Di Shangri-La Dialogue 2024, Zelenskyy Desak Para Pemimpin Negara Dunia Hadir ke KTT Perdamaian Ukraina

Volodymyr Zelenskyy mendesak para pejabat dari seluruh dunia yang hadir di Shangri-La Dialogue untuk menghadiri KTT Perdamaian Ukraina.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 03 Jun 2024, 15:26 WIB
Diterbitkan 02 Jun 2024, 16:03 WIB
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy pada 2 Juni 2024 mendesak para pejabat dari seluruh dunia yang hadir di Shangri-La Dialogue untuk menghadiri KTT Perdamaian Ukraina (Dok. AP Photo/Vincent Thian)
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy pada 2 Juni 2024 mendesak para pejabat dari seluruh dunia yang hadir di Shangri-La Dialogue untuk menghadiri KTT Perdamaian Ukraina (Dok. AP Photo/Vincent Thian)

Liputan6.com, Singapura - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mendesak para pejabat dari seluruh dunia yang hadir di Shangri-La Dialogue untuk menghadiri KTT Perdamaian Ukraina.

Tujuan dari pertemuan tingkat tinggi tersebut untuk menampung berbagai usulan dan pemikiran dari pemimpin dunia demi mengakhiri perang Ukraina dengan Rusia.

Zelenskyy mengatakan kepada kelompok yang beranggotakan lebih dari 500 delegasi dari sekitar 40 negara di Shangri-La Dialogue bahwa ia kecewa karena beberapa pemimpin dunia belum mengonfirmasi kehadiran mereka di konferensi yang akan berlangsung di Swiss.

Ia tidak menyebutkan nama negara mana pun, tetapi kemungkinan partisipasi China, sekutu terpenting Rusia, telah dilihat sebagai isu utama, dikutip dari AP, Minggu (2/6/2024).

Menteri Pertahanan Tiongkok Dong Jun juga berbicara di konferensi Shangri-La tetapi ia tampaknya tidak berada di ruangan itu ketika Zelenskyy menyampaikan permohonannya.

Zelenskyy mengatakan, Ukraina memiliki usulan untuk disampaikan di pertemuan puncak tersebut sebagai dasar perdamaian, yang membahas keamanan nuklir, keamanan pangan, pembebasan tawanan perang, dan pengembalian anak-anak Ukraina yang diculik oleh Rusia.

"Waktu terus berjalan, dan anak-anak tumbuh di negeri Putin, tempat mereka diajari untuk membenci Tanah Air mereka," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Zelenskyy: Ukraina Siap Mendengarkan Masukan

Volodymyr Zelenskyy Kembali Keliling Garis Depan Pertempuran Ukraina Timur
Volodymyr zelenskyy mengunjungi wilayah Sumy di Ukraina utara, melanjutkan turnya selama beberapa hari terakhir di garis depan pertempuran skala penuh melawan Rusia. (AP Photo/Efrem Lukatsky)

Pada saat yang sama, Zelenskyy mengatakan bahwa Ukraina siap mendengar berbagai usulan dan pemikiran yang membawa negaranya menuju akhir perang dan perdamaian yang berkelanjutan dan adil.

Semakin besar partisipasi, semakin besar kemungkinan Rusia harus mendengarkan, katanya.

"Mayoritas global dapat memastikan dengan keterlibatan mereka bahwa apa yang disepakati benar-benar dilaksanakan," katanya.

 


Zelenskyy Akan Temui PM Singapura

Volodymyr Zelenskyy Temui Joe Biden di Gedung Putih
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berbicara dalam konferensi pers dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden di Ruang Timur Gedung Putih, Washington, Amerika Serikat, 21 Desember 2022. Gedung Putih berkonsultasi dengan Zelenskyy tentang keamanan, termasuk risiko tindakan Rusia saat dia berada sebentar di luar negeri. (AP Photo/Andrew Harnik)

Zelenskyy mengatakan, ia akan bertemu langsung dengan perdana menteri Singapura dan akan mendesaknya untuk berpartisipasi secara langsung dalam pembicaraan di Swiss.

"Hal yang sama berlaku untuk negara-negara di kawasan ini," kata Zelenskyy melalui seorang penerjemah.

"Kami benar-benar mengandalkan Anda untuk mendukung pertemuan puncak ini, dan bahwa Anda akan hadir di Swiss."

Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen tidak mengatakan apakah para pemimpin negaranya akan hadir, tetapi mencatat bahwa Singapura telah mengutuk invasi tersebut dan menyediakan ambulans militer bagi Ukraina.

"Kami mendukung Anda, dan saya pikir kehadiran Anda di Dialog Shangri-La ini adalah lambang dari apa yang kita semua harapkan, tatanan berbasis aturan yang menjamin keamanan dan kelangsungan hidup negara-negara besar dan kecil," katanya.

Infografis Perang Ukraina Vs Rusia Masuki Tahun Ke-3 dan Klaim Tentara Tewas. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Perang Ukraina Vs Rusia Masuki Tahun Ke-3 dan Klaim Tentara Tewas. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya