Meningkatkan Kesehatan Mental, Ini 4 Manfaat Pasangan Tidur di Waktu yang Sama

Studi menemukan bahwa tidur pada waktu yang bersamaan menghasilkan manfaat dalam sebuah hubungan. Ini ulasannya.

oleh Liputan6.com diperbarui 09 Jun 2021, 20:10 WIB
Diterbitkan 09 Jun 2021, 20:10 WIB
Tidur dengan Pasangan
IlMengutip Bright Side, inilah beberapa alasan mengapa Anda dan pasangan harus tidur pada waktu yang bersamaan.ustrasi (yanalya/Freepik)

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa dari kita merupakan manusia nocturnal, sementara lainnya adalah morning person. Tapi terlepas dari perbedaan dalam kebiasaan tidur, pasangan pada umumnya selalu mencoba untuk menyesuaikan, dan terkadang mereka tidak mengerti mengapa harus melakukannya. 

Di situlah peneliti masuk dan membuat pasangan tidur pada waktu yang bersamaan, lalu menemukan bahwa tidur pada waktu yang bersamaan memiliki efek yang lebih baik daripada apa yang mereka (dan pasangan) harapkan.

Mengutip Bright Side, Selasa (8/6/2021), inilah beberapa alasan mengapa Anda dan pasangan harus tidur pada waktu yang bersamaan.


1. Pillow Talk dan Berpelukan Jadi Rutinitas Harian Bikin Akrab

Genggam Tangannya dan Berikan Pelukan Hangat
Ilustrasi Pasangan Credit: unsplash.com/Candice

Setiap pasangan mendambakan pelukan dan obrolan ringan dengan orang yang mereka cintai. Tetapi berapa banyak dari kita yang benar-benar meluangkan waktu untuk ini?

Itu sebabnya tidur bersama pada waktu yang sama akan memungkinkan Anda dan pasangan untuk berpelukan setiap hari, dan bahkan beberapa waktu ekstra untuk membicarakan hari Anda.

Bukan hanya itu, ilmu pengetahuan mengatakan bahwa berpelukan membuat tubuh melepaskan neurotransmitter oksitosin, yang dapat membantu Anda lebih dekat dengan pasangan dan merasa lebih puas dengan sekitar mereka.


2. Membantu Anda Memecahkan Masalah dan Argumen

[Bintang] Si Dia Hobi Banget Marah? 3 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan untuk Mendinginkannya
Berantem itu adalah sebuah persoalan yang biasa dihadapi setiap pasangan. Saat si dia marah, kamu bisa membuatnya tak marah lagi kok. (Ilustrasi: Kelas Cinta)

Terkadang hal-hal kecil bisa berubah menjadi argumen. Jka kita terlalu lama mencoba menyelesaikannya, bisa berbuntut suasana hati yang buruk selama berhari-hari.

Tetapi ketika Anda tidur dengan pasangan pada saat yang sama, Anda akan memiliki kesempatan untuk berbicara tentang argumen dan masalah itu.

Dengan demikian, membantu Anda mendapatkan pagi yang lebih baik dan tidur malam yang nyenyak tanpa pusing.


3. Membantu Anda Sinkronisasi dengan Pasangan

couple-kezo
ilustrasi cara menghadapi pasangan yang belum dewasa/pexels

Tidur di waktu yang sama dengan pasangan akan membantu Anda untuk menyesuaikan diri , menjadi sinkron, dan merasa lebih nyaman satu sama lain hanya dengan berbagi waktu tidur.

Aktivitas ini juga dapat membantu Anda menghindari iritasi yang tidak perlu ketika salah satu dari Anda membangunkan yang lain karena perbedaan waktu tidur Anda, yang dapat menyebabkan bangun dalam suasana hati yang buruk.


4. Meningkatkan Kesehatan Mental Anda

Ilustrasi pasangan
Salah satu kunci kebahagiaan suami dalam rumah tangga adalah Miss V milik istrinya awet muda. Bagaimana cara mewujudkannya?

Kesehatan fisik Anda bukanlah satu-satunya hal yang akan meningkat— kesehatan mental dan emosional Anda juga akan meningkat. Ini dapat mengurangi kecemasan, dan membantu Anda merasa lebih membumi dan rileks.

Akhirnya, akan lebih mudah untuk melakukan percakapan dengan pasangan Anda dengan mudah, dan itu juga akan membantu Anda meningkatkan hari Anda dengan membuat Anda merasa lebih bahagia.

Reporter: Lianna Leticia

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya