Mau Permak Wajah, Harus Ada Sertifikatnya Ya!

Operasi plastik semakin populer. Tapi, kondisi tersebut membuat pejabat imigrasi kebingungan setelah melihat foto paspor.

oleh Melly Febrida diperbarui 26 Apr 2014, 13:02 WIB
Diterbitkan 26 Apr 2014, 13:02 WIB
Permak Wajah di Korsel Perlu Ada Sertifikatnya
Operasi plastik semakin populer. Tapi, kondisi tersebut membuat pejabat imigrasi kebingungan setelah melihat foto paspor.

Liputan6.com, Jakarta Operasi plastik semakin populer. Tapi, kondisi tersebut membuat pejabat imigrasi kebingungan setelah melihat foto paspor. Tampaknya perubahan tersebut sangat ekstrem sehingga pasien tak mirip dengan foto paspornya.

Korea Selatan menjadi negara yang kerap didatangi pasien-pasien dari sejumlah negara termasuk China dan Jepang. Tapi, masalah muncul ketika wisatawan mencoba pulang ke rumah. Para wisatawan ini wajahnya berbeda dengan foto di paspor.

Ini pernah dialami 23 wanita yang melewati Bandara Hongqiao yang berusia antara 36 dan 54 dan berasal dari provinsi Jiangsu selatan pada 2009. Mereka membuat petugas imigrasi harus bekerja hati-hati setelah melakukan sejumlah operasi seperti membesarkan mata, hidung mancung, dan dagu yang lancip, di Korea Selatan.

"Setelah mereka melepas topi dan kacamata hitam besar mereka mengikuti permintaan kami, kami melihatnya berbeda, dengan perban dan jahitan di sana sini," kata petugas bandara, Chen Tao, seperti dilansir ChinaDaily, Sabtu (26/4/2014).

"Kami harus membandingkan bagian yang mereka koreksi dengan foto mereka secara hati-hati dengan mata dan mesin kami," katanya lagi.

Biasanya petugas membutuhkan waktu 45 detik untuk memeriksa penumpang, tapi pada Minggu bisa memakan waktu bermenit-menit untuk setiap orang.

"Mereka mengatakan kepada tugas bahwa mereka adalah teman dan telah pergi ke Korea Selatan untuk menjalani operasi plastik," katanya.

Kotaku melaporkan, masalah ini sekarang begitu umum. Untuk itu beberapa rumah sakit di Korea Selatan mulai menyediakan sertifikat operasi plastik sehingga pasien bisa membuktikan dirinya.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya