Mengapa Kelelawar Tak Bisa Disalahkan Jadi Dalang COVID-19? Ini Kata Ahli

Pakar kelelawar telah meluncurkan kampanye, Don't Blame Bats, untuk menghilangkan stigma, ketakutan dan mitos yang tidak berdasar tentang binatang itu yang mengancam konservasi.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 14 Okt 2020, 16:34 WIB
Diterbitkan 14 Okt 2020, 16:34 WIB
Ilustrasi kelelawar.
Ilustrasi kelelawar. Kredit: Stux via Pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Sesekali, Dr Mathieu Bourgarel meminta izin dari tetua desa untuk mengunjungi gua suci. Ia turut serta membawa hadiah untuk menenangkan para roh.

Dengan mengenakan masker, baju khusus, dan tiga lapis sarung tangan, dia turun ke dalam kegelapan, menuruni tangga tali dan masuk melalui ruang gua yang sempit.

Bau kelelawar ada di mana-mana, kotorannya mengendap berlapis-lapis di lantai. Rasanya seperti mengarungi salju segar.

Kadang-kadang, kelelawar terkejut karena tidur, sayapnya bergesekan saat terbang.

Seperti dikutip dari BBC, Rabu (14/10/2020), orang-orang di bagian Zimbabwe ini menyebut kelelawar sebagai "naga bersayap", "tikus terbang", atau sekadar "setan jahat".

Seperti di tempat lain di dunia, mamalia terbang ini banyak disalahpahami. Bagi ahli ekologi satwa liar ini, mereka adalah makhluk yang indah dan luar biasa. "Mereka menakjubkan," kata Dr Mathieu Bourgarel. "Orang-orang takut akan sesuatu yang tidak mereka ketahui."

Sang Pemburu Virus

Dr Bourgarel adalah pemburu virus untuk lembaga penelitian Prancis, Cirad. Bekerja dengan rekan-rekannya di Universitas Zimbabwe, dia pergi ke gua kelelawar untuk mengumpulkan sampel dan kotoran dari kelelawar.

Kembali ke lab, para ilmuwan mengekstrak dan mengurutkan materi genetik virus kelelawar. Mereka telah menemukan Virus Corona yang berbeda, termasuk satu di keluarga yang sama dengan SARS dan SARS-CoV-2.

Penelitian ini adalah bagian dari upaya di seluruh dunia untuk menyelidiki keragaman dan susunan genetik dari virus yang dibawa kelelawar, menyediakan alat untuk bereaksi dengan cepat, jika orang mulai sakit.

"Penduduk lokal sering mengunjungi habitat kelelawar ini, mengumpulkan guano untuk digunakan sebagai pupuk bagi tanaman mereka. Oleh karena itu penting untuk mengetahui patogen yang dibawa oleh kelelawar tersebut, karena dapat ditularkan ke manusia," kata Dr Elizabeth Gori dari Universitas Zimbabwe.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Juga Video Ini:


Kampanye Don't Blame Bats

Ilustrasi kelelawar (iStock)
Ilustrasi kelelawar (iStock)

Pakar kelelawar telah meluncurkan kampanye, Don't Blame Bats, untuk menghilangkan stigma, ketakutan dan mitos yang tidak berdasar tentang kelelawar, yang mengancam konservasi. Mereka mengatakan kelelawar adalah hewan yang paling disalahpahami dan diremehkan di planet ini.

Lama menjadi sasaran penghinaan, penganiayaan, dan prasangka budaya, mereka telah disalahkan atas sejumlah kejahatan yang menimpa manusia. Dan ketakutan dan mitos tentang kelelawar hanya meningkat pada saat pandemi COVID-19.

Asal muasal virus yang menyebabkan malapetaka semacam itu di seluruh dunia sejatinya belum diketahui. Tetapi sebagian besar ilmuwan setuju bahwa virus itu ditularkan ke manusia dari spesies hewan, kemungkinan besar kelelawar.

Kendati demikian, itu tidak berarti kelelawar harus disalahkan; campur tangan manusia yang semakin meningkat terhadap makhluk-makhluk liar inilah yang dianggap para ahli menjadi akar masalah.

Wabah penyakit yang muncul telah dikaitkan dengan kerusakan alam oleh manusia. Ketika hutan atau padang rumput dihancurkan untuk menggembalakan ternak, untuk menanam kedelai atau untuk membangun jalan dan pemukiman, hewan liar dipaksa untuk semakin dekat dengan manusia dan ternak, memberikan kesempatan bagi virus untuk melompat.

"Tidak dapat disangkal bahwa kelelawar, seperti banyak kelompok hewan lainnya, menghadirkan risiko nyata sebagai inang penyakit yang berpotensi berbahaya," kata Ricardo Rocha dari University of Porto, Portugal.

Tetapi dia menunjukkan bahwa ketika Anda mengontrol jumlah spesies kelelawar (1.400 atau lebih), proporsi virus yang menginfeksi manusia mirip dengan kelompok lain, seperti burung, hewan peliharaan, dan hewan pengerat.

Para ilmuwan memperkirakan bahwa tiga dari setiap empat penyakit menular baru atau yang muncul pada manusia berasal dari hewan. Peringatan bahaya datang pada tahun 2002, ketika penyakit misterius, SARS, muncul di China, menewaskan hampir 800 orang di seluruh dunia.

Pada 2017, para peneliti mengidentifikasi koloni kelelawar tapal kuda yang hidup di gua-gua terpencil di provinsi Yunnan yang menyimpan potongan genetik virus SARS manusia. Mereka kemudian memperingatkan bahwa penyakit serupa bisa muncul lagi, dan mereka terbukti benar.

"Namun alih-alih menyalahkan satu spesies atau lainnya, kita perlu menilai kembali hubungan kita dengan alam," kata Dr Rocha. Dia menunjukkan bahwa kelelawar sangat penting untuk ekosistem yang sehat dan kesejahteraan manusia.

Kelelawar Membantu Perangi perubahan Iklim

Kelelawar sejatinya menekan serangga yang berkerumun di atas tanaman. Mereka menyerbuki tanaman di daerah tropis, seperti buah durian. Dan mereka menyebarkan benih pohon yang ditemukan di hutan hujan, membantu memerangi perubahan iklim.

Ini akan menjadi "hasil yang mengerikan" jika kelelawar dimusnahkan, karena penyebaran penyakit dari hewan ke manusia lebih banyak akibat manusia yang merambah wilayah mereka daripada hal sebaliknya, kata Dr David Robertson dari Universitas Glasgow.

Anteseden SARS-CoV-2 kemungkinan telah beredar di kelelawar selama beberapa dekade, katanya, dengan kemampuan untuk menginfeksi spesies hewan lain juga.

Ada laporan terpisah tentang reaksi terkait hubungan COVID-19 terhadap kelelawar, termasuk pembunuhan aktual atau yang disengaja di Peru, India, Australia, China, dan Indonesia.


Tindakan Salah Arah Picu Konsekuensi Serius Spesies Rentan Kelelawar

Ilustrasi Kelelawar. (Liputan6.com/Tanti Yulianingsih)
Ilustrasi Kelelawar. (Liputan6.com/Tanti Yulianingsih)

Para ilmuwan memperingatkan bahwa beberapa tindakan yang salah arah dapat menimbulkan konsekuensi serius bagi spesies kelelawar yang rentan, dan bahkan meningkatkan risiko penyebaran penyakit.

"Kekhawatiran utama adalah bahwa banyak spesies kelelawar terancam punah, jadi bahkan kejadian kecil dari kekerasan yang salah arah dapat menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki dan memiliki efek bencana bagi ekosistem yang diandalkan manusia," kata Douglas MacFarlane dari Universitas Cambridge.

Kelelawar telah hidup berdampingan dengan manusia selama berabad-abad, demi kebaikan bersama.

Di kota university city of Coimbra berada di Portugal, kelelawar telah menempati perpustakaan abad ke-18 selama lebih dari 300 tahun, memakan serangga yang mungkin bisa menghancurkan manuskrip. Kunjungi saat senja dan Anda mungkin melihat mereka melesat keluar dari jendela perpustakaan dan menukik ke bawah di jalan berbatu yang curam.

Ricardo Rocha berkata bahwa kita harus ingat bahwa kelelawar adalah bagian integral dari jaring alami kompleks yang menjaga kesehatan ekosistem. "Jika ada pesan penting yang bisa dibawa pulang dari momen malang dalam sejarah ini, membuat alam sakit, membuat kita sakit," katanya.


Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona COVID-19

Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya