Pelanggaran Etik Jadi Buntut Dokter Terawan Diberhentikan dari Anggota IDI

Ada pelanggaran etik yang membuat dokter Terawan diberhentikan dari keanggotaan IDI.

oleh Fitri Haryanti Harsono diperbarui 31 Mar 2022, 18:56 WIB
Diterbitkan 31 Mar 2022, 18:56 WIB
FOTO: Menkes dan Komite Penanganan COVID-19 Bahas Vaksin Bersama Komisi IX
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto saat rapat kerja dengan Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (27/8/2020). Raker tersebut di antaranya membahas perkembangan tentang uji vaksin untuk COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta Pelanggaran etik rupanya menjadi buntut pemberhentian dokter Terawan Agus Putranto dari keanggotaan Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Menilik kilas balik, metode Digital Subtraction Angiography (DSA) atau lebih dikenal dengan 'cuci otak yang dilakukan Terawan dinilai meragukan.

Ketua Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK) IDI, Djoko Widyarto membeberkan, pemberhentian Terawan dari keanggotaan IDI yang disampaikan dalam Muktamar IDI ke-31 di Banda Aceh, Aceh pada 21 - 25 Maret 2022 sudah dilakukan dengan segala pertimbangan.

"Kaitannya dengan kasus sejawat dokter Terawan, pertimbangannya cukup luas. Kalau saya baca apa yang diputuskan di dalam sidang ke kemahkamahan pada tahun 2018 yang lalu, pertimbangannya cukup banyak," beber Djoko saat konferensi pers Pengurus Besar IDI pada Kamis, 31 Maret 2022.

"Kita pahami bersama, apa yang dilakukan di dalam Muktamar IDI ke-31 kemarin itu tidak serta merta, tapi itu merupakan sebuah proses panjang karena Muktamar IDI di Samarinda tahun 2018 juga ada satu keputusan. Bahwa untuk kasus dokter terawan ini, kalau tidak ada indikasi itikad baik mungkin ada diberikan pemberatan untuk hukumannya untuk sanksinya."

Apabila mencermati Undang-Undang Praktik Kedokteran, Undang-Undang No. 29 Tahun 2004 pasal 50, lanjut Djoko, disebutkan profesionalisme dokter meliputi tiga komponen.

"Pertama, skill (kemampuan). Kedua, knowledge (pengetahuan), dan yang terakhir tak terlupakan ini adalah profesional attitude atau etika kedokteran. Di Indonesia, sebagaimana yang kita pahami, setiap profesi selalu ditandai dengan adanya yang namanya kode etik profesi," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Taati Sumpah Dokter dan Kode Etik Kedokteran

FOTO: Puskesmas di Jakarta Mulai Lakukan Vaksinasi Virus Corona COVID-19
Dokter menyiapkan vaksin virus corona COVID-19 produksi Sinovac saat kegiatan vaksinasi di Puskemas Jagakarsa, Jakarta Selatan, Kamis (14/1/2020). Sejumlah Puskesmas di Jabodetabek mulai melakukan vaksinasi COVID-19 pada hari ini. (merdeka.com/Arie Basuki)

Sebagai organisasi profesi yang mempunyai kode etik kedokteran Indonesia, Djoko Widyarto menerangkan, kode etik disahkan di dalam Muktamar IDI di Makassar, Sulawesi Selatan tahun 2011, lalu kembali dipertegas ketetapannya pada 2012.

"Di antara sekian 21 pasal, yang pertama adalah Sumpah Dokter. Di dalam Sumpah dokter, ada 12 butir (poin) yang sangat khas bagi Indonesia, karena sumpah dokter yang di luar Indonesia tidak ada kalimat terakhir," terangnya.

"Kalimatnya, yaitu Saya akan menaati kode etik kedokteran Indonesia. Perlu diingat, kode etik kedokteran Indonesia pada 2012 bukan hanya berlaku untuk dokter Indonesia saja, tetapi berlaku bagi dokter di seluruh Indonesia.

Dalam hal ini, kode etik kedokteran berlaku kepada dokter Warga Negara Indonesia (WNI) ataupun dokter Warga Negara Asing (WNA). Artinya, hal ini menjadi pegangan bagi setiap profesi dokter di Indonesia, yakni Sumpah Dokter dan kode etik kedokteran Indonesia.

"Ya, walaupun saat ini sedang ada juga revisi dari kode etik (kedokteran) internasional, yang menjadi 40 pasal, sedangkan di kita ada 21 pasal. Itulah yang kita pegang saat ini sebagai rambu-rambu etik yang harus ditaati bersama," pungkas Djoko.


Infografis Sudah Vaksinasi Covid-19, Yuk Tetap Taat Protokol Kesehatan

Infografis Sudah Vaksinasi Covid-19, Yuk Tetap Taat Protokol Kesehatan. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Sudah Vaksinasi Covid-19, Yuk Tetap Taat Protokol Kesehatan. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya