Air Putih Kemasan Mengancam Kesehatan Gigi, Benarkah?

Dari beragam jenis makanan dan minuman yang dapat mengancam kesehatan gigi, air putih kemasan adalah salah satunya.

oleh Bella Jufita Putri diperbarui 19 Des 2016, 14:15 WIB
Diterbitkan 19 Des 2016, 14:15 WIB
Cari Tahu, Bedanya Jenis Air Minum dalam Kemasan
Mereka percaya bahwa air alkali dapat membuat keseimbangan asam-basa yang tepat di dalam tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Permen, makanan manis, dan minuman bersoda kerap kali menjadi jenis makanan dan minuman yang dapat menyebabkan masalah dan kerusakan pada gigi. Rupanya masih banyak jenis makanan dan minuman yang dapat mengancam kesehatan gigi, tetapi lebih mengejutkannya air putih kemasan juga disebut-sebut dapat merusak gigi. Benarkah?

Dr Peter Alldritt, kepala komite kesehatan mulut di Asosiasi Gigi Australia, menyebutkan beberapa jenis makanan dan minuman yang tanpa disadari dapat mengancam kesehatan gigi, termasuk air putih kemasan.

Asosiasi Dental Australia mengatakan, air putih kemasan atau air mineral botolan tidak jauh lebih baik dari air keran. Sebagian besar individu yang tinggal di wilayah Australia memilih untuk minum air putih dari keran karena mengandung fluoride, mineral alami yang memperkuat enamel gigi dan melindungi terhadap kerusakan.

Sementara air putih dalam botol tidak mengandung jumlah fluoride yang dibutuhkan untuk melindungi gigi. Yang artinya, kesehatan gigi jadi lebih tidak terlindungi. Dikutip dari ABC Net Au, Senin (19/12/2016).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya