Studi Ungkap Usia Harapan Hidup Kucing dan Anjing di Indonesia Masih di Bawah 6 Tahun

Hasil studi internal Vet Visitation Research pada 2023, rata-rata usia harapan hidup kucing 5,3 tahun dan anjing 5,7 tahun di Indonesia.

oleh Tim Health diperbarui 06 Agu 2024, 07:13 WIB
Diterbitkan 06 Agu 2024, 07:13 WIB
Ilustrasi anjing dan kucing
Ilustrasi anjing dan kucing (Dok.Unsplash/ Tran Mau Tri Tam)

Liputan6.com, Jakarta - Usia harapan hidup kucing dan anjing di Indonesia rata-rata masih di bawah enam tahun. Hal ini terungkap dari studi internal yang dilakukan perusahaan penyedia keperluan kucing dan anjing, Royal Canin Indonesia.

Sementara itu berdasarkan hasil studi internal Vet Visitation Research pada 2023, rata-rata usia harapan hidup kucing 5,3 tahun dan anjing 5,7 tahun di Indonesia. Riset ini dilaksanakan di tujuh wilayah, termasuk Bali dan Indonesia Timur.

"Usia harapan hidup hewan itu di Indonesia masih lebih rendah dari rata-rata global yang mencapai 10 sampai 15 tahun untuk kucing, dan 10 sampai 13,7 tahun untuk anjing," kata Presiden Direktur Royal Canin Indonesia Ridarrahim Nirwandar di Jakarta, Senin, dilansir ANTARA.

Menurut Ridarrahim, hasil studi tersebut memotivasi pihaknya untuk berkomitmen menghadirkan produk dengan nutrisi yang tepat.

"Mengetahui fakta yang terungkap melalui studi internal kami, memotivasi kami untuk memperkuat komitmen kami dalam menghadirkan produk dengan nutrisi tepat yang dibutuhkan oleh kucing dan anjing, sehingga dapat berkontribusi dalam meningkatkan harapan hidup mereka," katanya.

Berdasarkan hasil studi internal perusahaan, setidaknya ada 24,9 juta kucing dan 3,7 juta anjing yang dipelihara oleh penyayang hewan serta mendapatkan perawatan rutin yang mereka perlukan.

Ridarrahim mengemukakan bahwa kepemilikan hewan yang bertanggung jawab mencakup pelaksanaan sterilisasi untuk mengendalikan populasi dan meningkatkan kualitas hidup hewan peliharaan.

"Sterilisasi menjadi salah satu praktik kesehatan yang penting untuk meningkatkan kualitas hidup hewan, bukan hanya penting untuk mengendalikan populasi," katanya.

Namun, hasil studi internal perusahaan menunjukkan baru sekitar 17 persen pemilik hewan yang memahami pentingnya sterilisasi untuk meningkatkan kualitas hidup peliharaan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan

Memiliki hewan peliharaan dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental bagi sebagian individu.

Penelitian menunjukkan bahwa hewan peliharaan mungkin memberikan manfaat yang lebih bagi sebagian individu dibandingkan yang lain, dan hewan peliharaan tidak dikaitkan dengan kesehatan yang lebih baik bagi banyak individu.

Namun, secara umum memiliki hewan peliharaan seperti anjing atau kucing bermanfaat mengurangi kadar stres, menurunkan tekanan darah, serta membantu mengatasi depresi. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya