Komisi IX DPR Tinjau Kesiapsiagaan RSPI Sulianti Saroso Hadapi Virus Corona

Komisi IX DPR RI meninjau kesiapsiagaan penanganan virus corona di RSPI Sulianti Saroso.

oleh Fitri Haryanti Harsono diperbarui 30 Jan 2020, 13:30 WIB
Diterbitkan 30 Jan 2020, 13:30 WIB
Virus Corona
Komisi IX DPR RI meninjau kesiapsiagaan penanganan virus corona di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara pada Rabu (29/1/2020). (Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

Liputan6.com, Jakarta Demi memantau penanganan virus corona, Komisi IX DPR RI baru saja berkunjung ke Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso. Mereka ingin memastikan penanganan virus corona.

"Kami tadi sudah melihat dan berdiskusi. Bahwa sudah dipastikan Kementerian Kesehatan melalui 100 rumah sakit disiapsiagaan mengantisipasi virus corona," kata Wakil Ketua Komisi IX Emanuel Melkiades Laka Lena saat konferensi pers di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Pusat, Rabu (29/1/2020).

"Kami mengecek ruangan-ruangan di sini. Ada ruangan isolasi yang sudah sangat siap digunakan. Tentunya, ini mengantisipasi virus corona."

Komisi IX juga merasa tenang dengan melihat persiapan pelaksanaan penanganan virus corona di RSPI Sulianti Saroso. Ini sebagai langkah demi kepentingan masyarakat.

Bahwa Indonesia siap menghadapi virus corona. Masyarakat pun tak perlu cemas dan khawatir.

"Saya pesan, masyarakat tak perlu cemas dan khawatir soal virus corona. Di rumah sakit ini sudah lengkap juga penanganan dan ruang isolasi. Dan RSPI Sulianti Saroso termasuk rumah sakit rujukan di Jakarta, khususnya penanganan virus corona," Melkiades menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Menarik Berikut Ini:


Ruang Isolasi dan Tim Khusus

RSPI Sulianti Saroso
RSPI Sulianti Saroso siap siaga menghadapi virus corona Wuhan. (Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

Untuk penanganan segala macam infeksi, RSPI Sulianti Saroso punya kelompok kerja (pokja). Ketika kondisi darurat terjadi, pokja langsung cepat tanggap.

Jika ada pasien dari rumah sakit lain yang mengalami gejala mirip virus corona Wuhan, seperti demam dan sesak napas dapat dirujuk ke RSPI Sulianti Saroso.

"Intinya kalau memenuhi kriteria gejala penyakit tersebut, maka pasien bisa dirujuk ke tempat kami dari manapun. Termasuk kalau ada masyarakat yang merasakan gejala dengan kriteria ingin memastikan, apakah terpapar virus corona atau tidak," jelas Direktur Medik dan Perawatan RSPI Sulianti Saroso Diany Kusumawardhani dalam konferensi pers beberapa waktu lalu.

Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso Mohammad Syahril menerangkan, ada 11 ruang isolasi di rumah sakitnya . Setiap ruang isolasi hanya berisi satu pasien. Rumah sakit lain yang tidak punya ruang isolasi dapat dirujuk ke RSPI Sulianti Saroso.

"Oh iya, boleh dirujuk ke sini. Nanti rumah sakit lain akan menghubungi kami kalau ada pasien yang mau dirujuk ke sini, terutama untuk pemeriksaan bila ada dugaan pasien terkena virus corona," tambahnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya