Rahasia Awet Muda ala China Kuno

Para ilmuwan di China Medical University Hospital di Taiwan mendapatkan fakta bahwa olahraga asal negeri Tiongkok ini buat awet muda.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 15 Jul 2014, 07:00 WIB
Diterbitkan 15 Jul 2014, 07:00 WIB
Tai Chi

Liputan6.com, Jakarta Tai-chi, olahraga dari negeri Tiongkok ini memang tidak terlalu populer di Indonesia. Para orangtua biasanya yang suka olahraga dengan fokus pernapasan dengan gerakan lambat ini. Namun, jika ingin tubuh selalu segar dan awet muda tambah tai chi dalam olahraga rutin Anda.

Bukan tanpa alasan menyarankan tai chi sebagai menu olahraga Anda. Para ilmuwan di China Medical University Hospital di Taiwan mendapatkan fakta dari penelitian mereka bahwa olahraga ini membantu melawan penuaan.

Penelitian ini dilakukan selama setahun yang diikuti oleh relawan berusia di bawah 25 tahun. Mereka terbagi dalam tiga kelompok. Kelompok pertama melakukan tai chi dua jam per minggu, kelompok kedua melakukan jalan cepat dua jam per minggu, kelompok terakhir tidak melakukan apa-apa.

Hasilnya, kelompok yang berlatih tai chi mengalami kenaikan jumlah sel CD34+, sel induk darah yang mengalami pembaruan sel. Pembaruan sel sangat penting untuk pemeliharaan dan perbaikan sistem organ tubuh yang membuat antipenuaan.

"Tai chi juga meningkatkan aliran darah dan memperlebar dinding pembuluh darah," tutur peneliti Shinn Zong Ling, MD, PhD seperti dilansir laman Prevention, Minggu (13/7/2014).

Selain itu, beberapa penelitian lain juga menunjukkan tai chi dapat meningkatkan keseimbangan dan membantu meningkatkan fungsi otak. Tertarik berlatih tai chi?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya