Raja Charles III dan Ratu Camilla Muncul di Balkon Melambaikan Tangan Sapa Rakyat Inggris

Raja Charles III dan Ratu Camilla muncul di balkon dan menyapa rakyat Inggris sambil melambaikan tangan. Sebuah tradisi yang sangat kental di Kerajaan Inggris dan dilakukan saat pemimpin barunya diangkat.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 06 Mei 2023, 20:35 WIB
Diterbitkan 06 Mei 2023, 20:32 WIB
Raja Charles III muncul di balkon didampingi oleh Ratu Camilla. Tak hanya itu, hadir pula Pangeran William dan Kate Middleton dalam momen itu.
Raja Charles III muncul di balkon didampingi oleh Ratu Camilla. Tak hanya itu, hadir pula Pangeran William dan Kate Middleton dalam momen itu.

Liputan6.com, London - Raja Charles III dan Ratu Camilla muncul di balkon dan menyapa rakyat Inggris sambil melambaikan tangan. Sebuah tradisi yang sangat kental di Kerajaan Inggris dan dilakukan saat pemimpin barunya diangkat.

Raja Charles III muncul di balkon didampingi oleh Ratu Camilla. Tak hanya itu, hadir pula Pangeran William dan Kate Middleton dalam momen itu.

Tepuk tangan dan sorak meriah dari rakyat menyambut kehadiran raja baru.

Raja Charles III dilantik menjadi raja setelah melakukan serangkaian prosesi.

Pada prosesi penobatan, Uskup Agung Canterbury mengurapi tangan, dada, dan kepala Raja Charles dengan minyak suci yang dibuat dengan resep rahasia, tetapi diketahui mengandung ambergris, bunga jeruk, mawar, melati, dan kayu manis.

Minyak yang dibuat untuk Charles tidak mengandung bahan apa pun yang berasal dari hewan.

Penobatan ini akan menjadi sebuah peristiwa penting, tak hanya bagi Kerajaan Inggris Raya, tetapi juga masyarakat dan pengamat dari seluruh dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Fakta Seputar Mahkota St Edward

St Edward adalah mahkota yang secara historis digunakan pada saat penobatan pemimpin Kerajaan Inggris
St Edward adalah mahkota yang secara historis digunakan pada saat penobatan pemimpin Kerajaan Inggris. (Dok. royal.co.uk)

Mahkota St Edward adalah yang paling penting dan paling sakral dari seluruh mahkota di Kerajaan Inggris. Mahkota ini hanya digunakan pada saat penobatan.

Berikut sejumlah fakta seputar Mahkota St Edward:

  • St Edward memiliki rangka emas padat seberat 2,23 kg dan dihiasi dengan batu semi mulia.
  • Mahkota St Edward dibuat untuk penobatan Charles II dalam rangka menggantikan mahkota abad pertengahan yang dilebur oleh anggota parlemen pada tahun 1649, setelah eksekusi Raja Charles I.
  • Mahkota ini terakhir kali digunakan untuk memahkotai Ratu Elizabeth II.
  • St Edward diambil dari nama salah satu Raja Inggris Anglo-Saxon terakhir, Edward the Confessor atau Edward Sang Pengaku. Pada 5 Januari 1161, Edward dikanonisasi dan dianggap sebagai santo oleh Gereja Katolik Roma.

Mahkota St Edward kini telah kembali dipajang untuk umum di Menara London setelah pekerjaan modifikasinya selesai. 


Fakta Seputar Mahkota Imperial State

Mahkota Imperial State adalah mahkota yang dikenakan raja Inggris saat meninggalkan Westminster Abbey pasca upacara penobatan.
Mahkota Imperial State adalah mahkota yang dikenakan raja Inggris saat meninggalkan Westminster Abbey pasca upacara penobatan. (Dok. Adam Hinton/Royal Collection Trust/hrp.org.uk)

Mahkota Imperial State adalah mahkota yang dikenakan raja saat meninggalkan Westminster Abbey pasca upacara penobatan. Mahkota ini juga digunakan pada acara kenegaraan lainnya, termasuk dalam acara tahunan Pembukaan Parlemen.

Berikut sejumlah fakta seputar Mahkota Imperial State:

  • Terbuat dari emas dan bertatahkan 2.868 berlian, 17 safir, 11 zamrud, 269 mutiara, dan 4 rubi.
  • Mahkota terdiri dari beberapa permata paling terkenal dalam koleksi Kerajaan Inggris, termasuk Ruby Pangeran Hitam, Safir Stuart, dan Berlian Cullinan II.
  • Safir St Edward, yang terletak di tengah salib paling atas, disebut telah dipakai sebagai cincin oleh Edward the Confessor dan ditemukan di makamnya pada tahun 1163.
  • Mahkota Imperial State dibuat untuk penobatan Raja George VI pada tahun 1937, menggantikan mahkota yang dibuat untuk Ratu Victoria pada tahun 1838.
Infografis Sederet Simbol Kerajaan Inggris di Penobatan Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Sederet Simbol Kerajaan Inggris di Penobatan Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya