Kemlu RI: 1.267 WNI Selamat dari Banjir Bandang di Pakistan

Banjir bandang melanda Pakistan. WNI dipastikan selamat.

oleh Tommy K. Rony diperbarui 30 Agu 2022, 15:40 WIB
Diterbitkan 29 Agu 2022, 06:30 WIB
Hujan Muson, Pakistan Dilanda Banjir
Gadis-gadis menggunakan rakit sementara melintasi jalan yang banjir di daerah perumahan setelah hujan muson lebat di Karachi (26/7/2022). Keadaan darurat cuaca diumumkan di Karachi karena hujan muson yang lebih deras dari biasanya terus melanda kota terbesar di Pakistan, membanjiri rumah-rumah dan membuat jalan-jalan tidak dapat dilalui. (AFP/Rizwan Tabassum)

Liputan6.com, Khyber Pakhtunkhwa - Kementerian Luar Negeri RI (Kemlu RI) memastikan bahwa para WNI dilaporkan selamat dari terjangan banjir bandang di Pakistan. Namun, warga tetap diminta waspada.

Berdasarkan update dari Direktur Perlindungan WNI Judha Nugraha, Minggu (28/6), Pakistan mengalami bencana alam banjir badang di Prov. Balochistan dan Khyber Pakhtunkhwa. National Disaster Management Authority (NDMA) Pakistan mencatat sekitar 1.000 orang tewas. Pemerintah Pakistan telah mengumumkan kondisi darurat di wilayah terdampak.

KBRI Islamabad dan KJRI Karachi telah berkoordinasi dengan otoritas setempat dan berkomunikasi dengan simpul komunitas Indonesia, hingga saat ini tidak terdapat WNI yang menjadi korban bencana banjir tersebut. Jumlah WNI di Pakistan tercatat berjumlah 1.267 di mana mayoritas bertempat tinggal di Karachi, Islamabad Lahore, Karachi, Rawalpindi, Sialkot, Gujrat dan Peshawar.

KBRI dan KJRI juga telah menyampaikan imbauan untuk selalu tanggap dan waspada serta memantau informasi yang disampaikan National Disaster Management Authority (NDMA) dan Pakistan Meteorological Department (PMD), menunda perjalanan ke lokasi rawan bencana dan segera menghubungi otoritas setempat dan Perwakilan RI terdekat jika terjadi situasi darurat.

Warga Pakistan Mencari Pertolongan

Menurut laporan BBC, ratusan orang ada yang terjebak di lembah Manoor yang berlokasi di provinsi Khyber Pakhtunkhwa akibat banjir bandang yang terjadi. Setidaknya 10 jembatan hancur.

Seorang pengungsi mempertanyakan logika pemerintah yang meminta warga untuk memutar saja daripada menunggu perbaikan jembatan.

"Rumah dan anak-anak saya berada di sisi lain sungai. Saya sudah menunggu dua hari berpikir pemerintah akan datang dan memperbaiki jembatan. Tetapi pihak berwenang memberitahu kita agar berjalan memutar sisi lain gunung untuk mencapai rumah kami. Tetapi perjalanan itu mencapai delapan hingga 10 jam. Saya perempuan tua. Bagaimana saya berjalan sejauh ini," ujar seorang korban banjir.

Para pengungsi memberikan pesannya melalui lemparan catatan: "Kami butuh suplai, kami butuh obat, dan tolong bangung kembali jembatannya, kita tak punya apa-apa lagi sekarang."

Jaringan telekomunikai pun tidak berfungsi, sehingga satu-satunya cara korban banjir bandang di Pakistan berkomunikasi memang dengan melempar kertas ke seberang sungai dengan cara membungkusnya dengan plastik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Banjir Pakistan Tewaskan 1.000 Orang

Hujan Deras Picu Banjir Bandang di Pakistan, Ratusan Orang Tewas
Sebuah keluarga pengungsi mengarungi daerah banjir setelah hujan deras, di Jaffarabad, sebuah distrik di provinsi Baluchistan barat daya Pakistan, Rabu (24/8/2022). Hujan deras telah memicu banjir bandang dan mendatangkan malapetaka di banyak tempat. (AP Photo/Zahid Hussain)

Sebelumnya dilaporkan, Perdana Menteri Pakistan mengatakan "besarnya bencana" lebih besar dari yang diperkirakan, setelah mengunjungi daerah-daerah yang dilanda banjir di negara itu.

Shehbaz Sharif berbicara dari provinsi Sindh - yang memiliki hampir delapan kali curah hujan rata-rata Agustus.

Banjir telah menewaskan hampir 1.000 orang di seluruh Pakistan sejak Juni, sementara ribuan orang telah mengungsi - dan jutaan lainnya terkena dampak, demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (28/8/2022).

Melaporkan dari Sindh, BBC menyebut banyaknya orang-orang terlantar di setiap desa.

 

Skala penuh kehancuran di provinsi ini belum sepenuhnya dipahami - tetapi orang-orang menggambarkannya sebagai bencana terburuk yang mereka selamat.

Banjir tidak jarang terjadi di Pakistan, tetapi orang-orang di sini mengatakan hujan ini berbeda - lebih dari apa pun yang pernah terlihat. Seorang pejabat setempat menyebut mereka "banjir proporsi alkitabiah".

Di dekat kota Larkana, ribuan rumah lumpur telah tenggelam di bawah air. Selama bermil-mil yang terlihat hanyalah puncak pohon. Di mana ketinggian air sedikit lebih rendah, atap jerami merayap keluar dari bawah air.

Di satu desa, orang-orang sangat membutuhkan makanan. Di tempat lain, banyak anak telah mengembangkan penyakit yang ditularkan melalui air.

Ketika sebuah truk bergerak menepi, puluhan orang segera berlari ke arahnya. Anak-anak yang membawa anak-anak lain berjalan ke antrian panjang.

Seorang gadis berusia 12 tahun mengatakan dia dan adik perempuannya belum makan selama sehari.

"Tidak ada makanan yang datang ke sini, tetapi saudara perempuan saya sakit, dia muntah," kata gadis itu. "Saya harap mereka dapat membantu."

Keputusasaan itu terbukti di setiap komunitas. Orang-orang berlari menuju jendela mobil untuk meminta bantuan - apa saja.


Butuh Bantuan Dunia

Hujan Deras Picu Banjir Bandang di Pakistan, Ratusan Orang Tewas
Becak mobil melewati jalan yang banjir setelah hujan monsun lebat, di Hyderabad, Pakistan, Rabu (24/8/2022). Hujan deras telah memicu banjir bandang dan mendatangkan malapetaka di sebagian besar Pakistan sejak pertengahan Juni, menyebabkan 903 orang tewas dan sekitar 50.000 orang kehilangan tempat tinggal, kata badan bencana negara itu. (AP Photo/Pervez Masih)

Pakistan meminta bantuan internasional lebih lanjut setelah banjir mendatangkan malapetaka di seluruh negeri.

Negara-negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Uni Emirat Arab, dan lainnya telah berkontribusi pada seruan bencana monsun tetapi lebih banyak dana diperlukan, kata seorang pejabat kementerian dalam negeri kepada BBC.

Lebih dari 1.000 orang telah tewas dan jutaan orang telah mengungsi sejak Juni, kata Salman Sufi, demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (28/8/2022)

Dia mengatakan pemerintah Pakistan melakukan segala daya untuk membantu orang.

Di barat laut negara itu, ribuan orang melarikan diri dari rumah mereka setelah sungai-sungai di provinsi Khyber Pakhtunkhwa meledakkan tepian mereka, menyebabkan banjir bandang yang kuat.

"Rumah yang kami bangun dengan kerja keras bertahun-tahun mulai tenggelam di depan mata kami," kata Junaid Khan, 23 tahun, kepada kantor berita AFP. "Kami duduk di pinggir jalan dan menyaksikan rumah impian kami tenggelam."

Provinsi Sindh di tenggara negara itu juga telah terkena dampak buruk, dengan ribuan orang mengungsi dari rumah mereka.


15 Persen Populasi

Evakuasi Korban Banjir di Pakistan
Petugas penyelamat membantu penduduk desa untuk mengevakuasi mereka dari daerah banjir yang disebabkan hujan lebat, di Lasbella, sebuah distrik di provinsi Baluchistan barat daya Pakistan (26/7/2022). Para pejabat mengatakan, pada hari Rabu, penyelamat yang didukung oleh pasukan menggunakan perahu dan helikopter untuk mengungsi ratusan orang terdampar dari barat daya Pakistan, di mana banjir yang dipicu oleh hujan telah menewaskan 104 orang sejak bulan lalu. (AP Photo/Hamdan Khan)

Berbicara kepada BBC, Sufi mengatakan negara itu sangat membutuhkan lebih banyak dukungan internasional.

"Pakistan telah bergulat dengan masalah ekonomi tetapi sekarang tepat ketika kita akan mengatasinya, bencana monsun melanda," katanya.

Pendanaan dari banyak proyek pembangunan telah dialihkan ke orang-orang yang terkena dampak, tambahnya.

Perdana Menteri Pakistan Shehbaz Sharif mengatakan 33 juta orang telah dilanda banjir - sekitar 15% dari populasi negara itu.

Dia mengatakan kerugian yang disebabkan oleh banjir musim ini sebanding dengan yang terjadi selama banjir 2010-11, yang dikatakan sebagai yang terburuk dalam catatan.

Para pejabat di negara itu menyalahkan perubahan iklim atas kehancuran itu.

Tetapi perencanaan pemerintah daerah yang buruk juga telah dikutip sebagai faktor yang telah memperburuk situasi banjir di masa lalu, dengan bangunan sering didirikan di daerah yang rawan banjir musiman.

Di kota tua Sukkur di provinsi Sindh selatan, tenda-tenda usang berjejer di jalan-jalan, ketika orang-orang mencari perlindungan.

Banyak yang duduk hanya dengan tempat tidur - semua harta benda mereka hilang ke air.

Jalanan kebanjiran, dan sampah plastik telah dimuntahkan dari pipa limbah. Genangan besar air kotor telah terkumpul, memperlambat drainase apa pun.

Warga khawatir genangan air akan membawa penyakit yang ditularkan melalui air. Hujan turun sepanjang minggu di provinsi Sindh dan hanya ada sedikit kelonggaran bagi masyarakat yang berharap untuk kembali ke rumah untuk melihat apa yang bisa diselamatkan.

Infografis Hati-Hati 5 Tanda Daya Tahan Tubuh Menurun Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Hati-Hati 5 Tanda Daya Tahan Tubuh Menurun Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya