Perkenalkan Mangetsu-man, Pahlawan Super Bersenjata Sapu

Ketika aku melihat bulan purnama pertama tahun 2013, aku mendengar suara dari langit yang mengatakan 'Mangetsu-man'".

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 27 Agu 2014, 13:09 WIB
Diterbitkan 27 Agu 2014, 13:09 WIB
Perkenalkan Mangetsu-man, Pahlawan Super Bersenjata Sapu
Mangetsu-man. (Reuters)

Liputan6.com, Tokyo - Superhero hadir untuk memerangi kejahatan. Namun, pahlawan super dari Jepang memilih musuh berbeda: sampah. Senjata andalannya adalah sapu, pengki, dan pasukan relawan yang bergabung dengan misinya.

Dia menyebut dirinya Mangetsu-man, yang berarti Mr Full Moon dalam bahasa Inggris. Dalam Bahasa Indonesia bisa diterjemahkan menjadi 'Tuan Purnama'.

Seperti diberitakan NDTV yang dikutip Rabu (27/8/2014), dia pertama kali muncul di jalan-jalan Tokyo tahun lalu. Tanpa publisitas atau gembar-gembor, sosoknya yang unik menarik perhatian publik. Mangetsu-man rajin bersih-bersih di sekitar kawasan bisnis Nihonbashi, Tokyo.

Superhero ini berkostum celana ketat berwarna ungu dan berjubah merah-ungu. Sebagai ciri khasnya, Mangetsu-man mengenakan topeng besar berbentuk bulat dengan warna kuning -- meniru bentuk bulan purnama.

Meski belum lama muncul, Mangetsu-man dengan cepat menjadi selebriti lokal di dekat jembatan yang sering didatanginya untuk bersih-bersih.

Sejauh ini, belum ada yang mengerahui identitasnya. Mangetsu-man merahasiakannya dari publik, ia bahkan menolak berbicara di depan kamera karena khawatir seseorang mengenali suaranya.

Namun ia tak menolak berinteraksi dengan publik. Mangetsu-man berbicara melalui ponselnya, menjawab pertanyaan yang jawabannya sudah direkam dengan suara yang disamarkan menggunakan aplikasi.

Saat ditanyakan tentang misinya, Mangetsu-man pun dengan semangat membeberkannya.
 
"Bersih-bersih tidak hanya tentang membuat sesuatu yang kotor menjadi bersih. Tapi untuk selalu menjadi bersih. Tentang bagaimana cara menjaga hati seseorang bersih. Jika lebih banyak orang di seluruh dunia melakukannya, aku percaya makin sedikit berita negatif. Aku ingin membersihkan semua hal negatif di dunia, melalui kekuatan pembersihan," kata pahlawan super bertopeng itu kepada Reuters.

Namun, Mangetsu-man mengakui kekuatannya terbatas. Tak seperti superhero lain yang memiliki kekuatan atau senjata pamungkas.

"Aku melakukan ini secara pribadi, bukan sebagai bagian dari kelompok yang lebih besar. Ketika aku melihat bulan purnama pertama tahun 2013, aku mendengar suara ini dari langit yang mengatakan 'Mangetsu-man', dan sejak saat itulah aku mengemban tugas membawa perdamaian ke dunia," tutur dia.

"Tidak seperti pahlawan lain, aku tidak memiliki kekuatan khusus atau senjata. Yang aku miliki adalah sapu dan pengki. Tapi aku ingin membuktikan bahwa aku dapat membantu membawa perdamaian melalui kekuatan pembersihan," urai dia.

Unik

Sosoknya yang unik, tak jarang membuat para pejalan kaki mendekat untuk sekedar melihat atau berfoto bersama dengannya.

"Awalnya aku bertanya-tanya apa yang sedang dilakukannya, tapi sekarang aku senang bisa bertemu dengannya. Dia lebih besar dari yang aku kira," kata wanita berusia 40 tahun bernama Masako Hoshi.

Berkat kegigihannya membersihkan jalan secara teratur, Mangetsu-man kini tak lagi sendirian bekerja . Kerumunan relawan juga secara teratur muncul untuk membantunya bersih-bersih. Anak-anak hingga orang dewasa.

"Saya melakukan ini untuk membantu Mangetsu-man," kata bocah 5 tahun bernama Fuka Iwasaki sambil menyapu di sekitar sang pahlawan idolanya.

"Ketika aku ada waktu luang, aku datang ke sini dan membantunya bersih-bersih. Itu alasanku mampir hari ini," jelas relawan Mangetsu-man lainnya, Miyu Sakurai.

Meski mendapat banyak pasukannya bantuan, Mangetsu-man tetap belum bisa mengalahkan musuhnya sepeti pahlawan super lain. Sampah-sampah itu belum bisa ditaklukan olehnya. Ia dan sapunya berjanji akan terus menjaga jalan-jalan Tokyo tetap bersih. (Ein)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya