Pria di China Nekat Selundupkan 104 Ular Hidup, Dimasukkan ke Dalam Celana

China adalah salah satu pusat perdagangan hewan terbesar di dunia. Petugas menyita 104 reptil bersisik, termasuk ular susu dan ular jagung, banyak di antaranya merupakan spesies non-native.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 12 Jul 2024, 20:10 WIB
Diterbitkan 12 Jul 2024, 20:10 WIB
Ular - Vania
Ilustrasi Ular/https://unsplash.com/Long Phan

Liputan6.com, Beijing - Seorang pria di China ditangkap usai ketahuan mencoba menyelundupkan lebih dari 100 ular hidup dengan memasukkannya ke dalam celananya. Demikian dilaporkan oleh otoritas bea cukai negara tersebut.

Bea Cukai China menyebut bahwa pelancong yang tidak disebutkan namanya itu dihentikan oleh petugas bea cukai saat ia berusaha menyelinap keluar dari Hong Kong dan masuk ke kota perbatasan Shenzhen.

"Setelah diperiksa, petugas bea cukai menemukan bahwa saku celana yang dikenakan penumpang dikemas dengan enam tas serut kanvas dan disegel dengan selotip," bunyi pernyataan itu, seperti dilansir CNA, Kamis (11/7/2024).

"Setelah dibuka, setiap kantong ditemukan berisi ular hidup dalam berbagai bentuk, ukuran dan warna," tambahnya.

Pernyataan itu mengatakan petugas menyita 104 reptil bersisik, termasuk ular susu dan ular jagung, banyak di antaranya merupakan spesies non-native.

Sebuah video juga menunjukkan dua petugas perbatasan mengintip ke dalam kantong plastik transparan berisi ular merah, merah muda dan putih yang menggeliat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Aturan Perdagangan Gelap

China, Shanghai, COVID-19, Hewan peliharaan, Corona, Virus Corona, Isolasi, Kasus COVID
Ilustrasi Relawan yang secara khusus merawat dan menjawa hewan peliharaan milik majikan yang harus menjalani isolasi atau karantina akibat COVID-19 di Shanghai, China (Foto: AFP/LIU JIN)

China adalah salah satu pusat perdagangan hewan terbesar di dunia, namun pihak berwenang telah menindak perdagangan gelap tersebut dalam beberapa tahun terakhir.

Undang-undang biosekuriti dan pengendalian penyakit di negara ini melarang orang membawa spesies asing tanpa izin.

"Mereka yang melanggar peraturan akan ... dimintai pertanggungjawaban sesuai dengan hukum," kata otoritas bea cukai, tanpa merinci hukuman yang dijatuhkan kepada pria tersebut.


Terkenal dengan Perdagangan dan Konsumsi Hewan

Festival daging anjing di China
Mengonsumsi daging anjing menjadi tradisi yang telah belangsung lama di China. (AFP)

Sementara itu, China dikenal sebagai negara yang memiliki tradisi untuk mengkonsumsi berbagai jenis hewan. Salah satunya adalah daging anjing, yang kerap dijadikan festival tahunan. 

Bahkan di tahun pertama pandemi, Festival Daging Anjing tetap terselenggara di Yulin, terlepas dari imbauan pemerintah untuk membatalkan acara tersebut. Acara tahunan yang berlangsung selama 10 hari ini biasanya menarik ribuan pengunjung.

Selengkapnya di sini...

Infografis 6 Hewan Peliharaan Populer
Infografis 6 Hewan Peliharaan Populer (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya