Infeksi COVID-19 Sebabkan Gangguan Pendengaran? Begini yang Diungkap Hasil Studi

Temuan yang dipublikasikan baru-baru ini di jurnal eClinical Medicine mengungkapkan bahwa orang dewasa muda yang dites positif COVID memiliki risiko empat kali lebih tinggi mengalami gangguan pendengaran

oleh Dyah Puspita Wisnuwardani diperbarui 15 Sep 2024, 15:34 WIB
Diterbitkan 15 Sep 2024, 15:18 WIB
Ilustrasi telinga
Ilustrasi telinga. (Image by KamranAydinov on Freepik)

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah studi baru menunjukkan bahwa infeksi COVID-19 dapat menyebabkan efek samping lain: gangguan pendengaran.

Temuan yang dipublikasikan baru-baru ini di jurnal eClinical Medicine ini mengungkapkan bahwa orang dewasa muda yang dites positif COVID memiliki risiko empat kali lebih tinggi mengalami gangguan pendengaran dibandingkan mereka yang tidak.

Para ahli mengatakan penelitian menunjukkan bahwa gangguan pendengaran mungkin merupakan gejala lain dari COVID-19 jangka panjang yang harus diwaspadai oleh dokter.

“Penelitian ini menambah bukti penting pada perbincangan tentang COVID jangka panjang dengan menyoroti potensi komplikasi jangka panjang yang dapat menyerang orang dewasa muda,” Yun Hwan Oh, MD, penulis studi dan profesor di Departemen Kedokteran Keluarga di Universitas Chung-Ang di Korea Selatan, kepada Health.

“Hal ini menunjukkan bahwa dampak COVID-19 terhadap kesehatan pendengaran dapat menjadi aspek penting dari COVID-19 yang berkepanjangan, bahkan pada populasi yang secara umum dianggap memiliki risiko lebih rendah untuk terkena dampak COVID-19 yang parah.”

Kaitan Antara COVID dan Gangguan Pendengaran

Oh dan timnya menjadi tertarik untuk mempelajari hubungan antara COVID dan gangguan pendengaran setelah menyadari kurangnya penelitian berskala besar yang meneliti hubungan tersebut, khususnya pada orang dewasa muda.

“Meskipun beberapa laporan kasus dan penelitian skala kecil menunjukkan kemungkinan adanya hubungan, tidak ada cukup bukti dari penelitian berbasis populasi,” katanya.

Untuk mengisi kesenjangan tersebut, para peneliti beralih ke data dari database Layanan Asuransi Kesehatan Nasional Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea-COVID-19. Mereka menarik informasi lebih dari enam juta orang, berusia 20 hingga 39 tahun, yang dinyatakan positif COVID dari tahun 2020 hingga akhir tahun 2022.

Seperti yang dijelaskan Oh, mereka memilih untuk fokus pada orang dewasa muda karena hal ini “membantu mengisolasi dampak COVID-19 pada pendengaran, karena kelompok ini biasanya memiliki lebih sedikit masalah pendengaran terkait usia.” 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Gangguan Pendengaran Banyak Terjadi pada Orang yang Terinfeksi COVID-19

Setelah menyesuaikan faktor-faktor seperti usia, jenis kelamin, pendapatan rumah tangga, riwayat kesehatan, dan apakah seseorang telah divaksinasi COVID atau tidak, para peneliti menemukan bahwa gangguan pendengaran lebih banyak terjadi pada orang yang terinfeksi SARS-CoV-2, virus penyebab penyakit. penyakit COVID. Secara khusus, peserta dengan COVID memiliki risiko 3,4 kali lebih tinggi mengalami gangguan pendengaran.

“Temuan yang paling mengejutkan adalah besarnya peningkatan risiko,” kata Oh.

Peserta yang pernah terinfeksi COVID juga 3,5 kali lebih mungkin mengalami gangguan pendengaran sensorineural, yang terjadi ketika terjadi kerusakan pada sel-sel rambut di telinga bagian dalam, saraf vestibulocochlear yang menghubungkan telinga bagian dalam ke otak, atau pusat pemrosesan pusat otak.

Oh mengatakan kesimpulan utama dari penelitian ini adalah “perlunya peningkatan kesadaran di kalangan penyedia layanan kesehatan dan orang dewasa muda tentang potensi risiko gangguan pendengaran setelah infeksi COVID-19.”

Orang-orang yang ragu-ragu apakah akan mendapatkan vaksin COVID baru harus mempertimbangkan penelitian ini, kata para ahli.

“Ini adalah salah satu argumen yang saya buat agar generasi muda mendapatkan vaksinasi: data saat ini, dalam banyak penelitian, menunjukkan bahwa vaksinasi—jika Anda tertular—mengurangi risiko terkena long COVID,” William Schaffner, MD, profesor kedokteran di divisi tersebut penyakit menular di Vanderbilt University Medical Center, mengatakan kepada Health.

“Dan segala sesuatu yang mengurangi risiko terkena long COVID benar-benar bermanfaat.”

 


Keterbatasan penelitian

Menurut para ahli, tidak ada alasan untuk percaya bahwa jika COVID memang dapat menyebabkan gangguan pendengaran, maka gejalanya tidak akan meluas ke orang lanjut usia maupun orang dewasa muda.

Namun penelitian ini memiliki beberapa keterbatasan.

“[Ada] potensi bias seleksi, karena individu yang mencari diagnosis COVID-19 [yang dilibatkan dalam penelitian] mungkin lebih cenderung mencari diagnosis gangguan pendengaran,” kata Oh. Dia menambahkan bahwa temuan ini mungkin tidak dapat digeneralisasikan untuk orang-orang dari “populasi dengan sistem perawatan kesehatan, latar belakang genetik, dan varian virus yang berbeda.”

Penelitian ini juga tidak membuktikan bahwa COVID menyebabkan gangguan pendengaran, namun hanya menunjukkan hubungan antara keduanya.

Selain itu, para peneliti tidak memiliki jawaban pasti tentang mengapa COVID dapat memengaruhi pendengaran. Namun, Oh mengatakan beberapa teori telah diajukan. “Ini termasuk kerusakan virus langsung pada telinga bagian dalam, kerusakan mikrovaskuler, respons imunologis terhadap koklea, dan pembentukan sitokin proinflamasi,” ujarnya.

Penelitian baru ini menyoroti betapa banyak peneliti yang masih belum mengetahui tentang bagaimana COVID memengaruhi tubuh, kata Fernando Carnavali, MD, seorang dokter di Pusat Perawatan Pasca-COVID di Mount Sinai, kepada Health. “Hal ini menunjukkan fakta bahwa [bidang studi] ini masih dalam tahap awal,” katanya.

Namun, Schaffner mengatakan bahwa jika Anda mengalami gejala yang tidak biasa—termasuk gangguan pendengaran—setelah terinfeksi COVID, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter jika gejala tersebut mengganggu kehidupan Anda sehari-hari.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya