Warga Rentan dan Lansia Brasil Suntik Booster Vaksin COVID-19 September 2021

Brasil akan memberikan suntikan ketiga vaksin COVID-19 mulai pertengahan September 2021.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 26 Agu 2021, 10:52 WIB
Diterbitkan 26 Agu 2021, 10:52 WIB
FOTO: Lansia Brasil Jalani Vaksinasi COVID-19 Secara Drive-Thru
Seorang wanita mengamati jarum suntik berisi vaksin COVID-19 Sinovac yang akan disuntikkan kepada lansia selama program vaksinasi prioritas di lokasi drive-thru yang didirikan di tempat parkir stadion sepak bola Pacaembu, Sao Paulo, Brasil, Rabu (3/3/2021). (AP Photo/Andre Penner)

Liputan6.com, Brasilia - Brasil akan memberikan suntikan ketiga vaksin COVID-19 kepada orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah dan warga yang berusia di atas 70 tahun. Rencananya mulai pertengahan September 2021. 

Hal itu diumumkan oleh Kementerian Kesehatan Brasil pada Rabu 25 Agustus.

Vaksin COVID-19 dari AstraZeneca, Johnson & Johnson, atau Pfizer akan digunakan untuk suntikan booster, kata Kementerian Kesehatan Brasil dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Channel News Asia, Kamis (26/8/2021).

Informasi tersebut berbeda dari pernyataan sebelumnya pada Selasa 24 Agustus oleh Menteri Kesehatan Brasil Marcelo Queiroga, yang mengatakan bahwa warga yang rentan dan berusia lebih dari 80 tahun akan menerima suntikan tambahan dari vaksin Pfizer.

Cepatnya penyebaran COVID-19 varian Delta dan penelitian baru yang menunjukkan berkurangnya efektivitas vaksin dari waktu ke waktu, telah menyebabkan banyak negara mengusulkan suntikan tambahan dalam vaksinasi guna memperkuat perlindungan.

Vaksin Coronavac, Sinovac, yang digunakan untuk banyak orang lanjut usia di Brasil karena merupakan vaksin paling awal yang tersedia dalam jumlah besar, tidak termasuk salah satu vaksin yang akan digunakan untuk suntikan booster.

Suntikan booster vaksin COVID-19 akan diberikan kepada warga Brasil yang memiliki sistem kekebalan yang rentan, dan 28 hari setelah menerima dosis kedua vaksin mereka.

Sementara untuk warga Brasil yang berusia 70 tahun ke atas, kementerian kesehatan negara itu menetapkan jangka waktu enam bulan sebelum suntikan booster.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


26,5 Persen Populasi Brasil Sudah Divaksinasi Lengkap

FOTO: Lansia Brasil Jalani Vaksinasi COVID-19 Secara Drive-Thru
Pengemudi berbaris di tempat parkir stadion sepak bola Pacaembu untuk mendapatkan suntikan drive-thru dari vaksin COVID-19 Sinovac selama program vaksinasi prioritas untuk lansia di Sao Paulo, Brasil, Rabu (3/3/2021). (AP Photo/Andre Penner)

Juga mulai bulan depan, jarak antara suntikan pertama dan kedua vaksin COVID-19 Pfizer dan AstraZeneca akan turun menjadi delapan pekan dari 12 pekan untuk semua yang divaksinasi di Brasil.

Brasil telah menghadapi lebih dari 20,6 juta infeksi COVID-19 yang dikonfirmasi dan lebih dari 575.000 kematian akibat virus tersebut.

Menurut data Kementerian Kesehatan Brasil, 123,9 juta orang telah menerima setidaknya satu dosis vaksin COVID-19 di negara itu, atau sekitar 59 persen dari populasi.

Sementara sekitar 55,7 juta orang telah divaksinasi lengkap, atau sekitar 26,5 persen dari populasi Brasil.


Infografis Yuk Kenali Cara Kerja Vaksin COVID-19

Infografis Yuk Kenali Cara Kerja Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Yuk Kenali Cara Kerja Vaksin COVID-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya