Reservasi Adalah Layanan Pemesanan, Kenali Jenis dan Perannya

Reservasi adalah pengaturan atau pemesanan tiket, meja, kamar hotel dan sebagainya untuk seseorang pada waktu tertentu.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 27 Jul 2022, 13:25 WIB
Diterbitkan 27 Jul 2022, 13:25 WIB
Reservasi Adalah Layanan Pesanan, Kenali Jenis-Jenis dan Perannya
Ilustrasi reservasi hotel.

Liputan6.com, Jakarta Reservasi adalah layanan yang sudah tak asing lagi saat ini. Istilah reservasi sering kali digunakan ketika sedang memesan meja di restoran. Istilah reservasi sangat erat kaitannya dengan persiapan pemesanan untuk jasa dan layanan. Lantas, apa yang dimaksud dengan reservasi?

Secara umum, pengertian reservasi adalah usaha yang dilakukan oleh konsumen untuk memesan jasa atau layanan pada periode waktu tertentu. Reservasi ini berguna untuk memudahkan konsumen saat ingin berkunjung atau datang ke suatu tempat yang hanya perlu melakukan validasi data sesuai dengan yang tertera saat pemesanan.

Reservasi adalah layanan yang sering dijumpai pada restoran, hotel, konser, transportasi hingga tempat wisata. Umumnya, reservasi ini dilakukan secara online. Namun juga terkadang ada beberapa jasa atau layanan yang mengaplikasikan reservasi secara offline.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai pengertian reservasi beserta jenis-jenis dan cara kerja sistemnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (27/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pengertian Reservasi

Reservasi Adalah Layanan Pesanan, Kenali Jenis-Jenis dan Perannya
Ilustrasi restoran (dok. Pixabay.com/neshom)

Secara Etimologi, kata reservasi berasal dari bahasa Inggris "to reserve" yang berarti menyiapkan atau menyediakan tempat. Reservasi juga dapat diartikan sebagai sebuah upaya untuk menghindari lonjakan pengunjung atau kapasitas suatu tempat ketika seseorang ingin berkunjung.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian reservasi adalah pengaturan atau pemesanan tiket, meja, kamar hotel dan sebagainya untuk seseorang pada waktu tertentu. Dengan kata lain, pengertian reservasi adalah pemesanan suatu layanan atau jasa sejaka beberapa waktu sebelum acara tersebut dilaksanakan dengan tujuan memudahkan pengunjung atau konsumen untuk mendapatkan tempat.

Dikutip dari buku berjudul Home-Based Travel Agent (2006) karya Kelly Monaghan, pengertian reservasi adalah sebuah proses elektronik di mana produk perjalanan seperti tiket pesawat, kamar hotel, kamar pada kapal pesiar tersedia untuk dipakai dan pada akhirnya dibeli oleh individu secara spesifik.

Secara sederhana, pengertian reservasi adalah untuk memesan lebih awal suatu jasa. Biasanya istilah reservasi digunakan untuk pemesanan sebuah jasa atau layanan yang memiliki sifat lebih privat.


Jenis-Jenis Reservasi

Reservasi Adalah Layanan Pesanan, Kenali Jenis-Jenis dan Perannya
Ilustrasi hotel. (dok. pexels/Andrea Piacquadio)

Reservasi adalah layanan yang luas. Terdapat beberapa jenis-jenis reservasi berdasarkan layanan atau jasa dan status. Berikut penjelasanny.

1. Berdasarkan Layanan dan Jasa

a. Reservasi tiket

Reservasi jenis ini dapat berupa pemesanan tiket moda transportasi seperti bus, kereta, pesawat terbang atau tiket untuk syarat masuk ke tempat wisata atau hiburan lainnya.

b. Reservasi tour

Reservasi ini berupa pemesanan layanan dan jasa biro perjalanan ke tujuan tertentu yang mencakup dari tiket keberangkatan hingga tiket pulang kembali. Biasanya reservasi tour sudah termasuk biaya untuk transportasi, penginapan hingga destinasi wisata.

c. Reservasi penginapan

Reservasi jenis ini untuk memfasilitasi pemesanan layanan atau jasa penginapan seperti hotel dan vila.

d. Reservasi tempat makan

Reservasi ini biasanya dilakukan ketika seseorang ingin melakukan pemesanan meja makan untuk jumlah tertentu di restoran, cafe, dan sebagainya.

2. Berdasarkan Status

a. New Reservation

Adalah jenis reservasi yang pertama kali dibuat oleh pengunjung. Ketika anda baru saja memesan, maka reservasi anda akan masuk sebagai status new reservation.

b. Amended Reservation

Adalah jenis reservasi yang sudah diubah atau diperbaharui. Ketika anda ingin mengubah tanggal kedatangan, jenis kamar, atau penyesuaian dalam jumlah tamu, maka anda bisa meminta amended reservation.

c. Cancelled Reservation

Adalah pembatalan reservasi. Jenis reservasi ini bisa membatalkan reservasi yang sudah anda pesan sebelumnya atas beberapa alasan yang sudah disyaratkan.

d. Confirm Reservation

Adalah jenis reservasi yang sudah dikonfirmasi dan sudah pasti akan dipesan. Biasanya transaksi pembayaran sudah selesai jika di tahap ini dan anda hanya perlu datang dengan menunjukan validasi data sesuai pesanan.

e. Individual Reservation

Adalah keterangan ini didapatkan ketika konsumen melakukan pemesanan secara individu.

f. Tour Reservation

Adalah keterangan ini didapatkan jika suatu biro perjalanan melakukan pemesanan untuk sejumlah pihak sesuai dengan keinginan konsumen.


Pentingnya Peran Reservasi

Hotel Singapura Terapkan Teknologi Pengenal Wajah untuk Check-In Wisatawan Asing
ilustrasi hotel.

Setelah mengetahui pengertian reservasi dan jenisnya, Anda perlu juga mengetahui pentingnya peran sistem reservasi ini. Dengan menggunakan sistem reservasi ini maka konsumen bisa mendapatkan kepastian mengenai suatu layanan atau jasa yang hendak dipesan. Reservasi adalah layanan yang sangat menguntungkan pengunjung atau konsumen.

Selain itu, konsumen juga  tidak perlu melakukan alur pemesanan dari awal ketika sampai di tempat layanan atau jasa karena sudah melakukan registrasi data ketika reservasi. Dengan begitu, saat tiba di tempat layanan atau jasa, konsumen tersebut hanya tinggal validasi data yang sesuai dengan pesanan.

Pentingnya peran sistem reservasi ini juga membuat konsumen dapat memperkirakan biaya yang perlu dikeluarkan untuk menikmati layanan atau jasa yang dipesan. Dengan begitu konsumen sudah perlu memikirkan biaya kurang atau tidak. Sistem reservasi ini dapat dianggap praktis bagi konsumen dan yang menyediakan layanan atau jasa. Pasalnya, konsumen tidak harus antri dan berdesak-desakan untuk mendapatkan tempat.  

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya