Manfaat di Balik Konsumsi Kopi dengan Gula Aren

Gula aren juga sumber vitamin, mineral, mengandung potasium tinggi, dan lebih banyak antioksidannya.

oleh stella maris pada 25 Jan 2022, 09:31 WIB
Diperbarui 12 Feb 2022, 20:44 WIB
Ilustrasi kopi dengan brown sugar
Ilustrasi kopi dengan brown sugar atau gula aren/Shutterstock.

Liputan6.com, Jakarta Minum kopi alias ngopi menjadi salah satu kebiasaan orang Indonesia dari dulu sampai hari ini. Itu karena kebiasaan ngopi disebut-sebut sebagai salah satu booster untuk menjalani aktivitas harian. Nah, kebanyakan orang cenderung menyukai kopi dengan rasa yang manis. Untuk menyeimbangkan rasa kopi yang pahit dengan manisnya gula, salah satu cara terbaik adalah menggunakan gula aren. 

Ada beberapa alasan mengapa gula aren menjadi pilihan tepat sebagai pemanis kopimu. Laman WebMD menyebut bahwa gula aren memiliki indeks glikemik yang rendah dibandingkan dengan pemanis lainnya. Gula aren juga sumber vitamin, mineral, mengandung potasium tinggi, dan lebih banyak antioksidannya. Biar lebih jelas, yuk, bahas manfaat mengonsumsi kopi dengan tambahan pemanis dari gula aren berikut ini: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Pengaturan Gula Darah

Gula aren mengandung lebih sedikit glukosa dan indeks glikemik lebih rendah daripada gula dapur atau madu. Gula aren diketahui dapat membantu menstabilkan kadar gula darah yang lebih baik daripada pemanis lainnya, sehingga tingkat energi nggak melonjak dan turun, serta dapat mengurangi ketegangan pada jantung Anda.

 


2. Pencernaan yang Lebih Baik

Gula aren mengandung serat makanan yang disebut insulin. Studi menunjukkan bahwa serat nabati ini dapat membantu mengendalikan bakteri di usus, meningkatkan pencernaan yang baik, dan meningkatkan penyerapan mineral dalam tubuh.


3. Fungsi Sistem Saraf

Gula aren memiliki kadar potasium yang lebih tinggi daripada sayuran hijau dan pisang. Kalium diperlukan untuk menjaga aktivitas sistem saraf yang baik, seperti kontraksi otot dan detak jantung yang teratur. Mengkonsumsi cukup potasium juga dapat membantu mengelola tekanan darah tinggi.

 


4. Lebih Banyak Antioksidan daripada Gula Lainnya

Penelitian menunjukkan bahwa gula aren mengandung kadar vitamin, mineral, dan nutrisi yang lebih tinggi daripada gula lainnya. Kandungan nutrisi ini termasuk fitonutrien yang merupakan senyawa nabati yang memiliki efek antioksidan, mencegah kerusakan sel yang dapat menyebabkan penyakit kronis.

Dari empat manfaat di atas, kamu tahu kan positifnya mengonsumsi gula aren yang dimasukkan ke dalam segelas kopimu tiap hari? Bayangkan, kopi saja sudah mengandung antioksidan, bagaimana jika minuman kopimu ditambah gula aren, double antioksidan kan?

Nah buat ngopi enak dan nggak pake ribet, kamu bisa mencoba varian terbaru dari Kopi Kenangan dalam kemasan Ready To Drink (RTD), yaitu Kopi Kenangan Hanya Untukmu. 

 

Kopi Kenangan
Kemasan Kopi Kenangan Hanya Untukmu. Ready To Drink (RTD) hadir dengan tiga varian rasa/Instagram @@kenangan.hanyauntukmu.

Kopi Kenangan #HanyaUntukmu kini hadir dengan tiga variasi rasa yang istimewa, yaitu Mantancino, Black Aren, dan Avocuddle. Varian Kopi Kenangan #HanyaUntukmu Black Aren misalnya, dibuat dari 100% biji kopi pilihan dan 100% susu segar, dan 100% gula aren. 

Selain itu, semua varian Kopi Kenangan #HanyaUntukmu dibuat khusus untuk memenuhi selera para peminum Kopi Ready To Drink. Nah buat kamu yang penasaran, gimana sih cara mendapatkan Kopi Kenangan #HanyaUntukmu ini? 

Kopi Kenangan #HanyaUntukmu ini dijual khusus di mini-market seperti Alfamart, Alfamidi, Indomaret. Jangan lupa follow akun Instagram @kenangan.hanyauntukmu ya! 

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya