Hadapi Omicron, Singapura Pertimbangkan Booster hingga Tingkatkan Kapasitas RS

Strategi Singapura menghadapi varian Omicron.

oleh Fitri Haryanti Harsono diperbarui 20 Des 2021, 20:00 WIB
Diterbitkan 20 Des 2021, 20:00 WIB
Jelang Natal, Begini Suasana Bandara Changi Singapura di Tengah Pandemi COVID-19
Para pelancong berjalan di terminal 3 Bandara Changi Singapura (7/12/2020). Bandara Changi Singapura tampak sepi jelang menyambut Natal di Tengah Pandemi COVID-19. (Xinhua/Then Chih Wey)

Liputan6.com, Singapura Upaya menghadapi varian Omicron, Singapura rupanya mempertimbangkan pemberian vaksinasi dosis ketiga atau booster. Strategi vaksinasi merupakan salah satu strategi utama yang tengah digencarkan Pemerintah Singapura.

Sejumlah serangkaian tindakan untuk menghindari skenario lonjakan COVID-19 akibat varian Omicron, Singapura berfokus pada vaksinasi sebagai langkah utama. Di antara, langkah-langkah lainnya, Singapura sedang mempertimbangkan untuk mengubah definisi vaksinasi lengkap (full vaccinated), dari dua suntik menjadi pemberian suntikan ketiga (booster).

Melansir artikel The Strait Times, Senin (20/12/2021) berjudul, Is Singapore ready for Omicron, and to live with COVID-19?, Singapura juga berupaya meningkatkan kapasitas rumah sakit dan pemeriksaan. Hal ini termasuk meningkatkan jumlah tempat tidur unit perawatan intensif dari 280 menjadi 500 tempat tidur.

Sebelumnya, protokol perbatasan dan pemeriksaan diperketat untuk negara-negara yang terkena dampak Omicron dan para pelancong yang tiba dengan jalur perjalanan yang divaksinasi bebas karantina (Vaccinated Travel Line/VTL).

Dekan Saw Swee Hock School of Public Health di National University of Singapore (NUS), Teo Yik Ying mengatakan, langkah-langkah di atas bertujuan memperlambat masuknya Omicron ke Singapura dan transmisi komunitas.

"Kemudian meningkatkan kemampuan mendeteksi keberadaan Omicron serta melindungi orang sambil memastikan kapasitas untuk merawat mereka yang terinfeksi. Bagi saya ini adalah respons yang komprehensif," katanya.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Syarat Vaksinasi Bebas Karantina Diperluas

Jelang Natal, Begini Suasana Bandara Changi Singapura di Tengah Pandemi COVID-19
Orang-orang berada di terminal 3 Bandara Changi Singapura (7/12/2020). Bandara Changi Singapura tampak sepi jelang menyambut Natal di Tengah Pandemi COVID-19. (Xinhua/Then Chih Wey)

Rencana pembukaan kembali Singapura terhadap pelancong luar negeri terus berlanjut. Sekarang, Singapura memiliki 24 VTL dan pengaturan bebas karantina dengan syarat vaksinasi akan diperluas.

Bahkan mulai Senin, ada pengaturan masuk jalur darat (causeway), yang memungkinkan warga Singapura dan Malaysia yang divaksinasi bebas karantina.

Mulai 1 Januari 2022, hingga 50 persen pekerja yang saat ini dapat bekerja dari rumah juga akan diizinkan kembali ke kantor.

"Kelangsungan hidup ekonomi kita serta pekerjaan warga sama pentingnya dalam menjaga kehidupan dan mata pencaharian," terang Senior Research Fellow Institute of Policy Studies, Woo Jun Jie.

Adapun jumlah kasus varian Omicron tercatat 24 kasus per 17 Desember 2021. Di awal pandemi, Singapura berjuang menekan transmisi penularan COVID-19, meskipun hampir setengah dari sekitar 320.000 pekerja migran tertular virus saat diasingkan di asrama hampir sepanjang tahun lalu.


Infografis Vaksin Covid-19 Booster, Butuh atau Enggak?

Infografis Vaksin Covid-19 Booster, Butuh atau Enggak?
Infografis Vaksin Covid-19 Booster, Butuh atau Enggak? (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya