Tower 8 Wisma Atlet Kemayoran Akan Dibuka untuk Isolasi Mandiri

Tower 8 Wisma Atlet Kemayoran akan dibuka untuk isolasi mandiri.

oleh Fitri Haryanti Harsono diperbarui 26 Sep 2020, 13:00 WIB
Diterbitkan 26 Sep 2020, 13:00 WIB
FOTO: Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Sudah Terisi 60 Persen
Foto udara memperlihatkan suasana Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Kamis (10/9/2020). Pemerintah menyiapkan 2.700 tempat tidur di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet untuk merawat pasien COVID-19 dengan kondisi sedang dan ringan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Bintan Satuan Tugas Penanganan COVID-19 akan membuka Tower 8 Wisma Atlet Kemayoran Jakarta sebagai flat isolasi mandiri bagi masyarakat yang terinfeksi Corona dan tidak memiliki tempat isolasi yang layak sesuai protokol kesehatan.

Dalam hal ini, pembukaan Tower 8 Wisma Atlet akan ditujukan bagi penderita COVID-19 tanpa gejala (Orang Tanpa Gejala/OTG) dan bergejala ringan, seperti tower 4 dan 5.

“Kami sedang siapkan lagi (Tower 8) untuk menerima pasien OTG,” kata Ketua Satgas COVID-19 Doni Monardo saat Rapat Koordinasi Pimpinan (Rakorpim) Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) dan Kementerian/Lembaga (K/L) di Kawasan Wisata Lagoi, Bintan, Kepulauan Riau, Jumat (25/9/2020).

Kapasitas Tower 8 Wisma Atlet yang akan dibuka memiliki 1.548 tempat tidur untuk isolasi mandiri.

Simak Video Menarik Berikut Ini:


Upaya Dukung 3T

Doni Monardo
Ketua Satgas COVID-19 Doni Monardo saat Rapat Koordinasi Pimpinan (Rakorpim) Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) dan Kementerian/Lembaga (K/L) di Kawasan Wisata Lagoi, Bintan, Kepulauan Riau, Jumat (25/9/2020). (Badan Nasional Penanggulangan Bencana/BNPB)

Langkah pembukaan Tower 8 sebagai flat isolasi mandiri untuk mendukung upaya 3T, yakni tracing, testing, treatment demi memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Upaya 3T sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo. Apalagi ditemukan 7 persen kasus baru COVID-19 pada masyarakat yang terinfeksi virus adalah mereka yang tidak pernah keluar rumah.

"Artinya, klaster keluarga juga harus diantisipasi dan menjadi perhatian bersama, terutama bagi perawatan anggota keluarga yang tidak memiliki tempat isolasi sesuai standar protokol kesehatan," lanjut Doni dalam keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com.


Infografis Indonesia Tertinggi di Asia Tenggara Kasus Covid-19

Infografis Indonesia Tertinggi di Asia Tenggara Kasus Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Indonesia Tertinggi di Asia Tenggara Kasus Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya