Perusahaan Furnitur Ini Bikin Meja Sekolah Anti Peluru, Jadi Perlindungan Siswa

Meja anti peluru jamin keamanan siswa di sekolah.

oleh Ibrahim Hasan diperbarui 22 Jul 2022, 14:58 WIB
Diterbitkan 21 Jul 2022, 17:40 WIB
Meja Sekolah Anti Peluru
Perusahaan Furnitur Ini Bikin Meja Sekolah Anti Peluru, Jadi Perlindungan Siswa (Sumber: Firstlinefurniture.com, C.B. Schmelter-Time Free Press)

Liputan6.com, Jakarta Proses belajar yang kondusif sudah menjadi kewajiban yang diberikan sekolahan. Selain mudah menerima pelajaran, para siswa bakal lebih nyaman dan gembira. Mengingat beberapa waktu yang lalu, terjadi penembakan di Sekolah Dasar Robb di Uvalde, Texas, Amerika Serikat. Inovasi meja anti peluru ini seketika jadi sorotan.

Sebuah perusahaan furnitur di AS dilaporkan telah mengembangkan meja anti peluru untuk sekolah guna melindungi guru dan siswa dari penembakan. Setelah diuji dengan pistol dan senapan mesin, meja dibolak-balik membentuk barikade, dan meja sukses bertahan meski dihujani senapan.

"Tidak ada peluru yang tembus. Faktanya, meja bahkan tidak pernah bergeser dari tempatnya saat ditembak,” kata John Jerman, presiden Office Furniture Works.

Ide ini tak hanya kreatif, namun juga solutif mengingat hingga saat ini, telah terjadi 309 penembakan massal di negara itu. Tak hanya pistol, meja ini disebut tahan terhadap granat hingga senapan mesin. 

Berikut Liputan6.com merangkumnya melansir dari Sky News, Kamis (21/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jadi Perlindungan Siswa

Meja Sekolah Anti Peluru
Perusahaan Furnitur Ini Bikin Meja Sekolah Anti Peluru, Jadi Perlindungan Siswa (Sumber: Firstlinefurniture.com)

Pihak perusahaan furnitur juga sempat memberikan penjelasan bagaimana penggunaan meja anti pelurunya. Ia mendemonstrasikan tiga meja dilipat dan membentuk barikade dalam formasi segitiga. Satu formasi segitiga itu diklaim mampu melindungi hingga 30 siswa.

Pihak perusahaan juga mengatakan meja hanya memiliki berat 360lb atau sekitar 163,3kg. Meja itu juga memiliki tuas sehingga mudah untuk mengubahnya jadi tameng. Akhirnya siswa dapat berlindung di balik meja itu.

First Line Furniture yang berbasis di Tennessee ini memang sengaja membuat meja anti peluru. Mereka telah bekerja sama dengan pembuat meja balistik dengan tujuan mendistribusikannya di sekolah-sekolah untuk melindungi siswa dari penembakan.


Efektif Tahan Peluru

Meja Sekolah Anti Peluru
Perusahaan Furnitur Ini Bikin Meja Sekolah Anti Peluru, Jadi Perlindungan Siswa (Sumber: Firstlinefurniture.com)

Bukan tanpa bukti, perusahaan furnitur ini juga membagikan video percobaan. Meja yang seharusnya jadi tempat belajar siswa, diubah jadi tameng anti peluru. Mereka menggunakan pistol tangan dalam percobaan ini. 

Uniknya, tak ada peluru yang mampu menembus pertahanan meja ini. Bahkan berulang kali tembakan juga tak membuat peluru memantul. Peluru yang ditembakkan masuk ke dalam meja sehingga mengurangi bahaya. 

"Penembak datang ke pintu - terkunci. Dia menembak kuncinya. Semua peluru masuk ke meja. Ini bukan logam. Tidak ada pantulan, ungkap John Jerman. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya