Ribuan Warga Hongkong Peringati Tragedi Tiananmen

Ribuan warga memperingati tragedi Lapangan Tiananmen dengan doa bersama dan menyalakan lilin di Lapangan Victoria, Hongkong.

oleh Liputan6 diperbarui 05 Jun 2010, 09:26 WIB
Diterbitkan 05 Jun 2010, 09:26 WIB
100605terk1_tianmen.jpg
Liputan6.com, Hongkong: Ribuan warga memperingati tragedi Lapangan Tiananmen dengan doa bersama dan menyalakan lilin di Lapangan Victoria, Hongkong, kemarin malam. Mereka meletakkan karangan bunga untuk mengenang para korban yang tewas dalam insiden 21 tahun silam itu. 
 
Meski kegiatan ini dibebaskan di Hongkong, namun pemerintah Cina melarang semua hal yang berhubungan dengan tragedi berdarah tersebut [baca: Insiden Tiananmen Tetap Dipetieskan].

Pada 21 tahun silam, Cina mengerahkan tank dan pasukan ke Lapangan Tiananmen untuk menumpas demonstrasi mahasiswa dan pekerja yang berlangsung selama beberapa pekan. Mereka menyerukan keterbukaan politik dan memprotes korupsi. Ratusan orang tewas dalam peristiwa berdarah itu. Jumlah korban simpang siur karena pemerintah tidak pernah terbuka dalam kasus ini.(WIL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya