Kisah Pengusaha Kolombia Jual Botol Berisi Udara Seharga Rp 74 Ribu

Pengusaha asal Kolumbia ini sukses menjual botol berisi udara dari kotanya di Medellin

oleh Renta Nirmala Hastutik diperbarui 26 Agu 2022, 19:42 WIB
Diterbitkan 26 Agu 2022, 19:42 WIB
Botol
Sebuah botol kaca yang dilepaskan ke laut pada 1984 oleh siswa sekolah menengah prefektur di kota timur Jepang akhirnya ditemukan (dok. YouTube/ Eddiekash24/Komarudin)

Liputan6.com, Medellin - Juan Carlos Alvarado adalah seorang pengusaha muda dari Kota Medellin, Kolombia, yang mengklaim bahwa dia menghasilkan ratusan dolar per hari dengan menjual sebotol udara dari kota asal kelahirannya.

Aksinya tak ayal memicu reaksi dari masyarakat umum, mereka bersekulasi apa yang spesial dari sebuah udara di mana bukankah sebuah udara di mana pun tempatnya atau mereka berasal bersifat sama.

Medellin merupakan kota terbesar kedua di Kolombia yang dikenal sebagai City of Eternal Spring atau Kota Musim Semi Abadi, karena iklimnya yang menyenangkan sepanjang tahun. Tapi Anda tidak bisa menjual iklim kepada seseorang yang jaraknya ribuan mil, bukan?

Udara adalah masalah lain, dan itu sebenarnya bisa menjadi salah satu model bisnis yang terbukti benar.

Pada belahan dunia lain orang-orang telah menjual kaleng-kaleng udara segar dan botol-botol udara segar kepada orang-orang di negara-negara tercemar seperti China selama bertahun-tahun, dan sebenarnya kisah sukses inilah yang mengilhami Juan Carlos Alvarado, penduduk asli Medellin untuk memulai bisnis penjualan udaranya sendiri.

"Di sini kami menyimpan suasana Medellin yang istimewa layaknya sebuah permata," kata Alvarado seperti dikutip dari Oddity Central, Jumat (26/8/2022).

"Kami tidak mengemas udara murni, tetapi udara kota sebagaimana adanya. Tentu saja, saya memastikan bagaimana kualitasnya," imbuh Alvrado.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Bisnisnya dapat Terbilang Unik

Kawasan Kumuh di Kolombia yang Disulap Jadi Mural Raksasa
Pemandangan dari jauh memperlihatkan kawasan kumuh El Pesebre, pinggiran Medellin, Kolombia, 19 Juni 2017. Seniman Prancis, Tarik Bouanani melukis 230 rumah di kawasan itu sebagai bagian dari proyek seninya membentuk mural raksasa. (JOAQUIN SARMIENTO/AFP)

Pengusaha muda yang juga mencoba menyalurkan bakat dan kemampuan menyanyi ini mengklaim telah menciptakan metode khusus untuk menangkap udara dan mengemasnya dalam botol kaca kecil, yang harus dibersihkan secara menyeluruh untuk memastikan tidak adanya bau apa pun.

"Saya membuat perangkat yang efisien, pengumpul udara, yang membutuhkan waktu antara 15 dan 30 menit untuk menjebak partikel untuk menghasilkan perasaan pegas. Ini 100% alami," kata pengusaha itu, tanpa mengungkapkan metodenya, diduga karena tidak bermerek dagang dan mungkin ada yang mencurinya.

Sehingga dapat dipastikan kualitas udara yang dijualnya merupakan kualitas udara terbaik sehingga kesegaran dan kemurnian udara kota dapat disajikan secara baik dan bagus hingga nantinya jatuh ke tangan konsumen yang tersebat diseluruh dunia.

Carlos dapat menjamin bahwa udara yang dia jual akan disukai oleh pembeli karena akan memancarkan suasana Kota Medellin secara langsung.


Banyak Pembeli yang Berdatangan

WHO: Jutaan Nyawa Dapat Terselamatkan Bila Pemanasan Global Dikendalikan
Ilustrasi udara segar. (dok. Olia Nayda/Unsplash.com)

Juan Carlos Alvarado mengklaim telah menjual 77 botol udara seharga $5 atau sekitar Rp 74 ribu per botol pada hari pertama saja. Terinspirasi oleh kesuksesannya yang tak terduga, dia menggandakan jumlah dagangannya, dan pada hari ketiga, dia diperkirakan telah menjual sekitar 300 botol kepada turis di Parque Lleras, di El Poblado di Medellin.

"Saya ingin maju dengan karir artistik saya dan ini adalah salah satu ide gila yang muncul di benak saya mengingat sulitnya mendapatkan sponsor," kata Alvarado. "Udara botolan bisa membuat Anda tertawa pada awalnya, tetapi ini adalah produk yang sudah jadi."

Produk ini dikemas dengan kemasan yang unik dan kekinian selain itu produk ini juga disponsorkan dan dipasarkan secara online. Carlos memanfaatkan media sosial instagram untuk mempromosikan produknya.

Instagram membuat algoritma sendiri, dengan menggunakan beberapa fitur yang terdapat di dalamnya, ia sukses mempromosikan dan menjual produk.


Kreativitas yang Menjanjikan

Ilustrasi otak, kreatif, ide, gagasan, cerdas
Ilustrasi otak, kreatif, ide, gagasan, cerdas. (Photo by SHVETS production: https://www.pexels.com/photo/box-with-brain-inscription-on-head-of-anonymous-woman-7203727/)

Medellin Air telah mendapatkan banyak perhatian di media sosial serta di televisi nasional di Kolombia, membawa lebih banyak pelanggan untuk Alvarado. Sejak saat itu, dia membuat halaman media sosial untuk produk uniknya guna membantunya menjual lebih banyak lagi.

Meskipun beberapa orang menyebut Alvarado penipu karena menagih uang serius untuk botol kosong. Dia membantah tuduhan itu dengan keras.

"Orang-orang mengkritik saya sebagai penipu, tetapi ini adalah bisnis yang lebih sulit daripada yang terlihat. Tidak pernah mudah untuk mengisi botol dengan udara. Paling cepat 15 menit dan paling lama 30 menit untuk memasukkan udara bersih Medellin ke dalam botol," jelasnya.

Carlos menjelaskan dengan memanfaatkan hal sekitar kita ternyata dapat mengembangkannya menjadi ide kreatif dan membuat suatu bisnis yang menjanjikan. 

Infografis Duel Pasar Smartphone Tiongkok Vs Lokal
Infografis Duel Pasar Smartphone Tiongkok Vs Lokal
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya