Capres AS Partai Republik: Piramid Mesir Itu Lumbung Padi

Ia percaya piramida warisan budaya Mesir Kuno itu bukan makam Firaun.

oleh Arie Mega Prastiwi diperbarui 06 Nov 2015, 16:11 WIB
Diterbitkan 06 Nov 2015, 16:11 WIB
Capres AS Partai Republik Ben Carson: Piramida Itu Lumbung Padi
Capres AS Partai Republik Ben Carson: Piramida Itu Lumbung Padi (Reuters)

Liputan6.com, Washington DC - Salah satu kandidat calon Presiden Amerika Serikat Ben Carson pernah membuat pernyataan yang mengejutkan para ilmuwan. Kendati demikian, hingga kini mantan dokter bedah anak itu masih mempercayainya.

Capres yang kini berada di peringkat nomor satu mengalahkan Donald Trump itu mengatakan ia percaya bahwa piramida adalah lumbung padi yang dibangun oleh tokoh dalam Injil yakni Joseph atau Yusuf, bukan makam Firaun seperti yang telah dibuktikan oleh para arkeolog.

Pernyataan itu pernah ia lontarkan pada 1998 di Universitas Andrew, sebuah sekolah yang berafiliasi dengan Gereja Advent, tempat Carson menjadi salah satu jemaah. Ucapannya itu terekam dalam sebuah video yang diunggah pada Rabu, 4 November 2015.

"Teori pribadiku mengatakan bahwa Yusuf-lah yang membuat piramida sebagai lumbung pangan, padi, dan biji-bijian," kata Carson dalam rekaman itu kepada seluruh wisudawan, seperti dilansir The Guardian, Kamis, 5 November 2015.

"Sekarang seluruh arkeolog berpikir bahwa piramida adalah makam Firaun. Jadi, akan sangat baik kalau kalian untuk berhenti mempercayai itu," katanya.

"Dan aku pikir ia (piramida) tidak dapat menghilang karena menyimpan banyak biji-bijian," katanya.

Ditanya oleh media pada Rabu 4 November apakah ia masih mempercayai teori itu, Ben Carson, menjawab, "Iya. Itu masih kepercayaanku."

Dalam rekaman tersebut, Carson mengatakan bahwa bentuk piramida dengan banyak kamar dan ruangan tersegel disebabkan banyak alasan.

"Selain dibilang makam Firaun, para ahli percaya bahwa itu buatan alien. Tentu saja tidak ada alien selama Tuhan masih beserta kalian," tutur Carson dalam ceramahnya.

Pesaing berat Carson, Donald Trump yang mengetahui 'keyakinan' itu pernah mengatakan bahwa Carson luar biasa aneh.

"Dia pernah ngomong kepadaku tentang piramida. Dan kupikir yang harus aku perhatikan tentang Ben adalah, dia aneh," kata Trump dalam suatu wawancara dengan MSNBC.

Dalam Perjanjian Lama Kitab Kejadian, Yusuf, salah satu dari 12 anak yang dimiliki Yakub, mengatakan, "Simpan gandum dalam ukuran besar seperti pasir di pantai. Timbun terus hingga kau berhenti menghitungnya,"

Dalam Kitab Kejadian, diceritakan setelah 7 tahun menyimpan, orang Mesir kelaparan selama 7 tahun. Namun, Yusuf bisa memberikan makan dari lumbung simpanannya.

Ben Carson kerap kali berbicara tentang keyakinannya.

"Mereka bilang begini kepadaku, 'Carson, bagaimana kamu yang seorang ahli bedah dan percaya Tuhan ciptakan Bumi, tapi tidak percaya evolusi yang menjadi dasar dari pengetahuan dan sains?'" kata Carson dalam sebuah wawancara Rabu lalu.

"Iya, aku percaya Tuhan ciptakan manusia. Itu saja. Faktanya, semakin kau tahu tentang Tuhan, semakin dalam hubunganmu dengan Tuhan, termasuk tubuh manusia," ujar Carson. (Rie/Yus)**

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya