Daftar Masalah Sepele Kaum Muda yang Jadi Tambah 'Buruk' dan Bikin Masalah Lambung

Jadi, tanpa disadari, lima hal di atas yang terlihat sepele, jika dilakukan berulang kali, bisa memicu kecemasan (stres) yang dapat menyebabkan peningkatan produksi asam lambung, dan pada gilirannya bisa menyebabkan sakit maag.

oleh stella maris pada 26 Okt 2023, 09:00 WIB
Diperbarui 26 Okt 2023, 06:22 WIB
Ilustrasi masalah lambung
Ilustrasi masalah lambung/Shutterstock-zhang tianle.

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang pasti selalu punya masalah. Sebesar dan sekecil apapun, mau nggak mau, masalah pasti selalu datang silih berganti dalam kehidupan sehari-hari. Tapi tanpa disadari, hal sepele bisa jadi masalah, terutama untuk kaum muda. 

Bahkan nggak jarang, masalah yang dihadapi itu, sering berdampak buruk ke kesehatan hingga menyebabkan masalah lambung, seperti maag. Nah, kalau kamu sampai maag, artinya timbul masalah baru. Masalah barunya apalagi kalau bukan aktivitas harian yang  jadi terganggu. 

Maka dari itu, ada baiknya kamu mulai meminimalisir hal sepele berikut ini, biar kamu kena masalah lambung: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Kelamaan Scrolling Media Sosial

Media sosial ada, untuk membuat banyak orang saling terhubung meski terpisah jarak dan waktu. Namun di satu sisi, banyak orang yang scrolling media sosial hanya untuk 'membunuh' waktu. 

Dampak buruknya lagi, jika kamu kelamaan scrolling media sosial tanpa tujuan yang jelas, bisa menimbulkan berbagai masalah yang bikin ribet diri sendiri loh! Misalnya kamu jadi sulit fokus dan yang pastinya mengganggu waktu istirahat, akhirnya irama sirkadian tubuh terganggu dan meningkatkan risiko masalah lambung dan pencernaan. 


2. Ketergantungan Makan Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji (junk food) menjadi salah satu jenis makanan yang disiapkan dengan cepat dan biasanya tinggi kalori dan karbohidrat. Memang nggak bisa dipungkiri, makanan cepat saji itu memiliki cita rasa yang lezat dan nikmat banget saat disantap. 

Tapi di balik kenikmatannya, jika kamu terus-terusan mengonsumsinya dan jadi ketergantungan, mulai waspada ya! Itu karena makanan cepat saji cenderung mengandung lemak tinggi dan tinggi kadar garamnya, sehingga dapat memicu terjadinya saat maag dan masalah lambung lainnya. 


3. Telat Makan karena Sibuk

Kaum muda masa kini tentunya punya segudang kesibukan. Yup, mobilitas yang tinggi dengan jadwal yang padat dapat memicu tekanan alias stres, hingga membuatmu lupa untuk makan. Alhasi, sering telat makan berdampak negatif pada pencernaan, salah satunya kamu jadi sakit maag. 


4. Hubungan Sosial yang Rumit

Hubungan sosial itu bukan sebatas romansa dengan pasangan (pacaran). Jika dalam hubungan bersosialisasi sering berkonflik, tanpa disadari kamu bakal kena stres. Jadi, ketika kamu merasakan stres, secara fisik pun jadi malas untuk melakukan sesuatu, termasuk makan. Itu karena fokusmu hanya memikirkan masalah dan mencari cara gimana menyelesaikan masalah yang sedang dialami. 


5. Kebiasaan Menunda Pekerjaan

Poin ini merupakan salah satu hal sepele yang sering dilakukan dan berdampak negatif untuk kesehatan. Alih-alih ingin rehat lima menit, kamu justru menunda menyelesaikan pekerjaan hingga berjam-jam. 

Alhasil, pekerjaan yang sebenarnya dapat selesai lebih awal, justru kamu harus menyelesaikannya dengan cepat karena dikejar deadline. Jika kondisi itu terjadi dan terus berulang, kamu dapat terjebak dalam stres berkepanjangan. 

Jadi, tanpa disadari, lima hal di atas yang terlihat sepele, jika dilakukan berulang kali, bisa memicu kecemasan (stres) yang dapat menyebabkan peningkatan produksi asam lambung, dan pada gilirannya bisa menyebabkan sakit maag. Nah, jika kamu sudah tahu akar permasalahannya, mulai sekarang jangan mau dikalahkan sama masalah dan jaga lambung dengan Esemag dari Sido Muncul.

Esemag
Esemag cair (atas) dan Esemag tablet kunyah (bawah)/Istimewa.

Esemag merupakan obat maag ampuh yang efektif untuk mengatasi gangguan lambung seperti maag, begah, mual, perih dan kembung. Esemag diformulasikan dengan bahan herbal berkualitas, seperti zat aktif kunyit yang memiliki aktivitas antiulcer untuk mengurangi peradangan dan mengurangi produksi asam lambung. 

Licorice (akar manis) yang dapat meningkatkan lapisan mukosa yang berfungsi untuk melindungi lambung. Juga ada kandungan meniran sebagai antiinflamasi dan melindungi lambung. Terakhir, Esemag mengandung madu yang membantu mengatasi masalah pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh. 

Selain itu, Esemag juga memiliki rasa mint segar dan bikin lega. Cuma Esemag yang #GakMaagsalah diminum setiap hari karena formulasinya efektif untuk menjaga kesehatan lambung dan melapisi dinding lambung. 

Dengan minum Esemag rutin, sebelum atau sesudah makan dan sebelum tidur, semua gangguan lambung seperti maag, begah, mual, perih dan kembung dapat dicegah. Esemag bisa didapatkan di toko dan apotek terdekat, atau secara online di www.sidomunculstore.com dan Sido Muncul Official Store di marketplace. Kamu juga bisa langsung klik di sini. 

 

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya