Kondisi Terkini Joe Biden, Gejala COVID-19 Berkurang Signifikan tapi Suara Masih Serak

Dokter yang merawat Joe Biden mengungkapkan Presiden AS itu sudah berkurang gejala COVID-19. Batuk tidak berdahak tapi suara masih serak.

oleh Tim Health diperbarui 21 Jul 2024, 07:22 WIB
Diterbitkan 21 Jul 2024, 07:02 WIB
Joe Biden
Kondisi Joe Biden beberapa hari usai terinfeksi COVID-19 . (AP Photo/Manuel Balce Ceneta)

Liputan6.com, Jakarta Dokter yang merawat Joe Biden mengungkapkan bahwa presiden Amerika Serikat itu sudah mengalami perbaikan gejala COVID-19. Apalagi Biden sudah diberikan antivirus Paxlovid.

"Batuknya tidak berdahak dan suara serak masih menjadi gejala utamanya, tetapi gejala itu telah membaik secara signifikan sejak kemarin,” kata dokter kepresidenan Kevin O'Connor dalam pernyataan, Jumat, 19 Juli 2024.

Kevin mengatakan denyut nadi, tekanan darah, laju pernapasan, dan suhu tubuh Biden tetap normal dan saturasi oksigennya tetap baik di udara ruangan dan paru-parunya tetap bersih.

"Presiden terus menoleransi pengobatan dengan baik. Kami akan melanjutkan PAXLOVID sesuai rencana. Sementara itu, Presiden terus melakukan pekerjaan untuk rakyat Amerika," kata Kevin seperti dikutip Antara.

Seperti diketahui pada Rabu, 17 Juli 2024 hasil tes COVID-19 menunjukkan positif terinfeksi COVID-19. Ia terkonfirmasi COVID-19 saat kampanye di Las Vegas, Nevada.

"Setelah acara pertamanya di Las Vegas, Presiden Biden dinyatakan positif COVID-19. Ia telah mendapatkan vaksinasi booster dengan gejala ringan," tulis White House dalam keterangan resmi bertanggal 17 Juli 2024.

Gedung Putih mengungkapkan bahwa meski terkena COVID-19 gejala yang dirasakan Biden termasuk ringan. Apalagi dia sudah menerima suntikan vaksin booster COVID-19.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Joe Biden Sempat Keluhkan Tak Enak Badan

Sebelum tes COVID-19, memang Biden merasa tidak enak badan dalam skala ringan. Biden merasa rhinorhea (pilek) dan batuk, serta rasa tidak enak badan secara umum.

"Ia merasa baik-baik saja untuk acara pertamanya hari itu, tetapi karena dia tidak merasa lebih baik, dilakukan tes COVID-19 di tempat perawatan, dan hasilnya positif virus COVID-19," kata tim dokter Biden.


Joe Biden Rasa Baik-Baik Saja

Presiden AS Joe Biden mengacungkan jempol saat bersiap menaiki Air Force One di Las Vegas pada 17 Juli 2024, setelah dinyatakan positif Covid-19. (Pool)
Presiden AS Joe Biden mengacungkan jempol saat bersiap menaiki Air Force One di Las Vegas pada 17 Juli 2024, setelah dinyatakan positif Covid-19. (Pool)

Joe Biden juga mengaku bahwa kondisinya baik-baik saja meski tertular COVID-19

"Saya merasa baik-baik saja," kata Biden sambil mengacungkan jempol kepada wartawan setelah keluar dari limusin sebelum menaiki Air Force One.

Ia kemudian terbang untuk menjalani isolasi di rumahnya di pantai di Rehoboth, Delaware untuk menjalani isolasi mandiri.

Infografis 8 Benda di Rumah Wajib Dibersihkan Cegah Penyebaran Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Infografis 8 Benda di Rumah Wajib Dibersihkan Cegah Penyebaran Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya