6 Prosedur Kencangkan Kulit Setelah Berat Badan Turun

Berikut jenis-jenis operasi yang bisa dilakukan guna mengencangkan kulit setelah berat badan turun

oleh Aditya Eka Prawira diperbarui 06 Sep 2018, 08:00 WIB
Diterbitkan 06 Sep 2018, 08:00 WIB
Ilustrasi operasi wajah
Prosedur Pengencangan Kulit Setelah Berat Badan Turun (iStock)

Liputan6.com, Jakarta Hal paling mengjengkelkan setelah berat badan turun adalah kulit yang mengendur. Terutama pada bagian lengan yang mudah sekali terlihat sehingga membuat kepercayaan diri jadi anjlok. 

Di saat teknologi kedokteran yang semakin canggih, tidak sedikit orang-orang yang berhasil menurunkan berat badan melakukan prosedur pengencangan kulit atau biasa disebut dengan body contouring surgery. 

Biasanya, prosedur itu dilakukan pada kulit-kulit pada bagian payudara, lengan, dan perut bagian bawah yang paling mudah bergelambir. 

"Selama fase kenaikan berat badan, kulit akan membentang dan setelah penurunan berat badan yang cukup besar akibat operasi bariatrik atau perubahan gaya hidup, kulit dan jaringan sering kekurangan elastisitas untuk mengakomodasi ukuran tubuh yang berkurang," kata Konsultan dari Departemen Bedah Plastik, Rekonstruksi, dan Estetika Rumah Sakit Umum Singapura (SGH), Dr Terence Goh.

Berikut jenis-jenis operasi yang bisa dilakukan guna mengencangkan kulit setelah berat badan turun dikutip dari situs Singapore Health Change pada Kamis, 6 September 2018. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kulit Kencang Setelah Berat Badan Turun

Ilustrasi Operasi Kelamin (iStockphoto)
Prosedur Pengencangan Kulit Setelah Berat Badan Turun (iStock)

Breast lift

Untuk memperbaiki payudara yang mengendur dan mengempis akibat kehilangan berat badan atau menyusui, cangkok lemak atau implan mungkin diperlukan untuk meningkatkan ukuran dan mengencangkan payudara. 

Insisi pengangkatan payudara akan ditentukan oleh ukuran payudara dan jumlah kulit yang akan dikeluarkan. Visibilitas bekas luka diminimalkan sedapat mungkin.

Tummy tuck

Untuk menghilangkan apron kulit berlebih di atas perut bisa dilakukan dengan operasi ini, yang dikombinasikan dengan total body lift. Namun, pengangkatan lemak seluruh tubuh adalah operasi rumit yang membutuhkan periode pemulihan yang panjang.

Arm lift 

Ini mengatasi kulit yang kendur di area lengan bawah sebagai akibat dari penuaan alami atau penurunan berat badan yang cepat. Sayatan untuk mengangkat lengan tersembunyi di area ketiak sepanjang bagian dalam atau belakang lengan.

Liposuction sering dikombinasikan  dengan angkat beban untuk hasil yang lebih baik.

Medial thigh lift 

Prosedur ini untuk mengangkat kulit kendur di antara paha bagian dalam. Kulit ekstra ini dapat menyebabkan luka bakar dan ruam selama latihan atau kegiatan sehari-hari. Pembentukan kembali paha bagian dalam dicapai melalui sayatan yang tersembunyi di lipatan pangkal paha.

Face lift

Untuk mengangkat kulit wajah bagian tengah, rahang dan leher.

Body lift  

Ini mengangkat perut, kontur pinggang, pinggul, paha dan membentuk kembali bokong kendur.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya