Joe Biden Tegas Bela Ukraina di KTT NATO, Siap Kirim Lebih Banyak Bantuan Senjata

Presiden AS dan para pemimpin Jerman, Italia, Belanda, dan Rumania menyumbangkan baterai rudal dan sistem lainnya untuk memperkuat pertahanan udara Ukraina.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 10 Jul 2024, 18:31 WIB
Diterbitkan 10 Jul 2024, 18:31 WIB
Joe Biden dan Kamala Harris Resmi Pimpin Amerika Serikat
Presiden Joe Biden berbicara selama Pelantikan di US Capitol di Washington, Rabu (20/1/2021). Joe Biden mengalahkan Donald Trump di pemilu AS 2020 dengan perolehan 81 juta suara. (AP Photo/Patrick Semansky, Pool)

Liputan6.com, Washington D.C - Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyambut para pemimpin NATO di Washington D.C dengan pidato penuh semangat yang tampaknya ditujukan untuk meyakinkan sekutu di luar negeri dan di dalam negeri bahwa ia dapat melawan tantangan pemilu dari Donald Trump.

Dalam pidato singkat namun tegas pada pembukaan pertemuan puncak tersebut, presiden menyatakan aliansi militer NATO "lebih kuat dari sebelumnya" karena menghadapi "momen penting" dengan perang antara Rusia dan Ukraina.

Ia juga memperingatkan bahwa "para otokrat" telah menjungkirbalikkan tatanan global", dan Biden juga mengumumkan lebih banyak bantuan militer untuk Kyiv, dikutip dari BBC, Rabu (10/7).

Presiden AS dan para pemimpin Jerman, Italia, Belanda, dan Rumania menyumbangkan baterai rudal dan sistem lainnya untuk memperkuat pertahanan udara Ukraina.

"Perang akan berakhir dengan Ukraina tetap menjadi negara yang bebas dan merdeka," kata Biden dalam sambutan yang dibacakan dari teleprompter pada Selasa (9/7/2024) sore.

"Rusia tidak akan menang. Ukraina akan menang," kataBiden berbicara selama sekitar 13 menit dengan suara yang jelas, sangat berbeda dari nada bicaranya yang kikuk selama debat presiden bulan lalu dengan Trump.

Sementara itu, anggota Kongres dari Partai Demokrat bertemu secara pribadi untuk memperdebatkan kepemimpinan Biden di partai tersebut dan suasananya "sedih", kata anggota parlemen kepada kantor berita Associated Press.

Kemudian, anggota DPR dari Partai Demokrat ketujuh - Mikie Sherrill dari New Jersey - secara terbuka meminta Biden untuk tidak mencalonkan diri lagi, dengan mengatakan taruhannya "terlalu tinggi".

Menurut laporan, para diplomat yang berkunjung juga menyatakan skeptis tentang masa depan Biden."Kami tidak melihat bagaimana dia bisa kembali setelah debat," kata seorang utusan Eropa yang tidak disebutkan namanya kepada kantor berita Reuters.

"Saya tidak bisa membayangkan dia memimpin AS dan NATO selama empat tahun lagi."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Respons Tim Joe Biden

Joe Biden berbicara dalam saat debat calon presiden (capres) yang disiarkan CNN di Atlanta pada 27 Juni 2024. (Lanzoni/CNN)
Joe Biden berbicara dalam saat debat calon presiden (capres) yang disiarkan CNN di Atlanta pada 27 Juni 2024. (Lanzoni/CNN)

Tim Biden menanggapinya dengan mencoba menunjukkan bahwa pria berusia 81 tahun itu tetap cukup bersemangat untuk menangani tuntutan kepresidenan.

Gedung Putih memuji kepemimpinan Biden atas perluasan NATO sejak Rusia menginvasi Ukraina dua tahun lalu, dengan Finlandia dan Swedia bergabung dengan aliansi tersebut.

Para pemimpin dari 32 negara anggota berkumpul di ibu kota AS untuk menghadiri pertemuan puncak tersebut.Mereka yang bergabung adalah Perdana Menteri Inggris yang baru, Sir Keir Starmer.

Sebelum berangkat ke Washington, ia mengatakan bahwa ia senang untuk "meneguhkan dan menegaskan kembali dukungan kuat Partai Buruh, dukungan yang tak tergoyahkan untuk NATO".

Menurut Starmer, perjalanan NATO adalah tentang berdiri bersama dengan sekutu, membahas secara praktis bagaimana kita memberikan dukungan lebih lanjut kepada Ukraina, dan mengirim pesan yang sangat, sangat jelas kepada Putin bahwa kita akan menentang agresi Rusia di mana pun di dunia", katanya.

Starmer dijadwalkan bertemu dengan Biden pada Rabu (10/7) serta para pemimpin Demokrat dan Republik di Kongres. Acara tersebut sarat dengan sejarah aliansi tersebut.

Acara tersebut diadakan di tempat yang sama di mana perjanjian asli ditandatangani beberapa dekade lalu, yang disinggung oleh Biden dalam pidatonya.


Penghargaan untuk Sekjen NATO

Sekjen NATO Jens Stoltenberg. Ia adalah mantan PM Norwegia.
Sekjen NATO Jens Stoltenberg. Ia adalah mantan PM Norwegia. Dok: NATO

Menjelang akhir pidatonya, Biden memanggil Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg ke atas panggung untuk menganugerahinya Presidential Medal of Freedom, penghargaan sipil tertinggi Amerika Serikat.

Pada Selasa (9/7) malam, Trump (78) mengkritik sekutu NATO selama rapat umum kampanye di klub golfnya di Doral, Florida.

Acara tersebut dihadiri oleh ketiga putranya, termasuk putra bungsunya, Barron, yang menurut ayahnya menghadiri rapat umum Trump pertamanya, dan mendapat lebih banyak tepuk tangan dari hadirin daripada saudara-saudaranya, Eric dan Don.

Trump telah berulang kali mengecam negara-negara anggota NATO karena gagal memenuhi tujuan yang disepakati untuk membelanjakan setidaknya dua persen dari produk domestik bruto untuk pertahanan.

Lebih banyak negara NATO kini memenuhi tolok ukur itu sejak Rusia menginvasi Ukraina.


Beda Sikap dari Donald Trump

FOTO: Donald Trump dan Deretan Presiden AS yang Hanya Menjabat Satu Periode
Presiden Amerika Serikat Donald Trump saat tiba dalam acara National Prayer Breakfast di Washington, 7 Februari 2019. Presiden AS ke-45 yang kontroversial ini menjabat pada 2017 hingga 2020, sebelum akhirnya kini digantikan oleh Joe Biden. (Photo by Brendan Smialowski/AFP)

Trump memberi tahu para pendukungnya bahwa negara-negara ini menyumbang "ratusan miliar dolar" lebih banyak karena ketika ia menjadi presiden, ia telah memperingatkan semua pihak bahwa ia tidak mau melindungi Ukraina dari Rusia.

"Kecuali mereka membayar lebih banyak kepada aliansi tersebut," kata Trump.

Ketika Trump membuat pernyataan serupa pada sebuah rapat umum pada bulan Februari tahun ini, Stoltenberg mengatakan bahwa pembicaraan seperti itu "merusak semua keamanan kita".

Namun, kepala NATO itu tetap bungkam tentang kandidat dari Partai Republik tersebut saat pertemuan puncak dimulai pada Selasa (9/7).

Presiden Ukraina Vlodymyr Zelensky mengatakan pada sebuah acara yang diadakan di tempat lain di Washington DC bahwa seluruh dunia "menunggu November", ketika pemilihan umum AS berlangsung, dan ia mendesak para pemilih AS untuk mendukung Ukraina.

Infografis Perang Ukraina Vs Rusia Masuki Tahun Ke-3 dan Klaim Tentara Tewas. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Perang Ukraina Vs Rusia Masuki Tahun Ke-3 dan Klaim Tentara Tewas. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya