Cara Ampuh Cegah Penyebaran Penyakit Pasca Gempa Palu

Demi mencegah penyebaran penyakit antar manusia pasca gempa Palu, tenaga kesehatan melakukan desinfeksi ke beberapa titik.

oleh Fitri Haryanti Harsono diperbarui 05 Okt 2018, 16:00 WIB
Diterbitkan 05 Okt 2018, 16:00 WIB
Gempa Palu
Demi mencegah penyebaran penyakit antar manusia pasca gempa Palu, desinfeksi dilakukan tenaga kesehatan. (Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan R)

Liputan6.com, Palu, Sulawesi Tengah Demi mencegah terjadi penyebaran penyakit pasca gempa Palu, tim tenaga kesehatan melakukan desinfeksi di RS Undata, Palu, Sulawesi Tengah pada Kamis, 4 Oktober 2018. Desinfeksi adalah metode membunuh mikroorganisme penyebab penyakit dengan bahan kimia.

Tindakan desinfeksi dapat mengurangi kemungkinan terjadi infeksi antar pasien korban gempa Palu dengan cara membunuh mikroorganisme patogen. Dalam hal ini, mencegah terjadinya penyebaran penyakit ke manusia.

Tenaga kesehatan yang terdiri dari tim Kesehatan Lingkungan, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), dan Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan (BBTKL) Makassar melakukan desinfeksi, sesuai rilis yang diterima Health Liputan6.com, ditulis Jumat (5/10/2018).

Bencana gempa dan tsunami Palu di Sulawesi Tengah memicu penyebaran kuman atau mikroorganisme patogen. Mikroorganisme bisa menyebabkan seseorang mudah terkena penyakit.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara penularan penyakit

Gempa Palu
Pasien korban gempa Palu sedang dirawat di RS Wirabuana Palu, Sulawesi Tengah. (Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI)

Penyakit dapat menular melalui mulut atau menghirup udara. Penularan juga bisa terjadi melalui luka, yang berujung infeksi. Oleh karena itu, desinfeksi perlu dilakukan.

Pada tahap selanjutnya, desinfeksi tidak hanya dilakukan di rumah sakit saja, melainkan akan dilakukan di wilayah lainnya. Tenaga kesehatan dikerahkan untuk melakukan desinfeksi. Ini merupakan upaya bidang kesehatan demi menjaga kesehatan masyarakat. Pasien korban gempa Palu bisa bertahan dalam situasi pasca gempa.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya