Awas, 5 Makanan Ini Bisa Bikin Anda Terlambat ke Tempat Kerja

Rupanya, bukan hanya kopi saja. Sejumlah makanan lain juga bisa membuat mata Anda sulit dipejamkan. Apa saja?

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 03 Sep 2018, 18:35 WIB
Diterbitkan 03 Sep 2018, 18:35 WIB
Brokoli
Ilustrasi Foto Brokoli (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta - Selama ini, kita hanya mengetahui bahwa kopi adalah jenis minuman yang bisa menghambat waktu tidur Anda jika diminum pada malam hari.

Jangankan satu gelas, satu tegukan kopi yang diminum malam hari bisa membuat Anda terjaga dan sulit tidur sampai subuh. Jika sudah seperti ini maka Anda akan telat bagun dan terlambat untuk berangkat ke tempat kerja.

Rupanya, bukan hanya kopi saja. Sejumlah makanan lain juga bisa membuat mata Anda sulit dipejamkan. Bahkan, beberapa makanan ini begitu dekat dengan Anda.

Seperti dikutip dari laman Huffingtonpost.com, Senin (3/9/2018), berikut 5 makanan yang bisa membuat Anda sulit tidur:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:


1. Dark Chocolate

Cokelat
Ilustrasi cokelat (iStockphoto)

Mengigit sepotong cokelat hitam pada malam hari memang enak rasanya. Namun, makanan yang punya kadar manis ini akan menganggu pola tidur Anda.

Sebab, dalam cokelat yang Anda konsumsi biasanya memiliki kadar kafein sebanyak 25 hingga 38 persen. Kandungan ini cukup membuat beberapa orang terjaga dan sulit tidur.

Lazimnya, semakin gelap cokelat yang Anda konsumsi, biasanya mengandung banyak kafein di dalamnya.

 


2. Daging Panggang

Daging Sapi Mentah
Ilustrasi Foto Daging Sapi (iStockphoto)

Selain meningkatkan kolesterol dan meningkatkan risiko obesitas, makanan berlemak tinggi protein, seperti steak dapat mengganggu ritme sirkadian kita jika dimakan menjelang tidur.

Ritme sirkadian adalah proses biologis yang menunjukkan osilasi endogen dan berulang setiap sekitar 24 jam. Kesulitan tidur dapat dirasa saat mengonsumsi makanan ini.

 


3. Makanan Pedas

Ilustrasi Makanan Pedas, Masakan Pedas, Makanan, Masakan (iStockphoto)
Makanan Pedas yang Dikonsumsi Dalam Batas Wajar Bisa Mendatangkan 8 Kebaikan (Ilustrasi/iStockphoto)

Makanan pedas bisa jadi mimpi buruk bagi Anda. Bukan hanya menganggu saluran pencernaan, makanan pedas juga bisa menurunkan kualitas tidur.

Studi menemukan bahwa makan makanan pedas sebelum tidur dapat meningkatkan suhu tubuh bagian dalam, yang telah dikaitkan dengan kualitas tidur yang buruk.

 


4. Brokoli

Sayuran hijau (iStock)
Ilustrasi brokoli dan sayuran (iStockphoto)

Brokoli adalah sayuran hijau yang punya segudang manfaat dalam tubuh. Tapi sebaiknya Anda jangan memakan brokoli pada waktu yang kurang tepat.

Makan brokoli pada malam hari dapat menganggu waktu tidur Anda. Sebab, beberapa serat pada brokoli mengandung tryptophan atau triptofan -- prekursor dari vitamin B3 yang menginduksi sensasi relaks dan rasa kantuk.

Brokoli memang tak akan membuat Anda tetap terjaga saat malam. Namun, mengonsumsinya bisa bikin tidur Anda kian lelap.


5. Kentang Goreng

Kentang Goreng
Ilustrasi Kentang Goreng (iStockphoto)​

Jika malam hari tiba dan perut lapar saatnya untuk menggoreng kentang. Jika tak cukup waktu dan merasa capek bisa memesan di restoran cepat saji.

Salah satu alasan seseorang memakan kentang di banding nasi karena makanan ini dianggap ringan dan tak terlalu mengenyangkan.

Tetapi, makanan ini dapat bisa membuat Anda terjaga dan sulit untuk memejamkan mata tepat waktu.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya