Rusia Sebut Rendahnya Vaksinasi Jadi Biang Tingginya Kematian Akibat COVID-19

Vaksinasi COVID-19 di Rusia disebut menjadi penyebab tingginya angka kematian.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 06 Okt 2021, 16:25 WIB
Diterbitkan 06 Okt 2021, 16:25 WIB
Rekor Kematian Akibat Corona di Rusia
Petugas medis mengantar seorang perempuan menuju rumah sakit untuk pasien COVID-19 di pemukiman Kommunarka di luar Moskow, Rabu (30/6/2021). Rusia pada hari Rabu kembali melaporkan rekor kematian harian akibat virus Corona, dengan mencatat 669 kematian dalam 24 jam terakhir. (Dimitar DILKOFF/AFP)

Liputan6.com, Moskow - Rusia melaporkan 895 kematian baru akibat COVID-19 pada Selasa (5/10), yang paling banyak tercatat dalam satu hari sejak pandemi dimulai. Kremlin menyalahkan lambatnya vaksinasi COVID-19 dan virus yang lebih mematikan.

Dikutip dari laman Channel News Asia, Rabu (6/10/2021), kasus meningkat setelah gelombang ketiga selama musim panas dan para pejabat sedang mempertimbangkan untuk mengembalikan pembatasan keamanan, meskipun mereka mengatakan lockdown di Moskow tidak dipertimbangkan.

Gugus tugas Virus Corona COVID-19 melaporkan 25.110 kasus Virus Corona COVID-19 baru dalam 24 jam terakhir. Rekor korban tewas harian adalah yang keenam di Rusia dalam beberapa pekan terakhir.

"Jumlahnya benar-benar sangat buruk, dan ini memang memprihatinkan. Alasan utamanya adalah tingkat vaksinasi yang tidak mencukupi," kata juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov.

"Virusnya semakin ganas ... Sebagai aturan, mereka yang belum divaksinasi sakit parah dan sayangnya meninggal," katanya kepada wartawan melalui panggilan konferensi.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Vaksinasi COVID-19 di Rusia

Rusia Mulai Suntikkan Vaksin Corona Sputnik V di Moskow
Perawat menyuntikkan vaksin corona Sputnik V di tengah pandemi yang sedang berlangsung di sebuah klinik di Moskow, Sabtu (5/12/2020). Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan pihak berwenang memulai vaksinasi massal untuk orang-orang berisiko tinggi tertular Covid-19. (Kirill KUDRYAVTSEV/AFP)

Rusia telah memberikan kedua dosis vaksin virus corona kepada 42,2 juta orang dan perlu menyuntik 35,9 juta lagi untuk mencapai kekebalan kolektif, kata Wakil Perdana Menteri Tatyana Golikova.

Sekitar 7,6 juta orang membutuhkan suntikan booster, katanya dalam pertemuan pemerintah yang disiarkan televisi yang dipimpin oleh Presiden Vladimir Putin.

Rusia, yang memiliki populasi lebih dari 142 juta, telah menyetujui empat vaksin buatan dalam negeri untuk digunakan.

Keragu-raguan terhadap vaksin telah menghambat dorongan inokulasi. Rusia sering mengutip ketakutan umum produk medis baru dan ketidakpercayaan pihak berwenang sebagai alasan mereka menolak vaksinasi.


Infografis Yuk Kenali Cara Kerja Vaksin Covid-19:

Infografis Yuk Kenali Cara Kerja Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Yuk Kenali Cara Kerja Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya