Gaun Pernikahan Sepanjang 7,6 Meter Milik Putri Diana Akan Dipajang untuk Publik

Pada Juli 1981, Putri Diana menarik perhatian dunia dengan mengenakan gaun indah yang memiliki panjang hingga 7,6 meter, terpanjang dalam sejarah kerajaan Inggris.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 28 Apr 2021, 13:04 WIB
Diterbitkan 28 Apr 2021, 13:04 WIB
Gaun pernikahan Putri Diana (AP)
Gaun pernikahan Putri Diana (AP)

Liputan6.com, London - Gaun pengantin Putri Diana akan dipajang di depan umum di Istana Kensington setelah putranya, Pangeran William dan Pangeran Harry, setuju untuk meminjamkan dress fenomenal tersebut. Pada Juli 1981, Putri Diana menarik perhatian dunia dengan mengenakan gaun indah yang memiliki panjang hingga 7,6 meter -- terpanjang dalam sejarah kerajaan Inggris.

Gaun indah itu digunakan Putri Diana saat menikah dengan Pangeran Charles di Katedral St Paul di London, demikian dikutip dari laman CNN, Rabu (28/4/2021).

Publik dapat melihat barang tersebut mulai bulan Juni 2021 di kediaman kerajaan di London barat tempat tinggal Diana.

Gaun itu dirancang oleh David dan Elizabeth Emanuel, menampilkan payet dan renda antik Carrickmacross yang awalnya milik Ratu Mary, nenek buyut Diana.

"Garis lehernya yang terangkat lembut dan lengannya yang besar dipangkas dengan busur dan kerutan taffeta yang dalam, gaya yang dipopulerkan oleh Putri pada awal 1980-an," kata pihak istana (HRP) saat mengumumkan pameran pada Senin (26/4).

Gaun Putri Diana itu, sekarang milik Pangeran William dan Pangeran Harry, yang telah meminjamkannya ke istana untuk dipajang, kata HRP.

Gaun itu akan dipamerkan di Istana Kensington untuk pertama kalinya dalam 25 tahun, HRP menambahkan.

Dinamakan "Royal Style in the Making", acara itu akan mengisahkan hubungan antara desainer dan klien kerajaan mereka.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Berikut Ini:


Harga Gaun

Gaun pernikahan Putri Diana (AP)
Gaun pernikahan Putri Diana (AP)

Gaun yang digunakan oleh Princess of Wales itu terbuat dari sutra taffeta dengan detail renda antik berwarna putih gading yang mewah. Gaun itu juga dihiasi dengan bordir di bagian tangan, disertai manik-manik dan kian menambah kesan glamor dengan 10 ribu mutiara.

Harga gaun itu ditaksir mencapai 9.000 poundsterling atau setara dengan Rp 152,3 juta -- pada tahun 1981.

Namun, ternyata ada rahasia besar di balik gaun mewah Putri Diana. Hal itu diungkap oleh sang perancang gaun yaitu David Emanuel.

Kala itu David mengatakan, ia harus menghentikan pengerjaan sketsa gaun milik Diana dan merobek-robeknya sebelum orang lain melihatnya.

David pun menambahkan, menjaga kerahasiaan gaun tersebut adalah prioritas dari seorang perancang. Jika desain gaun itu tersebar, maka David harus membuat rancangan baru.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya