Laju Ekonomi Melambat, China Batasi Peningkatan Utang Pemerintah Daerah

China untuk pertama kalinya meminta pemerintah daerah untuk mengekang pinjaman yang tidak terkendali karena meningkatnya tingkat utang.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 08 Okt 2024, 02:53 WIB
Diterbitkan 07 Okt 2024, 12:28 WIB
Ilustrasi Bendera China (AFP/STR)
Ilustrasi Bendera China (AFP/STR)

Liputan6.com, Beijing - Laporan dari media CNBC, Indeks Kondisi Bisnis CKGSB, survei bulanan bisnis China, turun ke level 48,6 pada Agustus 2024. Di masa lalu, investor asing telah menarik rekor jumlah uang dari negara tersebut.

Kini, China untuk pertama kalinya meminta pemerintah daerah untuk mengekang pinjaman yang tidak terkendali karena meningkatnya tingkat utang.

Ini dinilai sangat mempengaruhi proyek-proyek pembangunan di negara itu, sementara pada saat yang sama menimbulkan ancaman serius bagi sistem keuangan nasional.

Minggu lalu, menurut South China Morning Post, Kongres Rakyat Nasional Tiongkok diberitahu oleh Menteri Keuangan negara Lan Foan bahwa utang pemerintah menurut undang-undang menumpuk hingga 70,77 triliun yuan, yang mencakup obligasi perbendaharaan senilai 30,03 triliun yuan dan 40,74 triliun yuan dalam utang pemerintah daerah pada akhir 2023.

Menteri Keuangan Tiongkok lebih lanjut mengatakan kepada Kongres Rakyat Nasional bahwa total utang mencapai 56,1% dari PDB nasional, kata harian bahasa Inggris yang berbasis di Hong Kong.

Bahkan ketika dia memproyeksikannya sebagai rasio utang terhadap PDB yang rendah dibandingkan dengan negara maju, dia hanya menyajikan setengah kebenaran tentang ukuran utang negara saat ini.

Misalnya, situasi utang Tiongkok saat ini tidak termasuk kewajiban, "seperti yang tersembunyi dalam kendaraan pembiayaan, perusahaan milik negara atau proyek kemitraan publik-swasta," kata South China Morning Post.

Dikutip dari laman Monitor.co.ug, Senin (7/10/2024) IMF telah menghancurkan fasad yang diciptakan atas situasi utang aktual di China.

Dikatakan bahwa pada tahun 2023, utang perusahaan saja mencapai 123% dari PDB, sementara utang rumah tangga mencapai 61% dari PDB.


Total Utang

Ilustrasi yuan (Photo by Eric Prouzet on Unsplash)
Ilustrasi yuan (Photo by Eric Prouzet on Unsplash)

Lembaga Bretton Woods mengatakan total utang, yang mencakup Kendaraan Pembiayaan Pemerintah Daerah dan dana pemerintah lainnya, mencapai 116 triliun yuan, sekitar USD 16 triliun pada tahun 2023.

Mengutip beberapa ekonom, The Wall Street Journal mengatakan bahwa ukuran utang pemerintah daerah saja bisa berada di suatu tempat antara USD 7 triliun dan USD 11 triliun, sementara perkiraan Goldman Sachs adalah bahwa tumpukan utang pemerintah daerah bisa menjadi USD 13 triliun, yang termasuk kewajiban dari entitas di luar neraca yang dikenal sebagai kendaraan pembiayaan pemerintah daerah (LGFV).

Sebanyak 20 pemerintah tingkat lokal di Tiongkok menghadapi krisis besar karena meningkatnya tingkat utang, yang sangat berdampak pada proyek konstruksi dan layanan lainnya di negara tersebut.

Menurut The Financial Times, di provinsi Yunnan, sebanyak "1.153 proyek infrastruktur yang didanai pemerintah seperti jalan raya dan taman hiburan telah ditangguhkan dan konstruksi baru dihentikan untuk membatasi pengeluaran."

Yunnan adalah provinsi yang paling berhutang di Tiongkok. Pada tahun 2022 saja, utang Yunnan berjumlah 1,2 triliun yuan (USD 169,4 miliar), yang sekitar 500 miliar yuan lebih dari pendapatan yang diperolehnya tahun itu, kata South China Morning Post.

Hal yang paling mengkhawatirkan para ekonom adalah bahwa beberapa pemerintah daerah di China terpaksa mengumpulkan lebih banyak utang untuk melunasi utang lama.


Peningkatan Utang

Tianjin, sebuah kotamadya yang terbebani utang, terletak 100 km dari Beijing, meminjam 14,7 miliar yuan (USD 2,08 miliar) antara Juni 2018 dan Mei 2023 untuk membantu membayar utang lamanya. Ini telah menghasilkan peningkatan sebesar 7,4 miliar yuan dalam utang yang ada di Tianjin.

Semua ini telah berdampak pada kepercayaan publik dan kepercayaan bisnis di Tiongkok. Menurut CNBC, Indeks Kondisi Bisnis CKGSB, survei bulanan bisnis Cina, turun ke level 48,6 pada Agustus 2024. Di masa lalu, investor asing telah menarik rekor jumlah uang dari negara tersebut.

Bahkan FDI telah menurun tajam. FDI masuk di China menurun 28,2% dalam lima bulan pertama tahun 2024 dari periode yang sama tahun lalu menjadi 412,51 miliar yuan (USD 56,8 miliar), kata Bloomberg dalam laporan terbarunya.

Pada tahun 2023, investasi asing masuk di China turun menjadi USD 163 miliar.

"Pertumbuhan FDI menurun dari 4,5% pada tahun 2022 menjadi negatif 13,7% pada tahun 2023," kata Kementerian Perdagangan Tiongkok.

Kepercayaan bisnis Amerika Serikat, Eropa, dan Jepang sudah rendah di negara ini. Menurut AP, banyak bisnis Eropa berpikir bahwa "pengembalian investasi mereka di China tidak sebanding dengan risikonya," karena kesengsaraan ekonomi negara itu dan meningkatnya ketegangan geopolitik.

Seperti rekan-rekan Eropa mereka, pengusaha Amerika juga mengatakan bahwa mereka mengalami kepercayaan bisnis yang rendah di Tiongkok.


Prospek Bisnis di China

Ilustrasi bendera Republik China. (Pixabay)
Ilustrasi bendera Republik China. (Pixabay)

Menurut laporan tahunan yang dirilis pada 12 September, Kamar Dagang Amerika Serikat yang berbasis di Shanghai menyatakan bahwa dari 306 perusahaan anggotanya yang disurvei, hanya 47% responden yang melaporkan optimisme tentang prospek bisnis di China, sementara rekor 25% memotong investasi mereka di negara Asia Timur pada tahun 2023.

Sebelumnya, jajak pendapat bulanan Reuters menunjukkan bahwa kepercayaan bisnis di antara perusahaan besar Jepang merosot ke level terendah tujuh bulan di China.

Reuters Tankan yang melacak dengan cermat survei bisnis triwulanan, menunjukkan bahwa kepercayaan bisnis di antara perusahaan Jepang terhadap Tiongkok berada di plus 4 pada bulan September, turun dari plus 10 Agustus dan terendah sejak minus 1 Februari.

Mengingat perkembangan tersebut, otoritas Tiongkok baru-baru ini mengeluarkan perintah baru yang menyerukan reformasi ekonomi dan mengekang kenaikan utang pemerintah daerah, termasuk yang tersembunyi untuk membuat negara itu menarik lagi bagi investor. Namun, bahkan ketika chip turun, pemerintah daerah provinsi China tampaknya kurang tulus terhadap kebijakan manajemen utang.

Infografis Amerika Serikat dan China Terancam Perang Dingin? (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Amerika Serikat dan China Terancam Perang Dingin? (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya