2 Cara Membuat Kacamata dari Kertas, Ini Manfaatnya untuk Perkembangan Anak

Sama halnya seperti membuat seni origami lainnya, cara membuat kacamata dari kertas ini bisa memberikan sejumlah manfaat untuk perkembangan anak.

oleh Mabruri Pudyas Salim diperbarui 14 Des 2022, 13:50 WIB
Diterbitkan 14 Des 2022, 13:50 WIB
Cara Membuat Kacamata dari Kertas
Cara Membuat Kacamata dari Kertas./www.broadheath.coventry.sch.uk

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat kacamata dari kertas sebenarnya cukup mudah, dan hanya seperti membuat pesawat atau perahu dari kertas. Dengan kata lain, cara membuat kacamata dari kertas ini menuntut keterampilan dalam melipat kertas atau yang juga disebut origami.

Sama halnya seperti membuat seni origami lainnya, cara membuat kacamata dari kertas ini bisa memberikan sejumlah manfaat untuk perkembangan anak.

Ada dua cara membuat kacamata dari kertas yang bisa kamu lakukan. Cara pertama adalah dengan menggunakan kertas lipat berbentuk persegi, atau dengan kertas berbentuk persegi panjang.

Jika tidak ada kertas lipat pun, cara membuat kacamata dari kertas juga bisa dilakukan dengan menggunakan kertas dari buku tulis. Yang pasti, kacamata dari kertas ini akan menjadi mainan yang menyenangkan.

Di samping itu, seni melipat kertas juga memiliki sejumlah manfaat bagi perkembangan anak. Sebelum membahas mengenai cara membuat kacamata dari kertas, berikut adalah manfaat origami untuk perkembangan anak, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (14/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Manfaat Origami

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, origami memiliki banyak manfaat. Bahkan seperti dikutip dari Kool Stories, membuat origami dapat memberikan perkembangan positif pada anak. Bahkan sumber tersebut menyebutkan bahwa Jepang sampai menjadikan origami sebagai bagian dari kurikulum sekolah dasar.

Secara garis besar, origami dapat membantu mengembangkan keterampilan spasial, kemampuan berpikir, kemampuan analisis, keterampilan kreatif, keterampilan perilaku, dan keterampilan motorik. Berikut adalah penjelasan rinci mengenai manfaat origami untuk perkembangan anak.

1. Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Manfaat origami ini telah ditunjukkan dalam meningkatkan keterampilan visualisasi spasial dengan menggunakan tangan sebagai alat belajar. Keterampilan ini memungkinkan siswa untuk bisa paham mengenai dunia di sekitar.

2. Meningkatkan Kreativitas

Seiring berjalannya waktu model origami sudah semakin berkembang. Tak hanya model tradisional seperti perahu kertas, pesawat, atau ikan, sekarang sudah ada banyak model origami yang baru, termasuk cara membuat kacamata dari kertas. Hal ini menandakan bahwa origami dapat meningkatkan kreativitas untuk menghasilkan model origami yang baru.

3. Problem Solving

Tiap diagram origami memiliki beberapa tahapan di mana yang menjadi rangkaian persoalan lipatan yang sangat beragam. Saat anak membuat origami dengan cara mengikut alur diagram, sebenarnya siswa sedang menghadapi suatu persoalan. Jika anak mampu mengikutinya, maka ia dapat menyelesaikan persoalan origaminya. Pada saat inilah anak belajar bagaimana mengikuti, membaca gambar, dan menyelesaikan permasalahan. Tentu ini adalah latihan yang sangat baik bagi siswa untuk belajar memecahkan masalah.

4. Geometri

Menurut Badan Pusat Statistik Pendidikan Nasional di Amerika tahun 2003, kebanyakan siswa lemah dalam materi geometri. Sejak saat ini, origami dipakai sebagai media pembelajaran di sana. Ini bermanfaat untuk memperkuat pemahaman tentang konsep geometri, rumus, dan label. Siswa juga bisa lebih bersemangat dengan warna-warni kertas lipat.

5. Melatih Koordinasi Mata-Tangan

Origami adalah seni yang melibatkan keterampilan kognitif dan motorik. Penelitian menunjukkan bahwa lipatan kertas yang sederhana dapat mengembangkan anak dengan dua cara, yakni dengan meningkatkan superimposisi pada anak-anak; serta memperbaiki strategi penyesuaian pada anak-anak. Akibatnya, koordinasi tangan-mata anak meningkat, dan keterampilan persepsi mereka diperkuat.


Cara Membuat Kacamata dari Kertas Persegi

Cara Membuat Kacamata dari Kertas Persegi
Cara Membuat Kacamata dari Kertas Persegi./chine-culture.com

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, origami memiliki banyak manfaat untuk perkembangan anak. Dengan kata lain, cara membuat kacamata dari kertas berikut ini juga akan memberikan manfaat yang sama. Caranya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Langkah pertama adalah dengan menyiapkan kertasnya. Kamu bisa menggunakan kertas lipat yang sudah berbentuk persegi, yang keempat sisinya sama panjang.

2. Lipat kertas menjadi dua, dengan mempertemukan dua sudut yang saling berhadapan, sehingga hasil lipatan membentuk segitiga sama sisi.

3. Cara membuat kacamata dari kertas berikutnya adalah dengan melipat beberapa kali, bagian lipatan sebelumnya. Pastikan untuk tidak menghabiskan seluruh bagiannya.

4. Kemudian lipat bagian sudutnya ke luar.

5. Lipat bagian kertas yang memanjang ke dalam, untuk membuatnya menjadi gagang kacamata.

6. Kacamata dari kertas sudah selesai dibuat.


Cara Membuat Kacamata dari Kertas Persegi Panjang

Cara Membuat Kacamata dari Kertas Persegi Panjang
Cara Membuat Kacamata dari Kertas./Youtube.com/Experiment Ku

Cara membuat kacamata dari kertas yang kedua ini menggunakan kertas dengan bentuk persegi panjang. Berikut langkah-langkahnya:

1. Siapkan kertas dengan bentuk persegi panjang. Kamu bisa menggunakan kertas HVS atau kertas buku. Jika menggunakan kertas buku tulis, ambil bagian tengah dari jilidannya.

2. Lipat kertas menjadi dua bagian secara vertikal. Jika menggunakan kertas buku tulis, kamu hanya perlu mengikuti lipatan sebelumnya.

3. Setelah itu buka lipatan, lalu lipat lagi secara horizontal. Pastikan hasil lipatan membuat kedua sisi yang berlawanan memiliki lebar yang sama.

4. Buka lipatan. Lalu lipat kertas secara menyilang, sehingga kedua gari hasil lipatan sebelumnya bisa bertumpuk satu sama lain.

5. Lipat lagi bagian lipatan sebelumnya, sampai pada sudut yang menjorok ke dalam.

6. Lipat bagian yang sama, hingga kedua ujungnya bertemu satu sama lain. Ulangi langkah tersebut sekali lagi.

7. Lipat kedua sudut kedua segitiganya ke dalam, sehingga membentuk bagian kacanya.

8. Lipat bagian kertas yang memanjang dari tepi kaca, ke dalam untuk membentuk gagang kacamata. Lakukan langkah yang sama di bagian lainnya.

9. Setelah itu, kamu bisa mengkreasikan kacamata dengan menambahkan gambar dengan spidol atau crayon di bagian depannya.

10. Cara membuat kacamata dari kertas telah selesai.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya