Tanggapan Kemenkes RI Perihal Nama-Nama Tersohor yang Akan Disuntik Vaksin COVID-19

Beredar nama-nama pejabat hingga tokoh agama yang akan disuntik vaksin COVID-19, Kemenkes tegaskan informasi itu tidak dapat dijadikan rujukan.

oleh Fitri Haryanti Harsono diperbarui 08 Jan 2021, 09:31 WIB
Diterbitkan 08 Jan 2021, 09:31 WIB
Siti Nadia Tarmizi
Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Siti Nadia Tarmizi menjelaskan penerima vaksin COVID-19 yang dikirim SMS terintegrasi dengan program Peduli Lindungi saat konferensi pers di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (4/1/2021). (Biro Pers Sekretariat Presiden/Kris)

Liputan6.com, Jakarta Beredar slide berisi nama-nama pejabat hingga tokoh agama yang menjadi kelompok prioritas penerima vaksin COVID-19. Nama-nama tersebut tertulis dalam daftar penerima vaksin COVID-19 yang akan disuntik perdana bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 13 Januari 2021 mendatang.

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Siti Nadia Tarmizi memastikan slide yang beredar tidak resmi dikeluarkan oleh Kemenkes.

"Slidenya bukan resmi Kemenkes ya dan informasi tersebut tidak dapat dijadikan rujukan," ujar Nadia saat dikonfirmasi Health Liputan6.com pada Jumat, 8 Januari 2021.

Pemerintah masih membahas nama-nama yang akan mengikuti vaksinasi COVID-19 perdana. Ia juga meminta semua pihak tidak merujuk dan menyebarluaskan informasi tersebut.

"Hngga saat ini, pelaksanaan dan tokoh-tokoh yang akan mengikuti vaksinasi COVID-19 perdana masih dalam tahap pembahasan dan kami masih menunggu keluarnya izin darurat vaksin," terang Nadia.

"Kami tentunya meminta semua pihak untuk tidak merujuk dan menyebarluaskan informasi tersebut serta menunggu informasi resmi tentang pelaksanaan vaksinasi COVID-19."

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:


Nama Pejabat dan Tokoh Agama yang Disuntik Vaksin COVID-19

FOTO: Amerika Serikat Mulai Vaksinasi Virus Corona COVID-19
Petugas kesehatan mempersiapkan pemberian vaksin COVID-19 di Long Island Jewish Medical Center, New York, AS, 14 Desember 2020. AS mulai memberikan vaksin COVID-19 pertamanya pada Senin (14/12), dengan dosis pertama disuntikkan kepada para petugas kesehatan dan staf panti wreda. (Xinhua/Wang Ying)

Pada slide yang beredar, tertulis 3 kelompok yang menerima vaksinasi perdana pada 13 Januari 2020 (padahal seharusnya 2021)

Kelompok 1: pejabat publik yang terdiri dari Presiden, Menteri Kesehatan, Menteri BUMN, Menteri Luar Negeri, Mendiknas, Panglima TNI, Kapolri, Ketua Satgas COVID-19, dan Kepala BPOM.

Kelompok 2: pengurus asosiasi profesi dan key opinion leader kesehatan, yang terdiri atas Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Harif Fadhillah, Ketua Pengutus Pusat Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Emi Nurjasmi.

Kemudian ada ahli vaksin Dirgayuza Rambe, Ketua Muhammadiyah COVID-19 Command Center Agus Syamsuddin, Ketua Satgas NU COVID-19 M Makky Zamzamy, Najwa Shihab, dr Tirta, serta artis Bunga Citra Lestari dan Raffi Ahmad.

Kelompok 3: tokoh agama tertulis Ketua PBNU Marsyudi Suhud, perwakilan Muhammadiyah, Ustadz Das'ad Latief, Sekjen MUI Amirsyah Tambunan, perwakilan organisasi Kristen, Katolik, Budha, dan Hindu.


INFOGRAFIS: Urutan Penerima Vaksin Covid-19 di Indonesia

INFOGRAFIS: Urutan Penerima Vaksin Covid-19 di Indonesia (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: Urutan Penerima Vaksin Covid-19 di Indonesia (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya