1 Ramadhan 2023 di Arab Saudi, Mesir dan Palestina 23 Maret 2023, Ini Harapan Terbaik Raja Salman untuk Muslim Dunia

Arab Saudi, rumah dari tempat suci dalam Islam di Mekkah dan Madinah, telah mengumumkan bahwa bulan puasa Ramadhan 2023 akan dimulai pada hari Kamis.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 22 Mar 2023, 10:05 WIB
Diterbitkan 22 Mar 2023, 10:05 WIB
Ilustrasi Ramadhan
Ilustrasi 1 Ramadhan 2023. 1 Ramadhan 1444 Hijriah di Arab Saudi jatuh pada Kamis 23 Maret 2023. (Sumber: Pixabay.com)

Liputan6.com, Riyadh - Arab Saudi mengumumkan 1 Ramadhan akan dimulai pada 23 Maret 2023.

Arab Saudi, rumah dari tempat suci dalam Islam di Mekkah dan Madinah, telah mengumumkan bahwa bulan puasa Ramadhan akan dimulai pada hari Kamis.

Mahkamah Agung kerajaan memutuskan pada Selasa 21 Maret 2023 malam bahwa bulan kalender Islam Shaban, yang mendahului Ramadhan, akan berakhir pada Rabu 22 Maret. Itu berarti Ramadhan akan dimulai pada hari berikutnya, lapor kantor berita resmi Saudi Press Agency.

"Pihak berwenang pada Selasa meminta warga untuk mencoba melihat bulan sabit (hilal) yang menandai dimulainya Ramadhan, tetapi tidak terlihat," kata media pemerintah.

Negara-negara mayoritas Sunni lainnya termasuk Mesir dan Qatar juga mengumumkan bahwa puasa Ramadhan akan dimulai pada hari Kamis, begitu pula para pejabat di wilayah Palestina.

Sementara itu, pihak berwenang di Yordania, Aljazair dan Maroko mengatakan keputusan akan diambil pada hari Rabu, apakah Ramadhan 2023 akan dimulai pada Kamis 23 Maret atau Jumat 24 Maret.

Puasa di bulan Ramadhan adalah salah satu dari lima rukun Islam.

Muslim yang taat menahan diri dari makan dan minum dari fajar hingga senja, dan secara tradisional berkumpul dengan keluarga dan teman untuk berbuka puasa di malam hari.

Puasa dipatuhi secara ketat di Arab Saudi, dengan restoran tutup hingga waktu berbuka puasa. Aturan itu juga meliputi waktu sholat, di mana umat beriman berkumpul dalam jumlah besar di masjid, terutama di malam hari.

Tanggal awal atau 1 Ramadhan, bulan paling suci umat Islam, ditentukan oleh perhitungan bulan dan penampakan fisik untuk menentukan awal bulan baru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Doa Terbaik Raja Salman untuk Ramadhan ke Warga Saudi dan Semua Muslim

Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud
Ilustrasi Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud mengucapkan selamat Ramadhan 2023. 1 Ramadhan di Arab Saudi jatuh pada Kamis 23 Maret 2023. (Saudi Press Agency, via AP)

Melansir Arab News, Raja Salman dari Arab Saudi pada Selasa 21 Maret menyampaikan harapan terbaiknya untuk Ramadhan kepada warga Kerajaan dan Muslim di mana pun, mengungkapkan harapannya bahwa bulan suci akan membawa harapan dan perdamaian bagi umat Islam dan seluruh dunia.

Dia menginstruksikan pihak berwenang yang terlibat dalam menyediakan layanan bagi para pengunjung Dua Masjid Suci untuk terus bekerja dengan tingkat efisiensi dan keunggulan tertinggi untuk memastikan para jemaah dapat melakukan ritual mereka dengan mudah dan tenang, demikian lapor Saudi Press Agency.

Raja Salman berbicara saat dia memimpin sidang kabinet mingguan di Istana Irqah di Riyadh, setelah Mahkamah Agung mengumumkan bahwa Ramadan akan dimulai pada Kamis.

 


Akun Twitter The Holy Mosque Beritakan 1 Ramadhan 2023 di Arab Saudi

Ilustrasi Ramadhan
Ilustrasi Ramadhan (Sumber: Pixabay.com)

Mengutip Morocco News, disebutkan bahwa akun Twitter The Holy Mosques juga mengonfirmasi berita 1 Ramadhan di Arab Saudi, dengan mengatakan: "Bulan Sabit untuk bulan # Ramadhan1444 TIDAK Terlihat di Arab Saudi hari ini. Selanjutnya, Kamis 23 Maret 2023 akan menjadi hari pertama Ramadhan 1444."

Banyak negara lain telah mengumumkan hari Kamis sebagai hari pertama Ramadan.

Umat Islam melakukan berbagai aktivitas selama bulan suci, termasuk aktivitas spiritual.

Sepanjang bulan, umat Islam berduyun-duyun ke masjid pada malam hari untuk melakukan isya (malam) serta shalat tarawih.

Tarawih adalah sholat malam khusus yang dilakukan jamaah masjid secara eksklusif selama Ramadhan.

Selain sholat, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak kegiatan amal untuk membantu orang yang membutuhkan.

Ramadhan, salah satu rukun Islam, adalah bulan kesembilan dalam kalender Islam. Selama sebulan umat Islam berpuasa dari fajar hingga matahari terbenam, menahan diri dari minum, makan, dan merokok.

 


Ramadhan Salah Satu Periode Terpenting dalam Islam

Ilustrasi Ramadhan
Ilustrasi Ramadhan 2023. (Sumber: Pexels.com)

Banyak hadis dan ayat Al-Qur'an menyebutkan Ramadhan sebagai salah satu periode terpenting dalam Islam.

"Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu belajar menahan diri," QS al-Baqarah ayat 183.

Banyak Muslim mengunjungi Arab Saudi selama Ramadhan untuk melakukan umrah, ziarah Islam ke Mekkah.

Berbeda dengan haji, umrah dapat dilakukan kapan saja sepanjang tahun. Banyak yang memilih untuk melakukan ritual umrah selama Ramadhan.

Laporan menunjukkan bahwa empat juta orang telah melakukan umrah dalam 20 hari pertama Ramadan tahun lalu.

Infografis Jadwal Imsakiyah 1444 H Ramadhan 2023 untuk DKI Jakarta
Infografis Jadwal Imsakiyah 1444 H Ramadhan 2023 untuk DKI Jakarta (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya