Banyak Posting Foto Bisa Rusak Hubungan Keluarga, Teman, Pasangan

Peneliti Inggris menemukan, orang-orang yang memposting banyak foto di Facebook dan jaringan sosial lainnya memiliki risiko dijauhi orang

oleh Fitri Syarifah diperbarui 15 Agu 2013, 21:00 WIB
Diterbitkan 15 Agu 2013, 21:00 WIB
facebook-1-130529c.jpg
Mungkin mengetahui hal ini akan membuat Anda cemberut. Karena belum lama ini, tim peneliti Inggris menemukan, orang-orang yang memposting banyak foto di Facebook dan jaringan sosial lainnya memiliki risiko dijauhi teman, sahabat, keluarga bahkan pasangan. Dan foto diri sendiri dianggap peneliti adahal hal yang paling menjengkelkan.

Pemimpin penelitian sekaligus dosen pemasaran di Birmingham Business School, Dr David Houghton dalam laman yang dikutip Nydailynews, Kamis (15/8/2013) mengatakan orang-orang yang terus-menerus berbagi foto dirinya, benar-benar tidak memiliki hubungan baik dengan orang lain.

Bukan hanya itu, peneliti menilai orang akan dinilai negatif di Facebook ketika memposting foto diri sambil menikmati satu produk.

"Berkat teknologi ponsel yang lebih baik, sindrom narsis menjadi dapat diterima," ujar Spira, penulis "Rules of Netiquette".

Namun penleitian ini bukan mengartikan bahwa posting foto diri dengan berpose dengan teman-teman juga dapat merusak hubungan. Hanya saja beberapa orang mungkin memiliki kecemasan dengan media sosial jika fotonya terus menerus dilihat dan dikomentari orang.

"Jika Anda posting foto lebih dari tiga kali sehari di Facebook misalnya, ini akan mengganggu orang," kata Leptospira.

Mungkin aturan ini akan berbeda jika posting foto dilakukan di media sosial Twitter atau  Instagram. "Tapi jika Anda berpikir kalau orang tua, anak-anak atau atasan bisa melihatnya, maka jangan posting apapun".

Leptospira menyarankan, jika Anda memiliki pasangan, lebih baik pastikan Anda berada pada halaman digital yang sama. Karena pada umumnya wanita lebih sering memposting foto dibanding pria.

Intinya menurut Leptospira, sebisa mungkin bagi pasangan untuk menahan diri dari memposting foto tidak penting seperti berciuman atau menggunakan bikini. Dan jika Anda memiliki sesuatu yang benar-benar menakjubkan untuk diperlihatkan, maka pilihlah foto yang dapat menghibur Anda.

(Fit/Abd)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya