar alasan estetika hingga ke soal klenik, ada banyak hal yang membuat orang memburu batu-batu itu.

Menaruh perhatian pada batu cincin sejak 4 tahun lalu, Sujarwanto Rahmat M. Arifin, salah seorang komisioner Komisi Penyiaran Indonesia, punya pandangan sendiri tentang fenomena kegemaran masyarakat akan batu cincin. Sujarwanto melihat bahwa hal tersebut sesungguhnya merupakan geliat ekonomi rakyat hasil perubahan kondisi masyarakat yang tadinya hanya memikirkan kebutuhan primer menjadi juga peduli dengan hobinya.

Ada 3 jenis penggemar batu cincin menurut Sujarwanto. Yang pertama adalah mereka yang gemar batu cincin karena keindahannya, kedua adalah penggemar batu cincin karena energi alam yang dipercaya ada dalam batu tersebut, dan yang ketiga adalah penggemar mistis, yaitu mereka yang percaya bahwa batu cincin memiliki kekuatan magis atau dihuni makhluk gaib. Mengenai penggemar jenis terakhir itu, Sujarwanto mengatakan kepada Liputan6.com, Rabu (21/1/2015), “Untuk hal ini merupakan tugas pemuka-pemuka agama untuk terus menyuarakan apa yang harusnya menjadi pedoman dalam berkegiatan, termasuk kegemaran akan batu cincin.”

Bahasan terkait batu cincin ini oleh sebagian pihak juga dikaitkan dengan zodiak. Berikut ini adalah daftar batu cincin berdasarkan zodiak, seperti dilansir dari Primbon.com pada Jumat (6/2/2015). Anda tentu boleh tak percaya dengan hal ini. Justru yang diperlukan adalah sikap kritis dalam menyikapi kepercayaan-kepercayaan. Tapi jika sekadar ingin fun mencari tahu batu yang cocok dengan zodiak Anda, itupun merupakan hak Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1

Capricorn (22 Desember – 19 januari) - Ruby Zodiak berlambang kambing ini disebut cocok menggunakan batu Rubi. Nama `Ruby` diambil dari bahasa latin `Ruber` yang berarti `Merah`. Tingkatan warna merah dari batu Ruby merupakan salah satu faktor dominan dalam menentukan harganya. Ruby yang dinilai memiliki warna merah sangat jelas disebut dengan Blood-red. Myanmar adalah negara yang sejak dulu dikenal sebagai sumber utama batu ini. Dipercaya bahwa batu ini menghadirkan spirit keberanian.

Aquarius (20 Januari – 18 Februari) - Amethyst Bagi si Pembawa Air (lambang Aquarius), batu yang cocok untuk dikenakan adalah Amethyst. Dalam bahasa Indonesia batu itu disebut dengan nama Kecubung. Batu ungu ini merupakan bagian dari keluarga batu Quartz. Beberapa negara di dunia yang terkenal dengan batu Amethyst-nya adalah Srilanka dan Brazil. Menurut legenda terkait hari Valentine, Santo Valentinus yang dihukum karena menikahkan tentara, menggunakan cincin Amethyst di jarinya. Para prajurit yang mengenali Santo Valentinus dari cincin itu kerap meminta Santo itu untuk menikahkan mereka. Diperkirakan bahwa disebutnya manfaat batu kecubung untuk menarik cinta berasal dari legenda Santo Valentinus itu.

Pisces (19 Februari – 20 Maret) - Sapphire Berlambang ikan, Pisces disebut cocok dengan batu Sapphire atau safir. Batu cantik ini umumnya memiliki warna biru yang dalam. Jumlah Sapphire yang cukup banyak bisa ditemukan di Thailand, Srilanka, Tiongkok, Madagaskar, dan beberapa negara lainnya. Dipercaya bahwa Sapphire menciptakan kesetiaan.


2

Aries (21 Maret – 19 April) – Diamond Batu dari si Domba Aries adalah Intan. Diamond adalah batu yang sangat terkenal. Kecantikan batu ini sangat menggoda banyak kaum hawa. Di beberapa negara di benua Afrika, penambangan batu intan ini juga terkait dengan isu politik. Intan yang terkait konflik dan masalah pendanaan organisasi politik tertentu serta kekerasan disebut dengan istilah Blood Diamond. Diamond merupakan perlambang kemurnian dan dipercaya membawa ketulusan.

Taurus (20 April – 20 Mei) – Emerald Batu dari zodiak berlambang kerbau ini adalah Emerald atau Zamrud. Emerald yang merupakan bagian dari keluarga batu Beryl. Warna batu Zamrud ini adalah hijau. Batu ini sudah ditambang oleh bangsa Mesir sejak tahun 1500 SM. Pada abad ke-14, India dan Austria mulai menambang batu ini. Emerald atau Zamrud dapat ditemukan di berbagai negara, seperti Afrika Selatan, Amerika, Australia, Madagaskar, dan lain sebagainya. Batu Emerald dipercaya membawa kebijaksanaan, kemampuan untuk mengolah informasi dengan ketenangan dan berimbang.

Gemini (21 Mei – 20 Juni) – Agate Adalah Gemini yang berlambang sepasang kembar yang disebut cocok dengan batu Agate atau Akik. Agate kerap ditemukan pada pecahan vulkanik. Nama Agate diberikan oleh filsuf Yunani Kuno, Theophrastus. Ia menemukan Agate di sepanjang sungai Achates, Sisilia, Italia. Kini sungai itu lebih dikenal dengan nama Dirillo. Jenis batu Agate ini merupakan bagian dari keluarga batu Quartz. Batu Akik bisa ditemui di daerah Turki dan Iran. Di Indonesia sendiri, batu akik memiliki jenis-jenis yang dinamakan berdasarkan daerah, misalnya Batu Garut, Batu Bacan, Batu Sungai Dareh, dan lain sebagainya. Dipercaya batu ini punya khasiat kesehatan.


3

Cancer (21 Juni – 22 Juli) – Ruby Sama seperti Capricorn, batu dari zodiak cancer adalah Ruby.

Leo (23 Juli – 22 Agustus) – Onyx Zodiak berlambang singa ini cocok dengan batu Onyx. Onyx dan Agate merupakan bagian dari keluarga batu Quartz jenis Chalcedony. Onyx memiliki corak garis pararel. Umumnya batu Onyx memiliki corak garis yang berwarna putih atau hitam. Kata `Onyx` berasal dari bahasa latin yang diserap dari bahasa Yunani yang berarti kuku jari. Dipercaya bahwa Onyx menguatkan intuisi dan membawa proteksi.

Virgo (23 Agustus – 22 September) – Jade

Lambang dari zodiak Virgo adalah seorang perawan. Batu dari zodiak ini adalah Jade yang salah satu jenisnya adalah Giok (Nephrite Jade). Nephrite Jade merupakan batu yang sudah sangat lama digunakan oleh manusia, yakni sejak zaman pra sejarah. Pada kebudayaan Tiongkok, batu Giok digunakan dalam upacara-upacara adat. Selain di Tiongkok, daerah-daerah lain di mana batu giok menjadi bagian budayanya adalah Korea, India, Myanmar, dan meso-Amerika. Giok merupakan lambang keberuntungan dan dipercaya membawa keberuntungan.


4

Libra (23 September – 22 Oktober) – Opal Zodiak yang memiliki lambang timbangan ini cocok dengan batu Opal atau yang dalam sebutan Indonesia dinamakan Kalimaya. Black Opal adalah varian terlangka dari batu Opal yang merupakan batu nasional Australia. Hampir seluruh batu Black Opal yang beredar berasal dari pertambangan Lightning Ridge, New South Wales. Batu berwarna dasar gelap dengan bercak warna-warni ini membuatnya dihargai di kisaran US$ 2.300 (sekitar Rp 27,6 juta) per karat. Komposisi Black Opal ini adalah Silikon, Hidrogen, dan Oksigen. Batu cantik ini dipercaya memperkaya imajinasi.

Scorpio (23 Oktober – 22 November) – Topaz Batu si kalajengking Scorpio adalah Topaz. Topaz hadir dalam berbagai warna, seperti Topaz Oranye, Topaz Biru, Topaz Kuning, dan yang sangat jarang adalah Topaz Pink. Namun Topaz yang benar-benar murni justru adalah Topaz yang bening tanpa warna. Batu Topaz dapat ditemukan di Afganistan, Srilanka, Meksiko, Amerika, dan beberapa negara lain. Dipercaya bahwa batu ini meningkatkan energi dan semangat.

Sagitarius (23 November – 21 Desember) – Turquoise Zodiak dengan lambang pemanah itu cocok dengan batu Turquoise (turkuaz). Batu tersebut memiliki warna biru atau hijau yang cantik. Nama `Turqoise` berasal dari bahasa Prancis yang berarti `Turkish`. Dinamakan seperti itu karena batu ini pertama kali dibawa ke Eropa dari Turki. Batu ini sudah sejak lama digunakan dalam berbagai peradaban untuk mendandani para pembesar. Beberapa peradaban itu adalah peradaban Mesir kuno, peradaban Persia, dan meso-Amerika. Batu ini dipercaya menghilangkan aura negatif dan membawa kebahagiaan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya