Kabar Terkini Ukraina, Rusia Sita RS Mariupol dan Sandera 400 Orang

Kabar terkini dari invasi Rusia, pasukan Moskow dilaporkan menyita sebuah rumah sakit di Mariupol Ukraina. Ada yang dijadikan perisai manusia.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 17 Mar 2022, 11:31 WIB
Diterbitkan 17 Mar 2022, 11:31 WIB
Serangan Udara Rusia Hancurkan Rumah Sakit Bersalin di Ukraina
Pekerja darurat Ukraina bekerja di rumah sakit bersalin yang rusak akibat serangan udara di Mariupol, Ukraina (9/2/2022). Serangan Rusia telah merusak parah sebuah rumah sakit bersalin di kota pelabuhan Mariupol yang terkepung, kata pejabat Ukraina. (AP Photo/Evgeniy Maloletka)

Liputan6.com, Lviv - Kabar terkini dari invasi Rusia, pasukan Moskow dilaporkan menyita sebuah rumah sakit di Mariupol Ukraina, dan menyandera sekitar 500 orang dalam serangan lain di kota pelabuhan selatan Selasa 15 Maret 2022 malam, kata pemimpin regional Pavlo Kyrylenko.

"Pasukan Rusia membawa 400 orang dari rumah sekitar ke Rumah Sakit Perawatan Intensif Regional, kata Kyrylenko di aplikasi pesan Telegram seperti dikutip dari AP, Kamis (17/3/2022).

"Sekitar 100 dokter dan pasien juga diyakini berada di dalam rombongan itu," katanya.

Pasukan Rusia menggunakan orang-orang di dalam rumah sakit sebagai perisai manusia dan tidak mengizinkan siapa pun untuk pergi, imbuhnya lagi.

"Tidak mungkin meninggalkan rumah sakit, mereka menembak dengan keras," kata Kyrylenko.

Kyrylenko mengatakan bangunan utama rumah sakit di satu kota Ukraina itu telah rusak berat akibat penembakan, tetapi staf medis terus merawat pasien di bangsal darurat yang didirikan di ruang bawah tanah.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Minta Bantuan Dunia

Radar rusak, kendaraan dan peralatan terlihat di fasilitas militer Ukraina di luar Mariupol, Ukraina, Kamis, 24 Februari 2022 akibat serangan Rusia. (Foto AP/Sergei Grits)
Radar rusak, kendaraan dan peralatan terlihat di fasilitas militer Ukraina di luar Mariupol, Ukraina, Kamis, 24 Februari 2022 akibat serangan Rusia. (Foto AP/Sergei Grits)

Pemimpin regional Pavlo Kyrylenko meminta dunia untuk menanggapi "pelanggaran berat terhadap norma dan kebiasaan perang, kejahatan mengerikan terhadap kemanusiaan ini."

Staf Umum Angkatan Darat Ukraina mengatakan pasukan Rusia berusaha memblokir kota dari pinggiran barat dan timur kota. "Ada kerugian yang signifikan," katanya dalam sebuah posting Facebook.


Infografis Syarat Putin Stop Serang Ukraina

Infografis Syarat Putin Stop Serang Ukraina
Infografis Syarat Putin Stop Serang Ukraina (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya