2 Juni 2023: Kecelakaan Kereta Paling Mematikan di India dalam 2 Dekade, 288 Orang Tewas

Operasi pencarian dan penyelamatan yang luas berakhir saat penyelidikan sedang berlangsung terhadap tumpukan kereta tiga kali lipat yang melukai lebih dari 1.100 orang.

oleh Fitria Putri Jalinda diperbarui 02 Jun 2024, 06:00 WIB
Diterbitkan 02 Jun 2024, 06:00 WIB
Ilustrasi rel kereta
Ilustrasi rel kereta. (Image by wirestock on Freepik)

Liputan6.com, New Delhi - 2 Juni 2023 tepat 1 tahun lalu terjadinya kecelakaan kereta api paling parah di India, setidaknya 288 orang tewas dan ratusan orang terluka setelah tiga kereta terlibat dalam kecelakaan kereta api paling mematikan di India dalam dua dekade. Para keluarga pun mencari orang yang mereka cintai dan penyelidikan tentang penyebabnya masih berlangsung.

Kecelakaan tersebut terjadi pada Jumat di distrik Balasore negara bagian Odisha bagian timur dan meninggalkan setidaknya 803 orang terluka, demikian diumumkan oleh South Eastern Railway pada hari Sabtu, 2 Juni 2023, mengutip dari Aljazeera.com, Minggu (2/6/2024). 

Pemerintah Odisha menyatakan bahwa 1.175 orang telah dirawat di berbagai rumah sakit. Sementara 793 orang telah pulang setelah mendapatkan perawatan, 380 orang masih dirawat dan dicatat dalam kondisi stabil, sementara dua orang dalam kondisi kritis.

Lebih dari 24 jam setelah kecelakaan, upaya pencarian dan penyelamatan yang besar diumumkan telah selesai, namun Kementerian Perkeretaapian mengatakan bahwa lebih dari 1.000 personel tetap berada di lokasi untuk mengangkat kereta yang rusak dan membersihkan serta memulihkan jalur sehingga operasi kereta api dapat dilanjutkan.

Sudhanshu Sarangi, direktur jenderal layanan pemadam kebakaran Odisha, mengatakan jumlah korban tewas diperkirakan akan terus meningkat, kemungkinan mendekati 380, menurut kantor berita AFP.

Pradeep Jena, pejabat sipil tertinggi negara bagian tersebut, mengatakan, "Tantangannya sekarang adalah mengidentifikasi jenazah. Di mana pun kerabat dapat memberikan bukti, jenazah diserahkan setelah dilakukan otopsi. Jika tidak teridentifikasi, mungkin kita harus melakukan tes DNA dan protokol lainnya."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kronologi Tabrakan

Kereta Api
Ilustrasi kereta api. (Foto: Dok. PT KAI)

Tabrakan terjadi sekitar pukul 19.00 (13:30 GMT) pada hari Jumat ketika Howrah Superfast Express, yang berjalan dari Bengaluru ke Howrah, Benggala Barat, bertabrakan dengan Coromandel Express, yang berjalan dari Kolkata ke Chennai. Otoritas memberikan laporan yang saling bertentangan tentang kereta mana yang tergelincir terlebih dahulu sehingga terjerat dengan yang lain dan belum membuat pernyataan tentang kemungkinan penyebabnya.

Debabrata Mohanty, seorang editor di Hindustan Times, memberi tahu Al Jazeera bahwa empat gerbong ternak di kereta yang berangkat dari Kolkata keluar jalur beberapa saat sebelum pukul 19.00. "Tidak ada yang tahu bagaimana itu terjadi, tetapi kereta itu sedang berjalan sekitar 100km/jam [62mph]," katanya.Tak lama setelahnya, kereta yang datang dari Bengaluru menabrak dua dari gerbong kereta yang tergelincir.

"Tetapi sebagian besar korban terjadi karena satu kereta khusus ini tergelincir, bukan karena dua kereta bertabrakan," tambah Mohanty.

Salah satu korban selamat menceritakan kisah buruknya ketika ia terjaga ketika gerbong tempat dia tidur terbalik.

"Tidurku terganggu dan 10-15 orang jatuh di atasku," katanya kepada para wartawan, saat dia duduk di tanah gelap, beberapa langkah dari lokasi kecelakaan. "Aku terluka di tangan dan leherku ... Aku melihat seseorang kehilangan tangannya, seseorang kehilangan kakinya ... Aku keluar dari sana dan sejak itu, aku duduk di sini."

 


Ratusan Personel Dikerahkan

Ilustrasi kereta api
Ilustrasi kereta api. (Photo by Andrey Kremkov on Unsplash)

Ratusan personel dari departemen pemadam kebakaran, polisi, dokter, dan anjing pelacak bekerja sepanjang malam, sementara tim National Disaster Response Force dikerahkan ke lokasi serta tentara, helikopter angkatan udara, dan ambulans.

Rekaman video menunjukkan penyelamat memanjat salah satu kereta yang rusak untuk mencari korban selamat, sementara penumpang meminta pertolongan dan menangis di sebelah reruntuhan.

Beberapa ratus kecelakaan terjadi setiap tahun di kereta api India, dengan sebagian besar disalahkan pada kesalahan manusia atau peralatan sinyal yang sudah usang. Lebih dari 12 juta orang naik 14.000 kereta api di seluruh India setiap hari, melakukan perjalanan di jalur sepanjang 64.000km (40.000 mil).

Detail kecelakaan Jumat tidak langsung jelas, begitu pula urutan kejadian.

Sudhanshu Mani, mantan manajer umum Indian Railways, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa investasi telah dilakukan untuk pemeliharaan rel dan langkah-langkah keselamatan lainnya dalam beberapa tahun terakhir.

"Kecelakaan hari ini sangat disayangkan," kata Mani, menambahkan bahwa jumlah korban akan tinggi karena jumlah penumpang di dalam kereta.

“Tetapi jumlah kecelakaan telah menurun dan ada proyek-proyek yang sedang berjalan untuk meningkatkan keselamatan bahkan lebih lagi,” katanya.

 


Kecelakaan Sebelumnya

Ilustrasi tabrakan kereta api (Istimewa)
Ilustrasi tabrakan kereta api (Istimewa)

Bencana terburuk dalam beberapa tahun terakhir termasuk salah satunya pada bulan Oktober 2018, ketika sebuah kereta menabrak kerumunan yang menonton kembang api selama sebuah festival keagamaan di pinggiran Amritsar, sebuah kota di negara bagian Punjab utara, menewaskan setidaknya 60 orang dan melukai puluhan lainnya.

Setidaknya 146 orang tewas pada November 2016, ketika sebuah kereta penumpang yang melakukan perjalanan antara kota-kota Indore dan Patna tergelincir dari rel. Lebih dari 200 orang terluka.

Perdana Menteri India Narendra Modi terbang ke lokasi kecelakaan pada hari Sabtu dan kemudian mengunjungi rumah sakit tempat para korban luka dirawat, mengatakan bahwa "tidak ada yang bertanggung jawab" atas kecelakaan kereta tersebut yang akan lolos dari sanksi.

"Mendapat pemahaman situasi di lokasi tragedi di Odisha. Kata-kata tidak bisa menggambarkan kesedihan mendalam saya," Modi kemudian menulis di Twitter.

Menteri Perkeretaapian Ashwini Vaishnaw, yang juga mengunjungi lokasi kejadian, sebelumnya telah mengumumkan kompensasi sekitar satu juta rupee ($12.000) kepada keluarga korban tewas, $2.400 untuk mereka yang menderita luka "parah", dan $600 untuk orang dengan luka "ringan".

Oposisi mengkritik pemerintah dan menuntut pengunduran diri Vaishnaw.

Infografis Jalur Kereta Api Indonesia
Begini jalur kereta api di seluruh Indonesia (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya