Apakah Catnip Bisa Membuat Kucing Mabuk? Ini Penjelasannya

Ketika kucing mengkonsumsi catnip, mereka terlihat bahagia namun apa penyebabnya? Yuk simak penjelasannya.

oleh Linda Sapira diperbarui 08 Apr 2023, 21:00 WIB
Diterbitkan 08 Apr 2023, 21:00 WIB
Catnip, Tanaman Rahasia yang Bikin Kucing Bahagia
Ketahui lebih jauh tentang tanaman ini yuk!

Liputan6.com, Jakarta - Coba berikan sedikit tanaman catnip kepada kucing, mereka akan merespons dengan sangat dramatis, dan terlihat bodoh. Reaksinya mulai dari berguling-guling, melesat dengan liar, ngiler, bahkan menggosokkan wajah serta tubuh hingga mendengkur dan berbaring ke catnip tersebut.  

Konsumsi catnip pada kucing akan menimbulkan perasaan senang, sama seperti seseorang yang terlalu banyak minum alkohol atau perasaan senang yang ditimbulkan dari pengaruh narkoba. 

Tetapi, apakah catnip membuat kucing nge-fly alias mabuk?

Mengutip dari livescience, Sabtu (8/4/2023), catnip atau sering disebut "Nepeta Cataria", berasal dari keluarga yang sama dengan tumbuhan mint Lamiaceae, seperti herba aromatik rosemary, sage, oregano, dan basil. 

Senyawa yang memainkan peran terbesar yang disebut efek catnip pada kucing domestik, diproduksi dari kelenjar khusus di daun dan bunga catnip yang disebut nepetalactone, kata Jim Simon, seorang profesor biologi tumbuhan dan salah satu direktur Center for Sensory, Sains dan Inovasi di Rutgers University di New Brunswick, New Jersey.  

"Ketika Anda membeli catmint (tanaman penarik perhatian kucing lain dalam keluarga Lamiaceae), atau catnip dari pembibitan, mereka biasanya hibrida yang dijual untuk tujuan tanaman hias, mereka biasanya tidak menarik kucing karena memiliki sedikit nepetalactone," kata Simon kepada live science.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Senyawa Lain Dalam Catnip yang Mirip Dengan Nepetalactone

Ilustrasi Catnip
Ilustrasi catnip. (dok. Pixabay.com/rebeck96)

Ada senyawa lain dalam catnip yang mirip dengan nepetalactone dalam struktur molekulnya, dan beberapa bahkan dapat merangsang responsnya sendiri, tetapi nepetalactone adalah kelompok terkuat, kata Simon. 

Kucing tertarik pada bau nepetalactone, yang berikatan dengan reseptor di hidungnya dan sering menghasilkan perilaku yang tampak euforia.

Senyawa lain dalam catnip memengaruhi neurotransmitter, "Mengakibatkan penghambatan aktivitas sistem saraf pusat," kata Dr. Bruce Kornreich, direktur asosiasi untuk pendidikan dan penjangkauan dengan Feline Health Center di Cornell University College of Veterinary Medicine di Ithaca, New York.

Secara sepintas, respons kucing terhadap catnip mirip dengan respons obat narkotik pada manusia. "Mereka menjadi suka bermain dan gelisah, mereka bersemangat, dan kemudian tertidur. Tetapi tidak ada informasi yang menunjukkan bahwa catnip bekerja dengan cara yang sama seperti kanabis medis, mariyuana, atau kokain," kata Simon. 


Catnip Membuat Mati Rasa Dengan Nyaman

Catnip, Tanaman Rahasia yang Bikin Kucing Bahagia
Ketahui lebih jauh tentang tanaman ini yuk!

Pada manusia, konsumsi alkohol, mariyuana, heroin, atau kokain merangsang sel-sel otak untuk melepaskan dopamin yang mengubah suasana hati. 

Tetapi sementara kucing mungkin tampak menikmati diri mereka sendiri ketika mereka berguling-guling di catnip, para ilmuwan tidak dapat mengatakan dengan pasti apa yang terjadi di otak kucing dan bagaimana pengaruhnya terhadap tanaman tersebut, Kornreich mengatakan kepada live science. 

Namun, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ketika kucing diberi senyawa seperti nalokson yang memblokir reseptor opioid di sistem saraf pusat, efek catnip diminimalkan atau bahkan dihilangkan, dan ini menunjukkan bahwa reseptor opioid mungkin terlibat.

"Seseorang yang menggunakan opioid dan memiliki efek euforia darinya, yang dapat diblokir oleh nalokson. Jika kucing memiliki perilaku yang dapat diblokir oleh nalokson, mungkinkah salah satu dari perilaku tersebut, dalam persepsi kucing menjadi euforia?. Mungkinkah, tapi kami tidak tahu pasti," kata Kornreich.


Tidak Semua Kucing Merespons Catnip Dengan Kuat

Catnip, Tanaman Rahasia yang Bikin Kucing Bahagia
Ketahui lebih jauh tentang tanaman ini yuk!

Tidak semua kucing merespons catnip dengan kuat. Tetapi jauh lebih banyak kucing yang rentan, dapat merasakan catnip ini. 

"Dulu diyakini bahwa sekitar dua pertiga kucing dewasa merespons untuk menggosok pipi, berguling-guling di tanah, bahkan bersuara," kata Kornreich kepada live science. 

Tetapi sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2017 di jurnal Behavioral Processes menunjukkan bahwa beberapa kucing mungkin menunjukkan respons yang kurang aktif terhadap tanaman tersebut.

"Mereka menganggap apa yang disebut semacam posisi sphinx, dan mereka bersuara lebih sedikit," kata Kornreich. 

"Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase kucing yang jauh lebih tinggi - jika tidak semua kucing - entah bagaimana terpengaruh oleh catnip," tuturnya kembali. 

Bahkan sepupu liar kucing domestik tidak kebal terhadap efek catnip. Pemburu telah menggunakan catnip untuk menjebak puma dan singa gunung, menggantung tanaman kering untuk memikat kucing besar dengan aromanya yang menggoda, kata Simon.

Studi juga menunjukkan bahwa singa, macan tutul, dan jaguar merespons senyawa yang ditemukan di catnip, meskipun harimau tampaknya tidak terpengaruh, menurut Kornreich.

Infografis Jadwal Imsakiyah 1444 H Ramadhan 2023 untuk DKI Jakarta
Infografis Jadwal Imsakiyah 1444 H Ramadhan 2023 untuk DKI Jakarta (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya